7 Hal Ini Bisa Bikin Anda Jadi ‘Pemain’ Facebook Profesional

Telset.id, Jakarta – Menggunakan Facebook setiap saat dan setiap hari tidak lantas menjadikan Anda seorang master di media sosial milik Mark Zuckerberg ini. Karena kalau ya, Anda mungkin tidak akan berdiri di barisan orang-orang yang terkejut dengan kasus Cambridge Analytica.

Ya, suka atau tidak, ada banyak hal yang mungkin tidak kita ketahui tentang Facebook. Dan bukan cuma terkait kemana perginya atau disimpan dimananya data-data kita, tetapi juga fitur lainnya di Facebook yang selama ini mungkin tidak kita sadari keberadaan dan fungsinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut Telset.id kumpulkan 6 diantaranya, yang bisa langsung Anda cek dan lihat hasilnya. Yuk…yuk…

1. Aplikasi apa saja yang memonitor data Anda

Dengan skandal Cambridge Analytica yang baru-baru ini melanda Facebook, masuk akal jika Anda dibuat penasaran dengan aplikasi-aplikasi apa saja yang secara gamblang bisa mendapatkan data Anda. Tentu saja, karena telah tanpa sadar memberinya akses untuk itu. Untuk melakukan ini, buka ‘Pengaturan’ lalu ‘Aplikasi’ di menu sebelah kiri. Di sini Anda akan melihat aplikasi apa saja yang telah Anda masuki dengan Facebook – dan hasilnya mungkin akan membuat Anda menganga.

2. Cari tahu siapa yang memata-matai Anda di Facebook

Untuk yang satu ini, salahkan Facebook Stories ada – sebuah fungsi di aplikasi Facebook yang memungkinkan Anda mengunggah foto dan video selama 24 jam, dan melihat siapa saja teman-teman yang telah melihatnya.

Ini memang bukan cara yang ideal – untuk melihat siapa saja yang ada di profil Anda dan apa yang telah mereka lihat, tetapi lebih baik daripada tidak sama sekali. Dan itu hampir pasti akan mengungkap beberapa “teman” yang hilang, yang masih tertarik dengan apa yang Anda lakukan setiap hari dan sebagainya.

3. Mengakses akun teman yang telah Anda tendang (Unfriend)

Dibuat jengah dengan postingan terus-menerus seseorang yang ujung-ujungnya memenuhi timeline, pasti pernah dialami oleh semua orang, termasuk Anda. Nah, ketimbang menciptakan drama dengan meng-unfriend-nya, cukup unfollow saja. Ini akan menghentikan semua bualannya muncul di wall secara efektif. Sementara Anda masih memiliki hak penuh untuk menguntitnya. Siapa tahu dibuat penasaran dengan aksinya.

Untuk melakukan ini, tekan tombol ‘Following’ di halaman ‘musuh’ Facebook Anda. Anda akan melihat opsi untuk berhenti mengikuti mereka, begitu juga ‘See First’. Nah, yang terakhir itu untuk orang-orang yang Anda inginkan tepat di bagian atas newsfeed Anda.

4. Cari tahu apakah akun Anda diretas 

Peretasan akun Facebook bukan lagi hal yang baru. Sebagian dari kita mungkin pernah berada di posisi bertanya-tanya, dan pastinya bingung lantaran melihat postingan seorang teman yang tidak tampak seperti biasanya. Entah itu tiba-tiba memposting video porno, menyukai website tertentu yang tidak sepantasnya, dan sebagainya.

Tentu, hal serupa bukannya tidak mungkin melanda kita, apalagi mengingat tidak ada cara untuk membuat Anda benar-benar kebal terhadap peretasan akun Facebook Anda. Meski begitu, Anda dapat menghentikannya dengan cepat.

Peringatan Login akan memberi Anda notifikasi setiap kali akun Facebook Anda diakses dari perangkat atau browser baru. Dengan masuk ke Pengaturan >> Keamanan, Anda dapat memilih untuk menerima email, pemberitahuan atau keduanya sebagai pengingat.

5. Amankan histori Facebook dengan mengunduhnya

Anda hidup dalam kecemasan bahwa peretas akan membocorkan foto-foto cupu Anda di masa kecil? Jangan kuatir. Anda kini bisa benar-benar mengunduh seluruh sejarah Facebook Anda, agar dapat Anda nikmati untuk diri sendiri. Yah, meskipun ini bisa berakhir menjadi unduhan yang cukup besar, apalagi jika Anda masuk kategori yang sangat eksis.

Untuk melakukan ini, buka Pengaturan dan klik “mengunduh salinan data Facebook Anda” di bagian bawah halaman.

6. Kirim update Facebook lewat SMS

“Tolong, saya terjatuh di kamar mandi.” Pembaruan Facebook seperti ini dapat menyelamatkan hidup Anda. Dan Anda bisa membuatnya menggunakan fungsi teks di ponsel. Ya, Anda dapat mengirim SMS seperti itu adalah 119.

Facebook Texts (Teks Facebook), demikian fitur khusus itu dipanggil. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan ponsel ke akun Anda, yang tidak perlu ditanya lagi sebagian besar pasti telah melakukannya. Kemudian, kirim pesan yang bertuliskan “F” ke 32665. Ini akan membuat semua terhubung, kemudian Anda hanya perlu mengirim nomor itu lagi dengan pembaruan status Anda.

Sebenarnya ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan juga dari ponsel Anda, seperti mendapatkan teks setiap kali ada teman tertentu yang memposting sesuatu. Oke, ini akan membuat kepala pusing.

7. Stop Facebook kirim notifikasi ulang tahun

Facebook telah menjadi cara terbaik untuk melacak ulang tahun orang-orang. Namun, itu juga bisa memusingkan. Apalagi ketika 90% dari notifikasi yang masuk ke ponsel adalah pengingat ulang tahun Facebook.

Anda dapat menonaktifkan pemberitahuan ulang tahun ke ponsel Anda sepenuhnya. Caranya dengan pergi ke Pengaturan >> Pemberitahuan >> Ponsel, dan Anda pun mendadak amnesia di mata teman-teman.

Sumber : Digitalspy

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI