Review Realme C2: Rajanya Ponsel Murah

Telset.id –  Realme sedang naik daun di pasar Indonesia, setidaknya jika dilihat dari respon pasar yang positif menyambut produk-produk mereka. Keberhasilan perusahaan asal China ini karena “meng-copycat” atau meniru strategi Xiaomi yang menawarkan ponsel murah dengan kualitas mumpuni. Bahkan kini dengan hadirnya Realme C2, ponsel ini diklaim sebagai rajanya ponsel murah.

Tentunya strategi ini telah membantu mendorong pertumbuhan Realme karena telah berhasil menjadi perbincangan hangat para penikmat gadget di Tanah Air dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan beberapa seri ponselnya diklaim laris manis.

Realme sendiri baru saja meluncurkan ponsel seri anyarnya di segmen entry-level, yakni Realme C2. Pabrikan asal China ini sangat yakin akan menjadi “The New Entry Level King” dengan menghadirkan sejumlah peningkatan pada ponsel barunya tersebut.

Beberapa peningkatan yang diberikan seperti pada desain yang menawarkan konsep potongan berlian, baterai besar 4.000 mAh, layar luas dengan dewdrop notch, dan system operasi Android Pie terbaru.

Dengan harga yang ditawarkan mulai Rp 1,499.000 juta, apakah Realme C2 bakal mendulang sukses?. Untuk mengetahui lebih jauh tentang ponsel ini, tim Telset.id akan mengulasnya lebih detail dalam review Realme C2 berikut ini.

Desain

Foto : Helmi / Telset.id

Ketika berbicara tentang desain, Realme nampaknya terinspirasi dengan Young Zen style, dimana dengan sudut layar membulat serta desain potongan berlian yang ikonik memberikan efek dramatis di bagian belakang ponsel. Dengan bentuk geometris acak yang kadang-kadang tampak gelap dan kadang-kadang mengilap, tergantung pada sudutnya, ponsel ini terlihat menarik.

Selain itu, tepi bulat Realme C2 dibuat dengan baik dan tampilan serta punggung menyatu dengan baik pada batas, dan bentuk melengkungnya memberikan pegangan yang baik bagi pengguna.

Dengan dimensi 154.3 x 73.7 x 8.5 mm, ponsel ini menawarkan cengkeraman yang sangat nyaman karena bagian belakangnya bertekstur, dan bodi plastiknya juga membuatnya terasa ringan.

{Baca juga: Realme Percaya Diri Jadi “The New Entry Level King” di Indonesia}

Sementara lapisan akhir matte yang dihasilkan dari tiga lapis pengecatan dan memiliki tekstur ini, membuat keluhan tetang noda sidik jari terhindarkan. Realme C2 memiliki dua warna Diamond Blue dan Diamond Black.

Untuk bagian belakang terdapat dual-camera, tanpa ada pemindai sidik jari, mengingat harga yang ditawarkan relatif murah. Tetapi untuk menggantinya, Anda bisa menggunakan Face Unlock. Selain itu, ponsel ini menawarkan dua slot kartu Nano-SIM dan slot kartu microSD juga.

Menyisir ruas sisi bagian bawah, di sini terlihat berturut-turut dari kiri ke kanan ada lubang speaker, port micro-USB, lubang microphone, dan jack audio 3.5 mm

Layar

Foto : Helmi / Telset.id

Layar luas pada Realme C2 berukuran 6.1-inci dengan Dewdrop Notch, rasio layar ke bodi mencapai 89.35%. Tampilan layar dikelilingi oleh beberapa bezel yang agak tebal dan dagu yang lebih tebal. Jangan lupa Realme C2 menggunakan Dewdrop Notch yang terdapat kamera depan. Hal ini tidak mengurangi tampilan yang tampak lebih lebar nan imersif untuk gaming dan keperluan multitasking lainnya.

Sementara dari sisi responsivitasnya, layar ponsel ini juga tergolong sangat baik. Akses multi-touch, juga tidak ada masalah di mana layar ponsel bisa merespon akses hingga 10 titik secara bersamaan. Realme C2 juga telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass untuk memproteksi layar dari goresan-goresan halus

Layar dilengkapi dengan material APCF untuk meningkatkan kecerahan layar walaupun di bawah sinar matahari. Layar juga dilapisi dengan anti-reflective coating yang mampu meningkatkan kecerahan layar hingga 35% dan sudut pandang layar juga menjadi lebih luas.

