7 Aplikasi PDF Gratis untuk Smartphone dan Tablet

Telset.id – Perlu diakui, smartphone maupun tablet memberikan perubahan perilaku pengguna ketika membaca dokumen. Melalui perangkat tersebut, pengguna bisa membaca dokumen digital ataupun e-book dimana saja, dan kapan saja.

Namun, kerap terjadi ketika pengguna merasa kesulitan membaca dokumen digital, saat smartphone atau tablet mereka tidak memiliki aplikasi PDF Reader.

Sebab, tanpa aplikasi itu, mereka tidak bisa membaca dokumen atau e-book sehingga tidak mengetahui informasi yang ada di dalamnya.

Oleh sebab itu, kali ini Tim Telset.id akan memberikan rekomendasi aplikasi PDF gratis yang bisa Anda download dan gunakan di smartphone maupun tablet.

Selain gratis, aplikasi PDF yang akan kami rangkum, merupakan aplikasi yang ringan, minim popup iklan, dan cepat. Berikut daftar 7 aplikasi tersebut:

Adobe Acrobat Reader

Aplikasi ini terbilang paling dikenal, karena telah diunduh lebih dari 100 juta kali baik di android ataupun di desktop. Adobe Acrobat Reader memiliki dua tipe aplikasi, yakni tipe gratisan dan juga tipe berbayar.

Pada aplikasi yang gratis, Adobe telah memiliki dukungan Dropbox dan Adobe Document Cloud, sehingga pengguna mudah untuk memindahkan dokumen. Selain itu, terdapat fitur yang memungkinkan mereka untuk memberi catatan pada file PDF, seperti mengisi formulir dan menambahkan tanda tangan.

Sedangkan bagi aplikasi yang berbayar, pihak Adobe menawarkan fungsi tambahan, seperti kemudahan untuk mengekspor dokumen ke banyak format lain. Bagi Anda yang ingin mengunduh aplikasi Adobe Acrobat Reader, bisa mengklik tautan ini.

Foxit Mobile PDF

Foxit Mobile PDF merupakan salah satu aplikasi PDF yang punya banyak kemampuan. Salah satunya, memungkinkan pengguna untuk lebih banyak mengeksplorasi dokumen PDF yang ingin dibaca.

Kemampuan lainnya, Foxit memiliki fitur bookmark dan memiliki anotasi. Tujuannya, untuk mempermudah pengguna ketika ingin menyoroti atau menggarisbawahi teks dari dokumen PDF.

Awalnya, aplikasi Foxit hanya ditujukan untuk tablet saja. Tapi, Foxit telah beradaptasi dengan baik untuk smartphone dengan layar lebih kecil berkat fitur penyesuaian otomatis di dalamnya.

Sama seperti Adobe, aplikasi Foxit juga memiliki versi premium yang menawarkan fitur tambahan seperti kemampuan untuk mengedit teks dan gambar dalam dokumen PDF apa pun. Jika ingin menggunakannya, Anda bisa mengunduhnya melalui tautan ini.

Google PDF Viewer

Tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan aplikasi Google PDF Viewer dalam rekomendari aplikasi PDF Reader gratis untuk smartphone maupun tablet. Aplikasi ini membawa keunggulan khas dari Google, yakni mampu terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti Google Drive, Google Docs, Spreadsheet, hingga Google Slides.

Google PDF Viewer juga bisa dimanfaatkan pengguna untuk mencari kata atau frasa dalam dokumen. Selain itu, pengguna juga dapat copypaste teks dan mencetak dokumen melalui printer wireless yang mendukung.

Nah, apabila Anda ingin mencoba Google PDF Viewer, silakan untuk mengunduhnya melalui tautan ini.

Xodo PDF Reader dan Editor

Selanjutnya ada Xodo yang menawarkan fitur berbeda dibandingkan aplikasi PDF lainnya di Google Play Store. Bagaimana tidak, tidak hanya dapat digunakan untuk melihat ataupun mengedit dokumen PDF, pengguna juga dapat membuat dokumen PDF baru dari sebuah gambar atau dokumen.

Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, aplikasi Xodo juga telah terhubung dengan layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive. Tujuannya, agar pengguna dapat menyimpan dokumen PDF dan dapat mengaksesnya kembali di perangkat yang berbeda asalkan menggunakan akun cloud yang sama.

Xodo bisa dibilang merupakan aplikasi PDF yang lengkap. Sebab, aplikasi ini cepat dan ringan untuk smartphone. Kemudian, Xodo juga bebas iklan dan telah mendapatkan rating 4,7 di Google Play Store. Untuk menggunakannya, silakan mengunduh aplikasi itu di tautan ini.

 ezPDF Reader

Kemudian ada ezPDF Reader yang dinilai sebagai kombinasi sempurna antara aplikasi PDF untuk bisnis dan hiburan. Dari segi bisnis, pengguna bisa menyunting dokumen yang diterima seperti mengisi formulir di PDF, membuat catatan, dan lainnya.

Sedangkan dari sisi hiburan, mereka bisa membaca koleksi e-book melalui aplikasi ini. Pasalnya, ezPDF Reader memberikan kesempatan pengguna untuk melihat koleksi e-book dalam format EPUB.

Adapun EPUB termasuk salah satu format buku elektronik yang dapat dibuka pada perangkat elektronik, seperti komputer, tablet, smartphone dan bahkan featured phone sekalipun.

Pembuatan buku digital dengan format EPUB biasanya menggunakan bahasa HTML dan xHTML yang bersifat open source dan bisa digunakan di perangkat apapun. Tertarik mencoba? Jika tertarik, Anda bisa mengunduh ezPDF melalui tautan ini.

WPS Office Suite

Ingin memiliki aplikasi PDF dengan tampilan mirip Microsoft Office? Coba saja aplikasi bernama WPS Office Suite. Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat membuka berbagai jenis dokumen baik dari format Microsoft Word seperti doc dan docx, dokumen spreadsheet dari Microsoft Excel, dan dokumen presentasi dari Microsoft PowerPoint.

Selain itu aplikasi pembaca PDF ini juga termasuk ringan dan mudah digunakan. Sebagai buktinya, WPS Office SUite telah di-download lebih dari 100 juta kali di Google Play Store. Jika tertarik menggunakannya, silakan akses tautan ini.

MuPDF

Terakhir adalah MuPDF yang dinilai sebagai aplikasi PDF yang ringan dan mudah diakses. Aplikasi MuPDF telah mendukung format PDF 1.7, yang artinya aplikasi ini mampu mereorganisasi teks dan render progresif untuk dokumen berukuran besar.

Sama seperti aplikasi PDF pada umumnya, MuPDF menawarkan fitur seperti pencarian teks, hyperlink, anotasi dan mampu membuat pengguna untuk mengisi formulir dan memberikan tanda tangan elektronik. Anda bisa mengunduh aplikasi MuPDF melalui tautan ini.

Well, manakah aplikasi PDF Reader yang ingin Anda gunakan di smartphone dan tablet? (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

10 Ponsel Android Terkencang Juni 2020, Mi 10 Pro Masih Juara

Telset.id, Jakarta - Memasuki bulan Juli 2020, AnTuTu merilis daftar ponsel Android terkencang di bulan Juni 2020. Berdasarkan pantauan...

Samsung Pastikan Galaxy M Terbaru Dijual dengan Harga Murah

Telset.id, Jakarta - Seri Galaxy M dihadirkan oleh Samsung untuk menantang merek asal China di segmen smartphone kelas menengah. Agar...

iPhone Terbaru akan Gunakan Touch ID di Dalam Layar?

Telset.id, Jakarta  - Kabar terbaru menyebut bahwa Apple sedang merampungkan fitur Touch ID dalam layar untuk iPhone terbaru. Hal...

Vietnam Produksi Ponsel 5G Sendiri, Vsmart Aris 5G

Telset.id, Jakarta  - VinSmart Vietnam, sebuah unit Vingroup, dilaporkan siap untuk memproduksi smartphone 5G pertama bernama Vsmart Aris 5G....

Smartphone Lipat Terbaru Huawei Bernama Mate V?

Telset.id, Jakarta  - Benarkah smartphone lipat terbaru Huawei bakal bernama Mate V? Setidaknya, nama itu muncul pada 3 Juli...
- Advertisement -