Waduh! Alat Pembobol iPhone Dijual Murah di eBay

Telset.id, Jakarta – Cellebrite, sebuah perusahaan keamanan digital, beberapa tahun lalu bekerja sama dengan FBI dalam kasus penembakan di San Bernardino. Cellebrite membantu FBI menjebol Passcode Lock di perangkat iPhone 5c milik pelaku penembakan. Kini alat pembobol iPhone itu diobral di eBay.

Hal tersebut dilakukan karena Apple enggan menuruti permintaan FBI. Apple tak mau mengorbankan privasi dan kode etik perusahaan. Karenanya, FBI meminta perusahaan lain untuk menjebol iPhone 5C pelaku menggunakan alat bernama Cellebrite UFED.

Dilaporkan Forbes, perangkat Cellebrite UFED hanya dijual oleh perusahaan kepada kepolisian dan bagian riset keamanan digital. Namun, seperti dikutip Telset.id, Jumat (1/3/2019), ternyata alat tersebut “berkeliaran” di pasar loak. Kondisinya bekas pakai.

{Baca juga: iPhone Prototype Dilelang di eBay, Harganya Bikin Melongo}

Seorang pengguna layanan eBay menemukan beberapa Cellebrite UFED dengan banderol murah, mulai USD 100. Yang cukup mengagetkan, di beberapa Cellebrite UFED yang dibeli oleh narasumber ternyata masih tersimpan sejumlah data yang cukup penting.

Narasumber pun lantas mencoba fungsi alat itu. Hasilnya, Cellebrite UFED yang dibeli murah di eBay masih bisa digunakan untuk membobol perangkat iPhone dan iPad lawas. Matthew Hickey, peneliti keamanan, ikut-ikutan membeli Cellebrite UFED bekas di eBay.

“Perangkat digital forensik seperti Cellebrite UFED seharusnya dikembalikan kepada produsen setelah selesai digunakan. Faktanya, saya menemukan alat tersebut dijual bebas dengan harga sangat terjangkau,” papar pendiri pelatihan peretas itu.

{Baca juga: Apple Tolak Permintaan FBI untuk Akses ‘Backdoor’}

Dikonfirmasi terpisah mengenai hal tersebut, Cellebrite mengaku telah melayangkan email kepada para pelanggan mengenai prosedur kepemilikan Cellebrite UFED. “Ada larangan untuk menjual Cellebrite UFED dalam kondisi bekas kepada pihak manapun,” ujarnya.

Sumber: Forbes

1 KOMENTAR

  1. Sudah terbukti sy menggunakan hp vivo dgn kualitasnya sangat bagus,tpi yg sy pake cuma Ram 1,sy pingin dpt Ram yg lebih besar…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI