Aturan Baru, Facebook Larang Konten Clickbait dan Plagiat

Telset.id, Jakarta – Setelah memastikan untuk menghilangkan konten berkualitas rendah, dan bersifat  spam di News Feed atau  timeline pengguna, Facebook kini menerapkan aturan baru. Raksasa media sosial ini akan menurunkan  ranking  konten  clickbait, hingga konten yang dinilai plagiat.

Facebook menjamin, dengan perubahan tersebut, pengguna akan melihat timeline mereka jauh lebih relevan dan menarik.

Dilansir Telset.id dari Tech Crunch, Sabtu (20/10/2018), ranking dari tautan yang dibagikan di Facebook dari situs dengan konten plagiat, judul clickbait, atau halaman situs penuh iklan berkualitas rendah, akan diturunkan.

Apabila ranking sebuah postingan di Facebook turun, berarti hanya ada sedikit pengguna yang bisa melihatnya. Facebook juga menegaskan, aturan ini berlaku untuk konten scraping, yang menjadi praktik umum di internet.

Sekadar informasi, konten scraping adalah situs yang mempublikasikan ulang artikel yang dimuat oleh situs lain. Situs ini biasanya tidak mengubah atau hanya mengubah sedikit isi konten dari situs yang diambilnya.

Bagi Facebook, situs semacam itu berkualitas rendah. Sebab, sebagian besar penggunanya tidak suka konten semacam itu muncul di timeline mereka.

“Mulai hari ini, kami merilis sebuah pembaruan. Pengguna jadi melihat lebih sedikit postingan dari situs berkualitas rendah yang umumnya berisi konten salinan,” tegas Facebook.

Aturan baru ini didukung oleh algoritma khusus dari Facebook. Algoritma ini, akan membuat perbandingan isi dengan konten lainnya. (BA/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI