Facebook Bagi-bagi Duit ke Media Lokal, Buat Apa?

Telset.id, Jakarta – Selama tiga tahun ke depan, Facebook akan mengucurkan dana sebesar USD 300 juta untuk media lokal. Dana sebesar itu akan digunakan secara global demi menyelamatkan bisnis media.

Menurut Reuters, Facebook menyebut investasi waktu dan uang tersebut merupakan ekspansi yang signifikan untuk membantu media di Amerika Serikat dan dunia dalam membangun model bisnis yang berkelanjutan.

Tahap pertama investasi akan digunakan untuk mendorong para penerbit mempercayai distribusi berita melalui Facebook. “Kami terus berjuang mengatasi berita palsu dan misinformasi,” kata Wakil Direktur Kemitraan Pemberitaan Global Facebook, Campbell Brown.

{Baca juga: Murdoch Minta Facebook dan Google Bayar Perusahaan Media}

“Meski demikian, kami juga punya kesempatan dan tanggung jawab untuk membantu semua organisasi berita lokal. Kami ingin mereka mampu tumbuh dan berkembang bersama Facebook,” tambah Campbell.

Tahap pertama pendanaan oleh Facebook akan membantu pelaporan berita lokal, riset bagaimana teknologi memperbaiki perngumpulan informasi dan membuat produk baru, serta melakukan rekrutmen jurnalis komunitas.

{Baca juga: Konten Video “Breaking News” Facebook Hadir Minggu Depan}

Penerima bantuan dana dari Facebook antara lain Pulitzer Center, Report for America, Knight-Lenfest Local News Transformation Fund, Local Media Association and Local Media Consortium, American Journalism Project, dan Community News Project.

Beberapa waktu lalu, Facebook memotong dana untuk beberapa News Show yang dibuat via kemitraan dengan Buzzfeed, CNN, dan ABC News. Anggaran Facebook untuk konten News Show sekitar USD 90 juta. [BA/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI