4 Fitur Baru Oppo F9 yang Harus Kamu Tahu

Telset.id – Oppo F9 telah diluncurkan di Indonesia. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 4,2 jutaan dan akan dijual secara pre-order pada 24 sampai 30 Agustus di sejumlah e-commerce dan juga toko resmi Oppo, serta penjualan serentak pada 31 Agustus mendatang.

Smartphone ini ditenagai oleh mesin utama yang sama dengan Oppo F7, prosesor octa-core 2.0GHz Mediatek Helio P60, GPU Mali-G72 MP3, RAM 4GB, ROM 64GB, serta baterai berkapasitas 3,500 mAh. Walaupun demikian, Oppo F9 sebenarnya punya beberapa hal dan fitur baru di dalamnya, yang pastinya menjadi andalan sekaligus daya tarik dari smartphone tersebut.

Karenanya, dalam tulisan kali ini Tim Telset.id akan memberikan empat fitur baru Oppo F9 yang harus Anda ketahui. Ingin tahu apa saja? Check this out!

Baca Juga: Hands-on Oppo F9, “Pengaruh Baru” Smartphone Berponi

Desain

Oppo F9

Oppo F9 memiliki desain yang benar-benar berbeda. Smartphone ini mengusung desain baru untuk bagian depan, maupun belakangnya.

Di bagian depan misalnya, Oppo F9 mengadopsi desain notch bernama “Waterdrop Notch”. Sesuai namanya, notch atau poni tersebut berbentuk seperti tetesan air dan berukuran kecil.

Berkat penggunaan notch yang kecil dan dipadu dengan bezel yang tipis di tiap sisinya, membuat Oppo F9 memiliki rasio layar yang besar, tepatnya 90,8%. Oppo F9 sendiri mengusung layar berukuran 6,3 inci resolusi Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel) dengan aspek rasio 19,5 : 9.

Sementara untuk di bagian belakangnya, Oppo F9 dikemas dengan body berbahan dasar polycarbonate yang dilapisi oleh tempered glass. Body menyerupai kaca itu, dipadu dengan warna gradasi yang punya efek terang ke bagian bawah, dan cenderung gelap di bagian atasnya.

Yang menarik, terdapat juga pola menyerupai berlian yang tampak jelas ketika body smartphone dilihat dari sudut-sudut tertentu. Selain itu, warna Oppo F9 juga bisa berubah-ubah, sesuai perspektif pengguna ketika melihatnya.

“Oppo F9 menggunakan teknik pengecatan gradasi yang halus ditambah dengan tekstur stylish. Menampilkan cahaya yang bervariasi bila dilihat dalam sudut pandang berbeda,” ucap Marketing Plan Manager Oppo Indonesia, Suwanto.

Sistem Operasi

Oppo F9 berjalan di sistem operasi terbaru, ColorOS 5.2 berbasis Android 8.2 Oreo. ColorOS 5.2 memiliki sejumlah fitur baru, seperti Smart Bar yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai fitur atau aplikasi meski mereka sedang menjalankan aplikasi ataupun game.

Misalnya saja seperti membalas pesan SMS atau WhatsApp dengan tampilan popup, mengambil screenshot, merekam aktivitas layar, sampai memindahkan data, meski sedang memutar video atau bermain game.

Kemudian ada Game Space yang dikhususkan Oppo bagi pengguna yang suka bermain game. Sebab, dengan menggunakan Game Space, ketika pengguna akan bermain game, sistem akan mengoptimalkan kinerja smartphone terlebih dahulu.

Kamera

Untuk pertama kalinya, Oppo memberikan teknologi kamera ganda di bagian belakang untuk Oppo F9. Seperti diketahui, Oppo F3 merupakan seri F terakhir yang disematkan teknologi ganda oleh Oppo, dan itupun terdapat pada kamera depannya.

Kamera ganda Oppo F9 masing-masing beresolusi 16MP aperture f/1.8 dan sudah mendukung EIS, serta 2MP aperture f/2.4 yang didukung dengan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI). Kamera ganda Oppo F9 mampu mengenali 16 scene berbeda untuk menyesuaikan pengaturan foto secara otomatis.

Kamera ini juga memiliki kemampuan untuk merekam video slow motion 120fps dengan resolusi 720p. Menariknya, fitur slow-mo di Oppo F9 membebaskan pengguna untuk merekam video tanpa batasan waktu.

Sedangkan kamera depannya, Oppo F9 memiliki teknologi kamera yang sama dengan Oppo F7. Kameranya beresolusi 25MP dengan sensor Sony IMX578 yang sudah disematkan teknologi AI Beauty 2.1.

Nah, untuk software pendukung kameranya, Oppo memberikan aplikasi bernama App Editor yang memungkinkan pengguna untuk mengedit video langsung pada smartphone-nya. Pada aplikasi tersebut, pengguna bisa mengedit video dengan mudah karena ada banyak fitur editing video di dalamnya.

VOOC Flash Charge

Seperti Oppo Find X, Oppo F9 memiliki teknologi pengisian baterai cepat, VOOC Flash Charge. Menurut Suwanto, teknologi VOOC memiliki kecepatan 4 kali lebih cepat dibandingkan proses charging biasa pada umumnya.

Diklaim, ketika pengguna mengisi daya Oppo F9 selama 5 menit, maka mereka bisa menggunakannya untuk melakukan telepon selama 2 jam penuh. Berbeda dibandingkan teknologi fast charging pada umumnya, VOOC Flash Charge menggunakan solusi meningkatkan arus daya, bukan meningkatkan tegangan arus daya.

Sehingga, Oppo menjamin tidak akan terjadi bahaya atau kejadian yang tidak diinginkan ketika terjadi tegangan arus daya yang terlalu tinggi. Pada VOOC Flash Charge, terdapat 5 layer keamanan kelebihan arus daya, yang meliputi adapter, baterai sampai smartphone.

Nah dengan kapasitas baterai Oppo F9 yang sebesar 3,500 mAh, pengguna bisa mengisi baterai smartphone hingga di atas 30% dalam waktu kurang lebih 20 menit saja. Cepat kan?

So, bagaimana menurut Anda Oppo F9 ini? Fitur atau teknologi apakah yang Anda suka? (FHP)

7 KOMENTAR

  1. Cara membalik background tulisan di f9 gimana biar bia real tulisan tidak terbalik tulisannya dikala selfie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Biar Mata Nyaman, Ini Cara Aktifkan Blue Light Filter di Windows 10

Telset.id - Microsoft memberikan serangkaian fitur pada Windows 10. Salah satunya adalah Blue Light Filter.Mungkin ada yang belum tahu...

Peneliti NASA Yakin Lautan di Europa Jupiter Bisa Dihuni Manusia

Telset.id, Jakarta - Peneliti JPL NASA dan penulis utama studi, Mohit Melwani Daswani, menyebut bahwa lautan di bulan Europa...

Gara-gara Covid-19, Peluncuran iPhone 12 Terancam Mundur

Telset.id, Jakarta - Desas-desus terbaru menyebut bahwa peluncuran iPhone 12 tertunda lagi. Menurut laporan Ubergizmo, penundaan produksi iPhone 12...

Huawei Nova 7 Dipastikan Segera Meluncur Resmi di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Setelah merilis P40 Series beberapa waktu lalu, Huawei memastikan akan meluncurkan seri Nova terbaru ke Tanah...

[VIDEO] Unboxing Lenovo Legion Gaming Phone Sebelum Peluncuran

Telset.id, Jakarta - HP gaming terbaru, Lenovo Legion Gaming Phone bersiap untuk diperkenalkan secara resmi. Menjelang peluncuran, Lenovo memamerkan video...
- Advertisement -