Ganti Fokus, Pendiri Wikipedia Rumahkan 12 Staf Editorial

Staf editorial WikiTribune

Telset.id, Jakarta – Perusahaan media digital milik pendiri Wikipedia Jimmy Wales, WikiTribune, memutuskan untuk berganti fokus, dari pengumpulan berita tradisional, menjadi fokus pada strategi “orientasi komunitas” yang memprioritaskan kontributor.

Dalam prosesnya, 12 staf editorial WikiTribune telah diberhentikan, setelah kepergian jurnalis CNN dan Reuters, Peter bale yang menginisiasikan tim tersebut.

WikiTribune sendiri mulai beroperasi pada bulan Agustus tahun lalu. Dan kini, Wales dan rekannya, Orit Kopel menyatakan akan melakukan perubahan personel besar-besaran.

Dalam pesan di situs WikiTribune, keduanya juga menyebutkan akan mengatur ulang fokus dari WikiTribune ke atas komunitas.

“Karena proyek ini sangat radikal, satu-satunya cara untuk belajar adalah dengan mencoba, membuat kesalahan, memperbaikinya, dan beranjak maju,” ucap Kopel, seperti dilansir Telset.id dari The Verge, Rabu (24/10/2018).

“Hal utama yang telah kami pelajari adalah untuk mengimplementasikan visi kami, kami harus memberikan kepercayaan penuh kepada komunitas bahwa WikiTribune (hidup dari) kontribusi mereka, sementara tim profesional hadir hanya untuk melayani jika dibutuhkan,” jelasnya.

WikiTribune pada awalnya fokus untuk mengembangkan jenis baru dari surat kabar daring yang akan berevolusi layarknya Wikipedia. Media ini, menggunakan peliputan kolaboratif dan komunitas dengan memanfaatkan proses khusus bernama fact-checking.

Tujuannya, untuk membantu melawan berita bohong dan mengubah persepsi publik terhadap organisasi media yang dianggap memiliki kepentingan. WikiTribune juga ingin mengubah pandangan masyarakat yang menganggap perusahaan media digerakkan bukan oleh kebenaran dan fakta, melainkan oleh keuntungan iklan dan bias politik.

WikiTribune didesain agar bebas iklan. Namun, pembaca harus membayar biaya berlangganan agar dapat menentukan tipe-tipe laporan yang dihasilkan oleh reporter.

Perubahan metode WikiTribune sendiri masih memasuki periode uji coba yang diperpanjang hingga enam bulan ke depan. Secara garis besar, WikiTribune tampaknya khawatir jika tim editorial memiliki pengaruh yang berlebihan terhadap pembentukan artikel dan laporan yang ada.

“Kami telah sebutkan sejak hari pertama WikiTribune dirilis bahwa kami memandang komunitas dan jurnalis profesional setara,” ujarnya.

“Artinya dalam kondisi apa pun, jurnalis tidak mengabaikan hasil kerja komunitas, melainkan selalu bersedia untuk bekerja dengan mereka secara kolaboratif untuk mengembangkan artikel berita yang berkualitas,” tambah Kopel.

WikiTribune berencana merekrut lebih banyak wartawan ke depannya yang lebih berkapasitas untuk mendukung komunitas dan bukan hanya mengawasi kerja kontributor luar. (AU/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here