Sindir Spotify, Bos Apple: Musik Terlalu Dikuasai Komputer

Telset.id, JakartaCEO Apple, Tim Cook, khawatir industri streaming musik terlalu dikuasai komputer. Ia menyebut bahwa Apple khawatir manusia akan kehabisan musik, menjadi sekadar nada dan ketukan, dari karya seni dan kerajinan karya pencipta.

Menurut MacRumors, Rabu (8/8/2018), komentar Cook ditujukan kepada Spotify yang mulai mengubah kurasi manusia untuk daftar lagu dan menggandeng mantan kurator R&B Apple, Carl Chery.

Persaingan antara Apple dan Spotify kian memanas. Keduanya nampak saling “adu balap” dalam merebut pengguna. Dan hingga kini, Apple berhasil menyalip Spotify dari sisi jumlah pengguna.

Baca juga: Akhirnya, Apple Music Salip Spotif

Perbedaan utama keduanya adalah Apple Music merupakan bagian dari perusahaan besar yang menghasilkan miliaran dolar Amerika Serikat per kuartal, sedangkan Spotify belum memperoleh keuntungan pada kuartal tahun ini.

Hal itulah yang menjadi alasan Cook secara lugas menyebut bahwa Apple tidak mencari keuntungan dari Apple Music. Apple condong mencari pemasukan dari lini bisnis lain yang lebih menjanjikan.

Baca juga: Jumlah Pelanggan Naik, Spotify Malah Tekor

Apple menggadang bisa meraih keuntungan dari bisnis layanan sebesar USD 50 miliar atau Rp 721,9 triliun pada 2021, meningkat dari pencapaian pada 2017 sebesar USD 30 miliar atau Rp 433,1 triliun.

Apple memiliki keuntungan besar berkenaan dengan distribusi. Sebab, Apple Music tersedia untuk perangkat iOS dan Android serta HomePod. Lain hal, Spotify tersedia di perangkat bersistem operasi Android dan iOS, Amazon Echo, dan Google Home.

Namun, menurut rumor yang beredar, Spotify tengah mengembangkan speaker cerdas meski informasi belum mendapatkan konfirmasi dari perusahaan. Sebagai informasi, Apple Music dan Spotify membebankan biaya berlangganan yang sama kepada pengguna.

Apple Music kini memiliki sekitar 45 juta pelanggan berbayar. Spotify menawarkan layanan bebas iklan yang tidak didukung sejumlah fitur yang ditawarkan di layanan premium, seperti unduh gratis dan skip tanpa batas.

Baca juga: Kejar Spotify, Apple Music Gaet Artis dan Produser

Spotify juga menawarkan kemampuan untuk memainkan lagu apapun serta menciptakan daftar lagu khusus. Apple Music menawarkan masa percobaan selama tiga bulan yang tidak dimiliki Spotify. [SN/HBS]

Sumber: Macrumors

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Ini 7 Aplikasi Wajib untuk Smartphone Pendaki Gunung

Telset.id, Jakarta - Mendaki gunung menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menjadi tren di kalangan anak muda. Demi mendukung kegiatan...

Google, Facebook dkk Hentikan Teori Konspirasi Soal Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Berita hoaks mengenai virus Corona yang menyebar secara cepat ke seluruh dunia memaksa Facebook, Google, dan...

Makin Tidak Aman, WhatsApp Punya 12 Kerentanan Berbahaya

Telset.id, Jakarta  - WhatsApp semakin "tidak aman". Aplikasi chatting itu mengalami peningkatan tajam dalam hal kerentanan platform di 2019....

Netizen Keluhkan Tak Bisa Isi Pulsa Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Sejumlah netizen mengeluhkan layanan pengisian pulsa Telkomsel. Mereka mengeluh karena tak bisa melakukan pengisian pulsa Telkomsel...

Nokia 400 4G jadi Ponsel Pertama dengan OS “Google GAFP”

Telset.id, Jakarta - Ketika brand lain berlomba-loma menghadirkan seri smartphone dengan teknologi 5G, Nokia justru masih setia menghadirkan feature phone di tahun...
- Advertisement -