Performa

Foto : Helmi / Telset.id

Kali ini Realme C2 ditenagai oleh prosesor MediaTek MT6765 Helio P22 yang memanfaatkan proses 12nm dengan pengolah grafis PowerVR GE8320 GPU. Untuk memori ada dua pilihan yakni opsi 3GB RAM dan 32GB ROM, dan 2GB RAM dan 16GB ROM.

Unit yang kami review adalah yang menggunakan RAM 3GB. Meskipun begitu, kinerja ponsel ini masih bisa sangat diandalkan. Walaupun memang kami merasakan ada jeda saat mencoba beberapa aplikasi.

Kami juga coba mengambil parameter angka dengan menggunakan benchmark AnTuTu. Skor yang diperoleh adalah 77593. Ini memang lebih rendah dibandingkan dengan Redmi 7 yang memiliki skor 103339.

Pengalaman bermain game juga cukup bagus. Pertama-tama, ponsel membutuhkan waktu cukup lama untuk mengaktifkan PUBG. Ketika kami bermain semua berjalan dengan baik meski sesekali agak lambat. Untuk grafik yang diperoleh ‘Smooth’ dan frame ratenya ‘Medium’.

Namun, dari pengalaman bermain dan kinerja keseluruhan, Realme C2 masih sangat bisa diandalkan meski digunakan bermain game PUBG. Sedangkan ketika kami coba menggunakan system keamanan pengenalan wajah dari ponsel ini. Jawabanya cukup mengesankan, selama Anda berada di ruangan yang cukup terang.

OS dan Baterai

Foto : Helmi / Telset.id

Realme C2 adalah salah satu ponsel dari segmen entry-level yang sudah menggunakan system operasi terbaru, Android Pie. Dengan ColorOS 6 di atas, Antarmuka terbaru yang diusung Realme C2 menampilkan skema warna lebih segar.

Sementara itu, walau sudah menyertakan sejumlah ikon aplikasi di homescreen, secara default di ColorOS 6.0 juga terdapat laci aplikasi. Cukup menggeser anak panah dari bawah ke atas, maka layar pun akan menampilkan seluruh aplikasi yang sudah terinstal di ponsel.

Anda juga mendapatkan banyak aplikasi yang dimuat sebelumnya, termasuk Game Space, Baca Plus, Lazada, J&T Express, Webnovel, Vova dan banyak lagi. Namun, Anda dapat menghapus semua aplikasi ini untuk menghemat ruang penyimpanan.

Realme C2 digadang-gadang menjadi ponsel yang memiliki daya tahan baterai terbaik dikelasnya. Bagaimana tidak dengan kapasitas 4000 mAh, realme C2 mampu memberikan penggunaan sehari penuh dengan menggunakan hampir semua aplikasi yang terdapat didalamnya.

{Baca juga : Realme C2 Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1 jutaan}

Kami pun menguji perangkat ini saat nge-charge dengan sisa 10%. Menggunakan aplikasi AccuBattery, kami mengukur  saat ngecharge hingga 100% membutuhkan waktu  2 jam 21 menit. Kami juga mencoba memutar video secara playback dari baterai penuh hingga kosong.

Ternyata Realme C2 memiliki kemampuan hingga 21 jam. Adapun untuk pengisian daya, ponsel ini hanya dibekali dengan adaptor pengisian dengan output 5V/2A.

Kamera

Foto : Helmi / Telset.id

Realme C2 memang masuk di kategori entry-level, akan tetapi Realme sepertinya tidak ingin mengecewakan para pengguananya. Dengan menempatkan dual-camera belakang dengan konfigurasi sensor utama 13 megapixels dengan aperture f/2.2 dan sensor sekunder 2 megapixels yang berfungsi sebagai depth sensor.

Kedua kamera belakang ini sudah didukung oleh teknologi AI yang dapat membantu pemrosesan saat menghasilkan foto bokeh dengan efek blur yang natural layaknya kamera profesional.

Sementara sejumlah mode yang ditawarkan antara lain Mode Portrait, HDR, AI Beauty Selfies, Pano, Expert, Time-Lapse, Video, dan kemampuan slo-mo 80fps/480p.

Foto : Helmi / Telset.id

Satu lagi fitur menarik yang dimiliki Realme C2 bernama Chroma Boost Mode. Memanfaatkan teknologi AI, fitur ini berkemampuan untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan scene, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, menajamkan detail yang lebih kaya dalam highlight dan shadows, dan memberikan eksposur yang lebih seimbang.

