Habibi Garden Sabet GLOMO Awards di MWC 2019

Telset.id, Jakarta – Satu lagi startup asal Indonesia mampu berbicara di kompetisi internasional. Habibi Garden, startup Internet of Things (IoT) di bidang agrikultur berhasil mendapatkan penghargaan Best 5 di ajang GLOMO Awards 2019 dalam Mobile World Congress (MWC 2019) Barcelona 2019.

Ini merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah, startup Indonesia memiliki perwakilan di ajang Global Mobile atau GLOMO Awards 2019 yang selalu digelar di perhelatan Mobile World Congress

Habibi Garden berhasil menyisihkan 1.080 pesaing yang terdaftar untuk nominasi kategori ‘Social Good: Outstanding Mobile Contribution to UN SDGs’. Ajang tahunan ini diadakan di Barcelona, Spanyol pada tanggal 26 Februari 2019.

Habibi Garden merupakan startup yang mengkombinasikan model implementasi Sensor Agrikultur Presisi Habibi Garden dan teknologi Narrow Band Internet of Things (NB-IoT) Telkomsel.

Dengan teknologi tersebut, Habibi Garden mampu memberikan data terkini tentang kondisi tanah dan nutrisi dalam tanaman melalui ponsel pintar untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan mengurangi kemungkinan gagal panen.

Habibi Garden telah digunakan oleh lebih dari 1.300 petani di Indonesia, memberikan dampak sosial yang dapat langsung dirasakan melalui penggunaan sekitar 600 sensor yang tersebar di Jawa dan Sumatera.

Aplikasi Habibi Garden ini diklaim berhasil meningkatkan nilai panen keseluruhan hingga total 8 miliar rupiah dalam waktu kurang dari 10 bulan.

Teknik koleksi data pertanian, implementasi sistem irigasi otonomis, dan penggunaan dashboard yang diperkuat dengan Artificial Intelligence (AI) dan Machine-Learning dari Habibi Garden mampu membantu petani memahami tanaman secara lebih baik.

Di samping itu, solusi ini juga memungkinkan petani untuk membuat keputusan berdasarkan fakta lapangan, tidak lagi bergantung pada intuisi dan kebiasaan belaka.

GLOMO Awards 2019 melihat bahwa solusi kolaboratif ini ternyata tidak hanya membantu petani secara teknis, namun juga secara sosial.

Pengalihan metode cocok-tanam tradisional ke modern menggunakan teknologi digital dan solusi pendanaan yang tepat guna ini selaras dengan berbagai poin dalam panduan pengembangan sosial dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sementara itu, posisi Best of The Best dianugerahkan kepada World Food Programme for SCOPE CODA, sementara Habibi Garden mendapatkan title Best 5 of Outstanding Mobile Contribution to UN SDGs at GLOMO Awards 2019.

{Baca juga: Setelah Panen Tomat, Nama Startup Ini Mendunia}

“Kami sangat bangga dan merasa terhormat karena salah satu startup hasil karya anak bangsa yang telah kami bangun bersama Telkomsel The NextDev, mendapatkan penghargaan Best 5 di GLOMO 2019 ini,” kata GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin.

“Kami berharap semakin banyak pemuda Indonesia yang terinspirasi dan menghasilkan ide-ide mereka untuk membantu dan membangun Indonesia,” sambung Denny. [HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI