YouTube Gandeng Wikipedia Tangkal Hoax

Telset.id, Jakarta – Dalam beberapa minggu ke depan, YouTube menggandeng Wikipedia akan memperkenalkan layanan baru. Layanan tersebut bertujuan untuk melawan teori-teori konspirasi menyesatkan atau hoax yang tersebar secara online.

Menurut Slashgear, upaya YouTube bermitra dengan Wikipedia merupakan usaha untuk menghentikan penyebaran informasi yang keliru. YouTube tak ingin masyarakat misinformasi setelah melihat tayangan tak bertanggung jawab via video streaming.

Menurut CEO YouTube, Susan Wojcicki, video-video yang menyebarkan teori konspirasi tentang kejadian-kejadian di luar nalar, semisal pendaratan di bulan, nantinya bakal disertai teks dari Wikipedia. Di sana akan terdapat pemaparan fakta mengenai teori yang sebenarnya.

“Kami ingin menginventarisasi daftar konspirasi yang lalu-lalang di internet. Bersama Wikipedia, kami bakal menjelaskan mengenai kejadian-kejadian umum lewat tampilan kotak di YouTube ,” ujar Wojcicki pada konferensi South by Southwest di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Wojcicki menyebut, layanan baru tersebut akan resmi meluncur dalam beberapa minggu mendatang. Diharapkan, melalui kehadiran inovasi itu, masyarakat tak lagi bias dalam menyerap informasi yang terdapat di video streaming.

[Baca juga: Video YouTube Offline Kini Ada di 125 Negara]

YouTube, bagian dari Google yang diinduki Alphabet Inc, telah melakukan pantauan selama beberapa bulan terhadap segala informasi yang menyesatkan. Berdasarkan tinjauan YouTube, informasi keliru yang tersebar dalam bentuk video kerap ditelan mentah-mentah oleh publik.

Sebagai isal, baru-baru ini ada sebuah video yang mengangkat teori konspirasi tentang penembakan sekolah di Parkland, Florida, Amerika Serikat. Video tersebut menjadi viral meski kesahihannya dipertanyakan. YouTube akhirnya menghapus video itu demi kebaikan warganet. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here