Indosat “Pede” Hadapi Lonjakan Trafik Lebaran Tanpa Mobile BTS

Telset.id, Jakarta – Indosat Ooredoo percaya diri dalam menghadapi lonjakan trafik saat musim libur Lebaran. Mereka mengklaim jaringan 4G Indosat bisa menghadapi lonjakan trafik pada Ramadan dan lebaran tanpa harus mengerahkan Mobile Base Transceiver Station (Mobile BTS).

Menurut Group Head Networking Strategy, Architecture and Solution Indosat Ooredoo, Kustanto mengaku jika, pihaknya akan mengandalkan 18 ribu menara Base Transceiver Station (BTS) yang ada.

“Kita konsepnya tidak mengandalkan mobil BTS lagi sekarang karena di semua wilayah kita itu itu kapasitas sudah dua kali ditingkatkan dua kali lipat,” ujar Kustanto  di Kantor Indosar Ooredoo, Jakarta, Senin (29/04/2019).

Menurut Kustanto pihaknya tetap mengerahkan MBTS untuk meningkatkan kapasitas di lokasi yang terjadi lonjakan trafik tang sangat besar.  Indosat Ooredoo telah mempersiapkan sekitar 100 MBTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik data yang luar biasa.

{Baca juga: Jelang Ramadan, Indosat Gelar Test Jaringan di 5 Kota}

“Kalau kita lihat nanti ternyata itu sangat besar trafik dan kita butuh tambahan kapasitas  baru kita deployed MBTS itu. Tapi kami akin bahwa kami bisa fasilitasi lonjakan data berdasarkan prediksi grafik yang ada sekarang,” kata Kustanto.
Kustanto menjelaskan jika nantinya akan terjadi lonjakan trafik hingga 9,3 pentabyte (PB) dalam sehari khususnya menjelang hari raya Idul Fitri. Sedangkan untuk panggilan telepon diprediksi akan mencapai 2,1 juta erlang perhari, dan layanan Short Message Service (SMS) menjadi 125 juta SMS dalam sehari.
“Prediksi kita itu lebaran itu akan ada sekitar 9,3 PB. Jadi itu biasanya kenaikan 15-20% atau kenaikan dibanding hari normal,” tutur Kustanto.

Sebelumnya menyambut bulan suci Ramadan, IM3 Ooredoo meluncurkan produk terbaru yakni paket New Freedom  IM3 Ooredoo dengan total kouta internet hingga 60GB. Paket tersebut memungkinkan pelanggan tetap terhubung dengan teman maupun keluarga dari sahur sampai waktu berbuka puasa tanpa khawatir kehabisan kouta.

President Director Indosat Ooredoo Chris Kanter, momen Ramadan seringkali dimanfaatkan untuk menguatkan kembali tali silaturahmi dan persaudaraan.

{Baca juga: Indosat Gelontorkan Rp 10 Triliun untuk Penetrasi 4G}

“Paket New Freedom adalah paket terlengkap dan terbaik yang menggabungkan dua keuntungan, yakni kouta internet besar dan gratis nelpon ke semua operator. Pelanggan juga akan tetap nyaman dan menikmati semua layanan IM3 Ooredoo selama Ramadan,” kata Chris Kanter

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI