Jelang Pemilu, WhatsApp Blokir 100 Ribu Akun

Telset.id, Jakarta – WhatsApp dilaporkan telah memblokir lebih dari 100 ribu akun jelang pemilu di Brasil. Pemilu tersebut, akan mempertemukan kandidat dari Partai Pekerja, Fernando Haddad, dan kandidat sayap kanan, Jair Bolsonaro.

Pemblokiran itu muncul akibat Facebook, sebagai perusahaan induk WhatsApp merasa kesulitan untuk memonitor konten yang ada di platform chatting itu.

Raksasa media sosial ini khawatir, munculnya disinformasi terorganisir oleh masyarakat via penyebaran pesan propaganda melalui WhatsApp.

Dilaporkan Gizmodo, dikutip Telset.id pada Senin (22/10/2018), media Brasil telah melaporkan tentang kerja sama pendukung Bolsonaro untuk menghujani para pengguna WhatsApp dengan “ratusan juta” pesan propaganda.

Di lain sisi, Haddad meminta agar kampanye spam WhatsApp yang bernilai jutaan dolar Amerika Serikat itu segera diselidiki. Beberapa partai politik di Brasil bahkan meminta agar Bolsonaro dinyatakan tidak pantas untuk menjadi calon presiden.

WhatsApp mengaku telah mengidentifikasi dan menghapus 100 ribu akun palsu menggunakan teknologi terbaru untuk mendeteksi spam yang menunjukkan akun dengan perilaku yang tidak biasa yang kerap menyebarkan informasi palsu.

Meski demikian, dilaporkan sekitar 120 juta pengguna WhatsApp di Brasil telah dibanjiri spam selama berbulan-bulan. Pesan spam tersebut beragam, mulai informasi palsu tentang cara mengikuti pemilu hingga ribuan video propaganda.

WhatsApp pun mempertimbangkan untuk mengubah cara kerja mereka di Brasil, termasuk membatasi jumlah pesan yang bisa diteruskan. Hal serupa dilakukan WhatsApp untuk membatasi kekerasan di dunia nyata akibat pesan bohong. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Realme Masuk Top 5 Pasar Ponsel Asia Tenggara

Telset.id, Jakarta – Menurut laporan terbaru dari Counterpoint Research Market Monitor Q1 2020, realme berhasil meraih peringkat Top 5...

iOS 14 Bawa Fitur Terjemahan untuk Browser Safari

Telset.id, Jakarta  - Apple kabarnya menghadirkan fitur terjemahan bawaan (default) untuk Safari dalam pembaruan iOS 14. Selama ini, Apple...

Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy A11 dan A21s di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Samsung resmi meluncurkan dua smartphone entry level terbaru mereka di tanah air yaitu Galaxy A11 dan...

7 Game Nintendo Switch Gratis Terbaik 2020

Telset.id - Nintendo Switch menyediakan beragam game menarik bagi penggunanya. Meski sebagian besar game mesti Anda beli, tapi ada...

Atasi Jailbreak, Apple Rilis iOS 13.5.1 dan iPadOS 13.5.1

Telset.id - Apple akhirnya merilis update OS terbarunya yaitu iOS 13.5.1, iPadOS 13.5.1, dan watchOS 6.2.6, dimana update ini...
- Advertisement -