LG Kenalkan CLOi SuitBot, Robot ‘Human-Centric’

Telset.id, Jakarta – LG memperkenalkan robot ‘human-centric’ wearable pertamanya yang  bakal dipamerkan perdana di IFA 2018 yang berlangsung 31 Agustus nanti di Berlin, Jerman.

Robot yang dinamai CLOi SuitBot dikatakan bakal membawa kemampuan dan kerja yang berbeda dari berbagai robot LG terdahulu seperti Guide Robot, Cleaning Robot and Serving Robot.

“LG CLOi SuitBot hanya satu contoh dari berbagai macam produk AI revolusioner yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna. Meningkatkan kenyamanan secara dramatis dan menciptakan peluang baru untuk memajukan inisiatif robotika,” ujar Song Dae-hyun

Tercatat mulai tahun lalu, LG berinvestasi pada perusahaan perintis (startup) yang mengembangkan robot untuk mengatasi keterbatasan tubuh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

LG CLOi SuitBot didesain berkolaborasi dengan perusahaan perintis ini, LG ROBOTICS, yang telah mempelajari bagaimana robot yang dikenakan pada tubuh (wearable robot) dapat dipakai meningkatkan kualitas hidup.

LG CLOi SuitBot dirancang dengan sambungan nyaman dan sendi yang berputar secara alami. Hal ini memungkinkannya bergerak dengan cara yang lebih santai dan alami untuk meningkatkan tubuh bagian bawah baik ketika sambil berjalan, berdiri atau bekerja.

Rancangan alas kaki dan fitur penyesuaian otomatisnya membuat pemakainya dapat dengan mudah dalam mengenakan maupun melepas. Hal yang juga menjadi pembeda LG CLOi SuitBot dari banyak exoskeleton lainnya.

Yang membuatnya lebih istimewa, LG merancang robot barunya ini untuk dapat terhubung dengan berbagai robot layanan LG terdahulu yang telah diperkenalkan di Consumer Electronics Show 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, pada awal tahun lalu. Keterhubungan ini merupakan upaya LG untuk membuat seluruh robot besutannya ini menjadi bagian dari jaringan kerja cerdas untuk menyampaikan informasi dan alat yang diperlukan di lokasi kerja seperti manufaktur, logistik dan distribusi.

Pengembangan robot layanan LG CLOi ini sebagai bagian dari inisiatif AI yang lebih besar dari LG untuk sektor komersial. Teknologi AI memungkinkan LG CLOi SuitBot untuk belajar dan berkembang melalui pengenalan dan analisis data biometrik dan lingkungan, mengukur dan menganalisis gerakan untuk menyarankan gerakan dan posisi optimal untuk efisiensi kekuatan maksimum.

“LG CLOi SuitBot hanya satu contoh dari berbagai macam produk AI revolusioner yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna. Meningkatkan kenyamanan secara dramatis dan menciptakan peluang baru untuk memajukan inisiatif robotika kami menjadi mesin pertumbuhan berikutnya,” ujar Song Dae-hyun lagi. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI