Gmail di Android Bisa Batalkan Email Terkirim

Telset.id, Jakarta – Kini tak hanya WhatsApp saja yang bisa membatalkan pesan yang terkirim. Yup, Gmail versi mobile di Android juga punya fitur ‘Undo’ yang memungkinkan pengguna untuk membatalkan pesan yang sudah terlanjur dikirimkan.

Saat ini, fitur tersebut telah tersedia untuk aplikasi Gmail di perangkat Android. Sebelumnya, fitur Undo hanya tersedia di Gmail versi desktop serta aplikasi Inbox untuk iOS dan Android.

Sepeti dilansir Cnet, Selasa (21/8/2018), fitur ini sudah tersedia di aplikasi Gmail versi 8.7 untuk seluruh perangkat Android.

Baca juga: Gmail Punya Fitur Mengatur Waktu Pengiriman Email

Google juga mengumumkan keberadaan fitur tersebut di halaman Support. Cara menggunakannya cukup mudah. Setelah mengirimkan email, pengguna akan melihat pesan di bagian bawah layar.

Di sana, terdapat opsi untuk membatalkan pengiriman email sebelum terkirim ke penerima. Jika menekan tombol Cancel sebelum email terkirim, pengguna secara otomatis akan kembali masuk ke bagian draf.

Baca juga: Gawat! Fitur Baru Gmail Mudahkan Hacker Bobol Data Pengguna

Apabila email sudah telanjur terkirim, pengguna bisa memilih opsi Undo. Dengan menekan tombol itu, pengguna pun akan secara otomatis dibawa ke bagian draf.

Jika pengguna mengirimkan email ke akun Gmail lain, Google akan menariknya kembali. Sementara apabila pengguna mengirimkan email ke akun selain Gmail, pesan tidak akan langsung terkirim.

Beberapa hari lalu, Google menawarkan opsi untuk menonaktifkan Conversation View di Gmail versi mobile. Pengguna Gmail untuk perangkat Android dan iOS bakal bisa menonaktifkan email view.

Baca juga: Hapus Pesan Gmail Android Sekarang Tinggal Gesek

Dengan kata lain, pengguna punya opsi mematikan Conversation View. Dengan menonaktifkan Conversation View di menu Settings, pengguna bisa melihat masing-masing email di kotak masuk. [SN/HBS]

Sumber: CNET

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI