Review Oppo Find X: Flagship Premium Penuh Inovasi

Telset.id – Beberapa waktu lalu, Oppo akhirnya meluncurkan smartphone flagship-nya di Indonesia, yakni Oppo Find X. Seperti diketahui, biasanya perusahaan asal China ini hanya membawa smartphone kelas menengah saja untuk pasar Tanah Air, seperti seri F, seri A, dan lainnya.

Dibanderol dengan harga Rp 13,4 jutaan, Oppo seolah menjamin bahwa smartphone ini mampu bersaing dengan brand lainnya yang sudah menjadi “pemain lama” di pasar smartphone flagship Indonesia, seperti Samsung dan juga Apple.

Lantas apa saja yang ditawarkan oleh Oppo Find X? Tentu menarik untuk mencari tahunya. Nah, karenanya kali ini Tim Telset.id akan mengulas secara mendalam seperti apa smartphone ini lewat review Oppo Find X. Yuk simak!

Desain

Bisa dibilang atau boleh diakui jika desain smartphone masa kini “mudah ditebak”. Ada dua konsep desain yang rata-rata digunakan oleh berbagai brand smartphone saat ini, yakni desain berponi atau notch, dan desain layar memanjang dengan aspek rasio 18 : 9.

Hal serupa juga bisa ditemui pada smartphone kelas atas sekarang yang cenderung tak memiliki ubahan desain berarti dibandingkan seri sebelumnya. Namun, berbeda dengan smartphone flagship besutan Oppo, Oppo Find X yang mengusung desain berbeda dibandingkan smartphone lainnya, bahkan jika harus dibandingkan dengan seri Find sebelumnya.

Oppo Find X dikemas dengan desain fullscreen dengan layar memanjang dan memiliki bezel yang tipis di tiap sisinya. Smartphone ini juga menggunakan layar berjenis OLED yang melengkung di sisi kiri dan kanannya.

Layarnya berukuran 6,42 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2340 piksel) dan aspek rasio 19,5 : 9. Bisa dibilang, sebagian besar bagian depan Oppo Find X adalah layar, yang tentu saja memberikan pengalaman lebih kepada pengguna saat menggunakannya.

Smartphone ini mengimplementasi teknologi mekanik yang “menyembunyikan” kamera depan, kamera belakang serta komponen Oppo Find X lainnya, di dalam body smartphone. Jadi, saat pengguna tidak menggunakan kamera, maka komponen tersebut akan hilang dan membuat Find X terlihat nirbezel.

Selain mempunyai kamera slider dengan teknologi mekanik di bagian atasnya, Oppo Find X juga dikemas dengan desain khas Oppo yang selalu menyiratkan “kesan mewah”. Bagaimana tidak, smartphone ini dibalut oleh warna gradasi yang dipadu bersama body berbahan dasar metal sebagai frame-nya dan bahan menyerupai kaca yang membungkus hampir keseluruhan body-nya.

Warna gradasi ini memberikan efek berbeda ketika terkena cahaya matahari. Bisa terlihat gelap, bisa juga terlihat terang yang makin membuatnya tampak berbeda sekaligus mewah.

Walaupun demikian, ada kekurangan dari desain Find X. Kekurangannya adalah, gampang terlihat kotor, gara-gara mudahnya sidik jari yang menempel di bagian belakang smartphone. Sehingga kami sarankan untuk mengelap body-nya atau menggunakan soft case, yang mungkin bisa “menurunkan” keindahan atau kemewahan dari smartphone ini.

Spesifikasi

Foto: Hendra Wiradi/Telset.id

Selain memiliki desain yang mewah, berbeda dan tampak keren, Oppo Find X juga ditenagai oleh spesifikasi yang tinggi. Sebagai bukti, smartphone ini menggunakan prosesor octa-core 2,8GHz Snapdragon 845, RAM 8GB, ROM 256GB, baterai berkapasitas 3,730 mAh dan sistem operasi ColorOS 5.1 berbasis Android Oreo.

Find X juga sudah mendukung teknologi pengisian baterai cepat bernama VOOC Flash Charge. Sekadar informasi, VOOC Flash Charge merupakan teknologi pengisian daya dari Oppo yang diklaim mempunyai kecepatan charging 4 kali lebih cepat dari teknologi charging lainnya.

Selain itu, teknologi ini juga diklaim aman dan tidak menimbulkan panas yang berlebih saat smartphone diisi baterainya. Sebab, biasanya ketika smartphone yang mendukung teknologi fast charging dan diisi daya baterainya, smartphone akan terasa panas dari biasanya.

VOOC Flash Charge menggunakan teknik yang berbeda dibandingkan teknologi fast charging lainnya. Teknologi ini meningkatkan arus daya, bukan meningkatkan tegangan arus daya. Sehingga, dijamin tidak akan terjadi bahaya yang kerap timbul akibat terjadinya tegangan arus daya yang tinggi.

Kami pun penasaran dengan kecepatan charging Oppo Find X. Karenanya, kami menggunakan Feature Test dari AnTuTu Benchmark versi 7 untuk mengetahuinya.

Berdasarkan pengujian kami, dari baterai 16% sampai 100%, dibutuhkan waktu sampai 85 menit saja. Selain itu, kami juga menemukan fakta bahwa pengisian cepat pada Oppo Find X “terasa cepat” ketika berada pada proses 16% sampai 90%, sementara dari 90% sampai 100%, kecepatan pengisian bisa dibilang melambat atau cenderung biasa saja.

Nah, untuk ketahanan baterainya, Oppo Find X juga punya baterai yang terbilang tahan lama. Berdasarkan pengujian kami, smartphone ini mampu bertahan hingga kurang lebih 13 jam dengan screen on time sekitar 5 jam.

Membahas sisi performanya, kami menggunakan aplikasi benchmark untuk mengetahuinya. Berdasarkan aplikasi AnTuTu Benchmark versi 7, Find X mampu memiliki skor hingga 279 ribuan.

Skor tersebut jauh lebih baik dibandingkan Xiaomi Mi 8, Asus ZenFone 5Z, Samsung Galaxy S9+ (Snapdragon 845) bahkan sampai LG G7 ThinQ.

Secara overall, Oppo Find X merupakan smartphone yang mampu mendukung segala aktivitas penggunanya. Sebut saja seperti membuka banyak aplikasi dalam satu waktu, mengetik, nonton film, browsing, hingga bermain game terberat untuk smartphone Android sekalipun.

Keamanan

Oppo tidak menyematkan sensor sidik jari untuk Oppo Find X. Meski demikian, smartphone ini telah memiliki opsi keamanan lainnya, yakni face unlock yang didukung oleh IR Camera.

Face unlock pada Oppo Find X memiliki respon yang sangat cepat. Pengguna hanya tinggal menekan tombol Power, kemudian kamera slider mekanik akan naik sekaligus mendeteksi wajah pengguna, lalu Oppo Find X akan terbuka dan siap untuk digunakan.

Dengan adanya IR Camera juga, pengguna juga dapat membuka smartphone di kondisi gelap. Responnya juga sama cepatnya, ketika membuka smartphone saat cahaya mendukung.

Tapi tetap saja, sebagai smartphone dengan harga Rp 13 jutaan, seharusnya Oppo mau menyematkan sensor sidik jari pada Oppo Find X. Atau bahkan, memberikan smartphone ini teknologi sidik jari yang ada di dalam layar, sehingga membuatnya jauh lebih unggul dibandingkan smartphone flagship lainnya, dan juga terlihat lebih kekinian.

Kamera

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, jika desain bezel-less pada Oppo Find X disebabkan oleh adanya teknologi mekanik yang bisa menyembunyikan kamera serta komponen lainnya saat tidak digunakan. Misalnya saja saat kamera diaktifkan, maka kamera slider akan muncul sehingga kamera depan ataupun belakang siap untuk digunakan.

Membahas soal resolusi kameranya, Oppo Find X mengusung kamera ganda dengan dukungan teknologi berbasis kecerdasan buatan. Kamera ini masing-masing beresolusi 20MP aperture f/2.0 dan 16MP aperture f/2.0 yang mendukung teknologi PDAF dan juga Optical Image Stabilization (OIS).

Karena dibantu oleh teknologi berbasis kecerdasan buatan, maka kamera utama Oppo Find X bisa mengenali berbagai skenario foto yang mampu menyesuaikan pengaturan kamera secara otomatis.

Misalnya saja seperti beberapa foto di bawah ini yang diambil menggunakan skenario foto Night, Potrait, hingga Outdoor yang mendapatkan sentuhan pengaturan berbeda di tiap foto yang dihasilkan.

Sementara untuk kamera depannya, Oppo Find X mempunyai kamera beresolusi 25MP aperture f/2.0 yang disematkan teknologi 3D AI Beauty Technology, dan juga AI Potrait Mode.

Seperti kamera depan smartphone Oppo lainnya, Find X juga menghasilkan foto selfie yang lebih natural, dengan suguhan detail pada wajah yang pas dan berkualitas. Seperti foto selfie ini misalnya:

Kesimpulan

Oppo FInd X tidak hanya menawarkan inovasi teknologi mekanik yang bisa menyembunyikan kamera serta komponen lainnya di dalam body-nya untuk membuatnya tampak nitbezel, tapi juga menawarkan banyak hal di dalamnya.

Smartphone ini mempunyai layar berukuran besar untuk mendukung pengguna melakukan berbagai aktivitas dengan pengalaman yang maksimal. Selain itu, Oppo Find X juga punya performa mumpuni berkat SoC Snapdragon 845 yang disematkan di dalamnya.

Kemudian baterainya, yang mendukung teknologi VOOC Flash Charge, yang membuat pengguna dapat mengisi daya baterai hingga penuh tanpa harus memakan waktu yang lama. Terakhir, tentu saja kameranya yang mampu memberikan hasil foto berkualitas bagi penggunanya.

Jadi, dengan harga Rp 13,4 jutaan, Oppo Find X sudah memberikan banyak hal bagi pengguna yang ingin sekali memiliki smartphone premium, desain yang berbeda, spesifikasi mumpuni, kamera berkualitas dan keunggulan lainnya dalam satu packaging. (FHP)

KelebihanKekurangan
  • Desain berbeda
  • Memiliki kamera slider mekanik
  • Layar besar dan nirbezel
  • Menggunakan Snapdragon 845
  • VOOC Flash Charge
  • Kamera berkualitas
  • Body gampang kotor
  • Tidak ada NFC
  • Tidak mendukung slot microSD
  • Tidak ada jack audio 3,5mm
  • Tidak ada sensor sidik jari

 

4 KOMENTAR

  1. Sangat menggiurkan fungsi nya
    Tapi gimana cara menghubungkan dgn
    loud Speaker ?
    jika Taka ada lubang jacknya 3,5mm

    Harga perlu diturunkan dibawah Rp 10 juta
    ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -