Facebook Luncurkan Perpustakaan Literasi Digital

Telset.id,Jakarta – Pada hari Jumat (3/8/2018) Facebook mengumumkan peluncuran Perpustakaan Literasi Digital untuk membantu generasi muda membangun keterampilan yang mereka butuhkan agar bisa menikmati teknologi online dengan aman.

“Hari ini, kami meluncurkan Perpustakaan Literasi Digital, sebuah koleksi pelajaran untuk membantu kaum muda berpikir kritis dan berbagi secara online,” kata Antigone Davis, Kepala Keamanan Global di Facebook, yang di posting di blog.

Davis menuturkan, terdapat 830 juta anak muda, online di seluruh dunia. Perpustakaan tersebut merupakan sumber bagi para pendidik yang ingin mencari literasi digital.

Baca juga: Facebook Ciptakan “Obat” Kecanduan Sosmed, Serius?

Perpustakaan ini diharapkan akan bisa membantu para pemuda membangun keterampilan yang mereka butuhkan untuk menikmati teknologi digital dengan aman.

Perpustakaan Literasi Digital dikembangkan Facebook bersama tim Youth and Media, Berkman Klein Center, dari Universitas Harvard. Perpustakaan digital ini berisi pelajaran dan video interaktif bagi pendidik yang mengajar anak muda berusia 11 hingga 18 tahun, dan dapat diunduh secara gratis.

Perpustakaan Literasi Digital dibagi dalam beberapa tema. Di antaranya, mengenai privasi dan reputasi, eksplorasi identitas, keamanan, keselamatan dan kesejahteraan. Tema pelajaran tersebut mencerminkan aspirasi generasi muda yang berasal dari beragam latar belakang sosial-ekonomi, etnis, geografi, dan tingkat pendidikan.

“Kami tahu bahwa para pendidik sudah mengelola ruang kelas dan lingkungan belajar yang sibuk. Pelajaran ini dirancang semudah mungkin untuk mengintegrasikan mereka ke dalam lingkungan pembelajaran formal dan informal, ” kata Karuna Nain, Manajer Program Keselamatan Global di Facebook.

Baca juga: 7 Hal Ini Bisa Bikin Anda Jadi ‘Pemain’ Facebook Profesional

Nain mengatakan, pelajaran ini dapat dipelajari dengan baik secara bersama-sama atau sendiri. Misalnya, pada saat program sepulang sekolah atau di rumah, serta dapat dimodifikasi untuk menggabungkan pengalaman dan gagasan para pendidik itu sendiri.

Untuk saat ini, terdapat 18 pelajaran dalam bahasa Inggris. Rencananya, Facebook akan segera meluncurkan dalam 45 bahasa lain.

Lebih lanjut, perusahaan jejaring sosial terbesar ini juga bekerja dengan organisasi nirlaba di seluruh dunia untuk mengadopsi pelajaran ini dan membuat tambahan yang baru untuk pendidik secara global.

Pelajaran di Perpustakaan Literasi Digital dapat ditemukan di Pusat Keamanan Facebook serta di Berkman Klein Digital Literacy Resource Platform.

Baca juga: Cegah Ujaran Kebencian, Facebook Uji Tombol Downvote

Untuk diketahui, awal tahun ini Facebook menambahkan Portal Pemuda di Pusat Keamanan Facebook, yang berisi kiat-kiat bagi generasi muda. Di antaranya, mengenai keamanan dan konten pelaporan, serta masukan dari remaja di seluruh dunia tentang bagaimana mereka menggunakan teknologi.

Sumber: gadgets.ndtv.com

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rusia Pakai Robot Humanoid untuk Pangkas Birokrasi

Telset.id, Jakarta  - Sebuah robot mirip manusia yang dirancang untuk terlihat dan bertindak seperti petugas wanita mulai memberikan layanan...

Tokopedia Bantu Warung Tradisional Hadapi Covid-19

Telset.id, Jakarta - Tokopedia bantu warung tradisional untuk menghadapi pandemi Covid-19. Alasannya, karena warung tradisional adalah garda terdepan untuk...

Sstt! Baterai iPhone 12 Bakal Bikin Kecewa, Kenapa?

Telset.id, Jakarta  - Rumor menyebut bahwa baterai iPhone 12 bakal mengecewakan pengguna. Benarkah? Laporan MySmartPrice mengungkapkan, Apple mengurangi kapasitas...

Cegah “Zoombombing”, Google Meet Blokir Pengguna Anonim

Telset.id, Jakarta - Google menghadirkan fitur keamanan terbaru. Fitur keamanan ini akan blokir pengguna anonim yang masuk ke layanan...

Oppo 125W Flash Charge Bisa ‘Ngecas Full’ Cuma 20 Menit!

Telset.id, Jakarta - Oppo kembali menunjukkan diri sebagai pionir teknologi pengisian daya cepat dengan memperkenalkan Oppo 125W Flash Charge....
- Advertisement -