{Baca juga : Review Realme 3 Pro: Smartphone Flagship Anak Muda}

Untuk kamera utama ini tidak bisa dibilang mengecewakan. Meski banderolnya terjangkau, kualitas hasil bidikan kameranya sangat baik, dari sisi ketajaman maupun komposisi warna yang dihasilkan. Untuk foto bokeh pun, selain mudah dilakukan, efek blur yang dihasilkan cukup natural.

Bidikan malam objek cukup baik berkat semua pemrosesan AI. Warnanya cerah tetapi detailnya hilang. Mengambil foto, dalam skenario pencahayaan gelap, tidak begitu menggembirakan, pasalnya kami melihat benda atau orang terlihat seperti bayangan.

Bagi yang gemar selfie, di Realme C2 kita bisa memanfaatkan kamera depan beresolusi 5 MP dengan aperture f/2.0 plus dilengkapi dengan fitur screen flash yang menggunakan cahaya layar sebagai media untuk meningkatkan pencahayaan.

Meski kamera depan realme C2 cuma sekelas 5 megapixels ponsel ini sudah mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan kualitas hasil bidik yang cukup baik. Perlu dicatat, untuk mendapatkan hasil foto selfie sesuai keinginan di Realme C2 juga sudah terdapat mode beautification dengan pengaturan AI. Begitupun dengan mode portrait yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil foto selfie dengan latar belakang blur.

Selain itu, ponsel ini memungkinkan Anda membuat video dengan resolusi maksimal 1080p pada 30 fps untuk kamera belakang, sedangkan 720p untuk kamera depan. Yang hasilnya sangat baik pada siang hari cerah namun ketika mengambil malam hari hasil menjadi kurang tajam. Meski di kelas entry-level, Realme C2 juga memiliki mode Slo-mo dengan resolusi 80fps/480p ini cukup bagus mengingat segmennya.

Kesimpulan

Foto : Helmi / Telset.id

Di harga mulai dari Rp 1.499.000, Realme C2 memberikan nilai yang sangat baik untuk sebuah ponsel entry-level. Dengan menawarkan desain menawan bertekstur berlian membuatnya berbeda dan unik dari ponsel sekelasnya yang tampak serupa.

Terlepas dari desain, Anda mendapatkan layar dengan ukuran besar dengan notch kecil. Performa dan fitur kamera realme C2 juga bisa dibilang salah satu yang terbaik untuk harga yang ditawarkan. Realme C2 juga menawarkan kamera yang cukup bagus, dan kapasitas baterai yang besar 4.000 mAh, dan ada dua varian yang berbeda 2/16GB dan 3/32GB. Untuk ini kami merekomendasikan Realme C2 buat Anda yang memiliki budget terbatas.

 

Kelebihan Kekurangan
  • Desain cantik dengan konsep Diamond Cut
  • Layar lebar, 6,1 inci fullview HD+
  • Performa baik
  • Kamera bagus
  • Baterai besar 4000mAh, daya efisien
  • Triple Slot, dua slot SIMCard + MicroSD
  • Belum tersedia fingerprint
  • Pengisian daya lambat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Smartfren Luncurkan Paket Terbaru Super 4G Unlimited Lite

Telset.id, Jakarta – Setelah mendapat respon positif saat meluncurkan Paket Super 4G Unlimited pada tahun 2018 lalu, Smartfren kembali...

Pengguna Internet Indonesia Akses Medsos 3,5 Jam per Hari

Telset.id, Jakarta - Menurut laporan terbaru Indonesia Mobile Ecosystem Report 2019, bahwa netizen atau pengguna Internet Indonesia rata-rata menghabiskan...

Indonesia Negara Adidaya Smartphone di Tahun 2025

Telset.id, Jakarta  - Laporan terbaru Indonesia Mobile Ecosystem Report 2019 mengungkap, bahwa Indonesia akan menjadi negara adidaya smartphone di...

Ini Produk Paling Diburu Pelanggan Blibli di Harbolnas 12.12

Telset.id, Jakarta  – Blibli mencatat pertumbuhan yang positif di pesta Harbolnas 12.12 tahun ini. Perusahaan e-commerce ini berhasil membukukan...

Hari Ini Samsung Buka Pre Order Kedua Galaxy Fold

Telset.id, Jakarta – Pre order Samsung Galaxy Fold pada Jumat (13/12) langsung ludes dalam hitungan menit. Kini Samsung akan...
- Advertisement -