Amerika Serikat Serukan “Anti Huawei” ke Negara Sekutu

Telset.id, Jakarta – Amerika Serikat (AS) dilaporkan mulai menyebarkan sikap “anti Huawei” ke negara sekutu. Sebab, para pejabat AS telah menghubungi pemerintah dan operator telekomunikasi dari negara-negara sekutu untuk mencegah penggunaan produk Huawei di negara mereka.

Dilansir Telset.id dari CNBC pada Jumat (23/11/2018), alasan AS mengeluarkan himbauan tersebut, terkait risiko keamanan siber.

Adapun informasi ini didapatkan dari laporan The Wall Street Journal (WSJ), melalui wawancara terhadap beberapa narasumber yang tak mau disebutkan identitasnya.

Salah satu kekhawatiran AS adalah penggunaan peralatan telekomunikasi Huawei yang cukup banyak di beberapa pangkalan militer mereka di negara, seperti Jerman, Italia, dan Jepang.

Bahkan, pihak AS juga sedang memprtimbangkan untuk menawarkan bantuan keuangan kepada negara-negara sekutu, sehingga mereka mau menghindari produk buatan China, khususnya Huawei.

Huawei sendiri belum mau berkomentar terkait sikap Negeri Paman Sam tersebut. Sekadar informasi, AS memang melarang produk Huawei masuk ke negara mereka.

Pihak intelijen AS khawatir, Huawei dan perusahaan China lainnya bekerja sama dengan pemerintah China untuk melakukan spionase.

Sebelumnya pada awal November lalu, Huawei juga dituduh hal yang sama di Australia. Akan tetapi, Huawei menegaskan bahwa mereka tidak membantu pemerintah China untuk menyusupi jaringan untuk memata-matai asing.

Pernyataan ini dikemukakan, menyusul adanya laporan yang menuduh keterlibatan Huawei pada aksi penyusupan mata-mata China ke jaringan internet asing belum lama ini.

“Huawei dengan tegas membantah telah pernah memberikan, atau diminta untuk memberikan, informasi pelanggan untuk pemerintah atau organisasi. Tuduhan tak berdasar ini dibuat tanpa bukti apa pun,” kata juru bicara Huawei saat itu.

Laporan yang dimaksud berasal dari The Australian, yang mengatakan bahwa seorang narasumber keamanan nasional telah mengkonfirmasi bahwa intelijen China memanfaatkan karyawan Huawei untuk mendapatkan kode akses untuk menyusup ke jaringan asing. (NM/FHP)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

NASA Deteksi Gempa 4,0 Skala Richter di Planet Mars

Telset.id, Jakarta - Pada April 2019, roket InSight milik NASA mencatat sesuatu yang diyakini sebagai "Marsquake" atau gempa di...

Aturan IMEI Berlaku, Ponsel Turis Wajib Teregistrasi

Telset.id, Jakarta - Aturan IMEI nantinya mewajibkan turis dan WNI yang membawa ponsel dari luar negeri untuk melakukan registrasi...

Apple Hadirkan Trackpad di Smart Keyboard untuk iPad Pro

Telset.id, Jakarta - Satu nilai jual iPad Pro adalah aksesori Smart Keyboard yang dijual secara terpisah. Sejauh ini, aksesori...

Peneliti Lihat “Mini Moon” Mengorbit Bumi, Berbahayakah?

Telset.id, Jakarta - Hanya ada satu bulan yang berputar-putar mengelilingi planet Bumi. Namun, baru-baru ini peneliti mengaku baru saja...

Wow! Hewan Ini Bisa Hidup Tanpa Oksigen

Telset.id, Jakarta - Para peneliti menemukan hewan pertama dari jutaan spesies yang diketahui dapat bertahan hidup tanpa oksigen. Adalah...
- Advertisement -