Cara Edit dan Ubah Format Dokumen PDF, Mudah dan Gratis

Cara edit dokumen PDF

Telset.id – Dokumen dengan format PDF adalah salah satu jenis yang sering digunakan saat ini. Tapi, kekurangan dari dokumen jenis ini adalah sulit untuk diedit tidak seperti Word. Tenang, kami akan memberikan cara edit PDF serta langkah mengubah formatnya dengan mudah dan tentu saja gratis.

PDF sendiri merupakan singkatan dari Portable Document Format. Format jenis ini dibuat tahun 1993 oleh Adobe System. PDF merupakan dokumen dua dimensi yang berisi grafik vektor dua dimensi, citra, teks, dan huruf.

{Baca juga: 5 Aplikasi Kompres File PDF di Android Gratis Terbaik 2020}

Sejak tahun 1993 hingga sekarang PDF masih menjadi pilihan dalam membuat dokumen baik yang sifatnya formal atau nonformal.

Nah, dalam kesempatan kali ini, tim Telset akan membagikan tips berupa cara untuk edit dan ubah format PDF dengan mudah. Yuk simak!

Cara Edit PDF dengan Mudah

Cara edit ubah format dokumen PDF

Saat ini ada banyak aplikasi yang memudahkan cara mengubah isi file PDF, layaknya dokumen Word. Apalagi, makin banyak pula aplikasi editing tersebut yang tersedia secara gratis di internet.

Anda sebagai pengguna dapat memanfaatkannya melalui PC, laptop, maupun smartphone, untuk mengedit dan mengubah format dokumen PDF. Berikut caranya:

Cara Edit PDF di Ponsel

Biasanya Anda dituntut untuk cepat saat membuat perbaikan dokumen sehingga harus melakukan edit dokumen PDF dengan cepat. Sayangnya, Anda sering mengalami kesulitan untuk melakukan hal yang satu ini.

Solusinya, Anda dapat edit dokumen dan mengubah format PDF di smartphone/HP melalui aplikasi. Berikut cara edit PDF di HP:

  • Unduh aplikasi PDF Reader yang tersedia di Google Play Store dan App Store 
  • Selanjutnya buka dokumen PDF di aplikasi tersebut.
  • Untuk menggunakan fitur edit PDF, klik bagian kanan layar, dan pilih fitur edit yang tersedia. Di PDF Reader, Anda bisa memberi catatan tambahan, memberi warna untuk poin-poin penting, dan hal lainnya di dokumen.
  • Setelah itu, simpan hasil edit ke memori penyimpanan ponsel.

{Baca juga: Mau Kirim Dokumen PDF di WhatsApp? Begini Caranya}

Cara Edit Isi Dokumen PDF 

Cara berikut ini sangat memudahkan Anda untuk mengubah isi PDF dengan mudah. Ada dua cara yang kami bagikan, yakni melalui aplikasi dan situs online.

  • Download aplikasi Adobe Acrobat Reader: PDF Viewer, Editor & Creator yang tersedia di Google Play Store ataupun Apple Store.
  • Kemudian, buka dokumen PDF di Adobe Acrobat dan ubah isnya dengan menggunakan fitur yang ada. Lewat aplikasi ini, Anda dapat mengubah isi dokumen dengan menambahkan kalimat, tanda tangan, sampai memberi warna di paragraf.
  • Setelah itu, Anda bisa menyimpan perubahan tersebut ke memori penyimpanan.

Sementara untuk cara mengubah isi PDF di situs online, kami menyarankan Anda untuk menggunakan situs Small PDF.

  • Akses situs Smallpdf. Di situs tersebut, pilih Edit PDF di bagian bawah halaman situs.
  • Kemudian, tambahkan kalimat di paragraf atau memberikan warna pada poin yang penting.
  • Terakhir, simpan hasil pengeditan dokumen ke memori laptop atau ponsel Anda.

Cara Ubah Format Dokumen PDF ke Word 

Untuk cara mengubah dokumen PDF ke Microsoft Word, Anda bisa menggunakan aplikasi atau situs online yang bisa diakses melalui smartphone atau laptop.

  • Unduh aplikasi PDF to Word yang tersedia di Google Play Store ataupun App Store.
  • Kemudian, unggah dokumen yang ingin diedit ke aplikasi PDF to Word.
  • Tunggu beberapa saat. Proses edit atau konversi dokumen tidak terlalu lama sekitar 1 sampai 2 menit saja.
  • Dokumen telah berhasil diubah ke format dokumen Word dan siap untuk disimpan ke memori penyimpanan Anda.

Lalu, apabila Anda gak mau ribet untuk install aplikasi, Anda juga dapat ubah format PDF ke Word menggunakan situs online. Kami merekomendasikan situs I Love PDF.

  • Akses situs I Love PDF di laptop ataupun smartphone.
  • Kemudian, masukkan dokumen PDF di kolom Pilih File PDF.
  • Selanjutnya, pilih menu Konversi ke Word dan tunggu beberapa saat
  • Konversi dokumen telah selesai, dan Anda bisa mengunduhnya untuk disimpan ke memori penyimpanan.

{Baca Juga: Cara Mengecilkan Ukuran File PDF dengan Cepat dan Mudah}

Rekomendasi Aplikasi Edit PDF 

Cara edit dokumen PDF

Agar Anda lebih mudah dalam mengedit dokumen PDF, kami akan memberikan rekomendasi aplikasi yang dapat membantu Anda. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store untuk Android ataupun App Store di platform iOS.

Aplikasi ini bisa Anda unduh untuk membantu pekerjaan maupun proses belajar mengajar. Berikut daftar rekomendasi aplikasi edit PDF:

Demikian informasi mengenai cara edit PDF secara gratis dan tentu saja mudah diaplikasikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk menunjang pekerjaan dan kegiatan sekolah atau kuliah Anda. Selamat mencobanya, sob! (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here