2019, Alphabet Uji Kirim Barang Pakai Drone

Telset.id, Jakarta – Perusahaan induk Google, Alphabet, telah mengumumkan akan menguji layanan pengiriman menggunakan drone di Finlandia pada tahun 2019. Helsinki akan menjadi lokasi pertama di Eropa untuk project Wing, yang sebelumnya telah diuji untuk mengirimkan makanan di Australia.

Wing adalah layanan pengantar menggunakan drone otonom yang diharapkan akan dapat menurunkan emisi karbon dioksida.

Pada musim semi 2019, pesawat otonom ini akan mengirimkan paket dalam waktu 10 menit dengan berat hingga 1,5 kg (3,3 lbs), berjarak kurang dari 10 km di ibukota negara, Helsinki

Beberapa perusahaan, termasuk Wing dan Amazon, sedang mengembangkan layanan pengiriman drone. Mereka telah menghabiskan waktu bertahun-tahun dalam pengembangan tanpa peluncuran.

Pada bulan Desember 2013, Chief Executive Amazon, Jeff Bezos, memperkirakan layanan pengiriman Prime Air milik perusahaannya akan diluncurkan dalam waktu lima tahun, tepatnya tahun ini. Namun, layanannya masih dalam pengembangan.

{Baca juga: Alphabet Kembangkan AI untuk Genjot Produksi Pertanian}

Wing mengatakan, pesawatnya telah melakukan 55.000 perjalanan di Australia, mengantarkan barang-barang seperti obat-obatan, kopi dan barang-barang rumah tangga.

Dikatakan bahwa pihaknya telah memilih Finlandia untuk uji coba di Eropa karena orang Finlandia terkenal sebagai pengadopsi awal teknologi baru. Pihak Wing mengatakan bahwa produk yang dapat dikirim menggunakan drone seperti sarapan, makan siang, obat penghilang rasa sakit dan kebutuhan rumah tangga.

Pelanggan akan dapat melakukan pemesanan menggunakan aplikasi smartphone dan pengiriman drone akan ditawarkan secara gratis selama masa percobaan.

Agar layanan pengiriman drone ini layak dan diterima, raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu harus menunjukkan bahwa drone mereka aman dan handal untuk melakukan tugas pengiriman barang.

Namun, rencana tersebut mendapat kritik, apakah publik akan menginginkan drone yang mengeluarkan suara bising akan bisa mengirimkan barang di kota-kota besar dan kecil.

{Baca juga: Drone Pengirim Amazon Bisa Respon Lambaian Tangan}

Menanggapi kritik tersebut, Wing mengklaim pengiriman drone yang mereka tawarkan lebih aman, lebih cepat dan lebih ramah lingkungan daripada pengiriman darat.

Wings adalah bagian dari divisi program milik Alphabet, yang mencakup proyek mobil self-driving Waymo dan internet delivery balloon maker, Loon. [BA/HBS]

Sumber: BBC

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI