Kejar Spotify, Apple Music Gaet Artis dan Produser

Telset.id, Jakarta – Apple Music terus melakukan manuver agar bisa mengejar ketertinggalan dari sang pesaing, Spotify. Terbaru, Apple Music dikabarkan bakal membuka divisi penerbitan musik. Upaya itu dilakukan seiring kehadiran orang baru di tampuk kepemimpinan perusahaan.

Dilaporkan Engadget, April 2018 lalu Apple Music memiliki pimpinan anyar bernama Oliver Schusser. Ingin membuat gebrakan, Schusser menginisiasi peluncuran divisi penerbitan musik di Apple Music. Nantinya, divisi tersebut dipimpin oleh Elana Segal, mantan Direktur Legal iTunes.

Divisi penerbitan di Apple Music akan bertugas mengurusi perjanjian soal lisensi musik. Apple Music bakal merekrut artis-artis untuk ditawari program khusus. Tak cuma artis, lewat divisi itu, Apple Music juga akan merekrut para pencipta lagu maupun produser musik.

“Melalui divisi penerbitan, Apple Music ingin membawa pengaruh di dunia musik. Apa yang dilakukan oleh Apple Music merupakan strategi untuk menekan Spotify, yang sekarang sedang fokus membuat perangkat keras ketimbang mengembangkan layanan,” ujar sebuah sumber.

Meski sudah memiliki 40 juta pelanggan berbayar, Apple Music memang tetap berambisi segera dapat menyalip Spotify. Apple Music mencoba berbagai strategi, termasuk dengan membagikan satu bulan layanan gratis kepada mereka yang sebelumnya mencoba tiga bulan percobaan di Apple Music.

Pemberitahuan mengenai tambahan gratis satu bulan itu disampaikan oleh Apple kepada konsumen di Amerika Serikat, Inggris, dan Hong Kong melalui email. Dengan memberikan percobaan tambahan gratis, Apple Music berharap para konsumen akan menjadi pelanggan berbayar setelah tambahan gratis berakhir.

Baca juga: Apple Music Sekarang Bisa Berbagi Musik

Mereka yang tertarik dengan tawaran dari Apple Music akan menerima kode promo untuk bisa mendapatkan layanan gratis selama sebulan. Sejauh ini, strategi tersebut berjalan sesuai rencana meski belum menggaet jumlah pelanggan baru secara signifikan.

Dalam industri streaming musik, Spotify merupakan pesaing utama Apple Music. Saat ini, Spotitfy memiliki lebih dari 70 juta pelanggan berbayar dan 90 juta pengguna gratis. Baik Apple Music dan Spotify mengenakan tarif sama persis, yakni USD 9,99 per bulan untuk individu dan USD 14,99 untuk keluarga. [SN/HBS]

Sumber: Engadget

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI