Kirim Forward Pesan WhatsApp Dibatasi Hanya Bisa 5 Kali

Telset.id, Jakarta WhatsApp akan membatasi penggunanya bisa mengirimkan forward pesan atau Forward Messages ke pengguna atau grup hanya 5 kali. Pengurangan tersebut bertujuan untuk mengurangi viralitas pesan berantai yang kemungkinan terindikasi berita palsu alias hoaks.

Hal ini diungkapkan oleh VP Public Policy & Communications WhatsApp, Victoria Grand yang menyatakan bahwa pengguna WhatsApp di Indonesia hanya bisa membagikan pesan berantai ke maksimal 5 pengguna atau grup WhatsApp.

“Kami ingin mengumumkan untuk Indonesia akan diseragamkan menjadi hanya 5 kali pesan bisa diteruskan. Jadi, mulai besok pesan yang di-forward hanya bisa 5 kali,” kata Victoria Grand di Hotel Pullman Jakarta, Senin (21/01/2019).

{Baca juga: Jelang Pemilu, Facebook Perketat Aturan Iklan Politik}

Sebelumnya, pengguna WhatsApp dapat meneruskan pesan sampai ke 20 kontak. Pembatasan meneruskan pesan hanya 5 kali ini akan mulai berlaku setelah pengguna menerima update aplikasi.

Victoria mengklaim, perilaku pembagian pesan berantai kepada pengguna lain di India turun sampai 25% setelah mereka memberlakukannya kebijakan tersebut. “Saat WhatsApp menurunkan menjadi 5 pesan, ada penurunan perilaku menyebarkan pesan berantai sebesar 25%,” ujar Victoria.

{Baca juga: Penyebaran Hoax di WhatsApp Ancam Pemilu di Negara Ini}

Foto: Naufal Mamduh/Telset.id

WhatsApp dikatakan saat ini tengah bekerja keras melawan penyebaran hoaks, terutama menjelang pemilu di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Misalnya saja ketika pemilu di Brazil, WhatsApp telah memblokir ratusan ribu akun yang diduga menyebarkan pesan berantai yang dapat merusak suasana pesta demokrasi di Negeri Samba tersebut.

“Di Brazil sebelum pemilu, WhatsApp memblokir 400 ribu akun yang terdeteksi melakukan spamming,” tutur Victoria.

{Baca juga: Jelang Pemilu, WhatsApp Blokir 100 Ribu Akun}

Aturan pembatasan Forward Messages atau pesain berantai hanya 5 kali ini akan mulai diterapkan pada Selasa 22 Januari 2019 melalui update terbaru di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

“Aturan baru ini sudah mulai berlaku global untuk semua platform, di Android dan iOS,” ujar Carl Woog, Head of Public Affairs Whatsapp.

Selain membatasi jumlah penerima dari pesan berantai, WhatsApp juga akan terus meningkatkan kemampuannya dalam pengecekan fakta. Mereka bekerja sama dengan ICT Watch untuk membangun hotline dalam hal pengecekan fakta di dalam platform-nya. (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI