Ada Robot Biksu di Kuil Ini, Apa Tugasnya?

Telset.id, Jakarta – Ada yang menarik dari kuil Longquan yang terletak di wilayah Beijing, China. Bagaimana tidak, di kuil tersebut terdapat robot biksu yang berfungsi untuk menyambut para pengunjung yang datang ke kuil.

Dilansir dari TechCrunch, Rabu (04/07/2018), robot bernama Xian’er itu mempunyai tinggi dua kaki atau sekitar 60 cm. Tampilannya unik dengan pakaian berwarna kuning dan terdapat tablet berukuran kecil yang digenggam di atas perutnya.

Dengan keberadaan tablet tersebut, Xian’er bisa berinteraksi dengan para pengunjung. Bahkan Xian’er juga dapat berinteraksi dengan anak-anak, ketika mereka menyentuh layar tablet atau mengajukan pertanyaan dengan perintah suara.

Baca Juga: DRAGON, Robot “Drone Naga” yang Jago Manuver

Meski begitu, tidak seperti asisten berbasis suara seperti Siri, Alexa maupun Google Assistant, Xian’er tidak bisa menjawab sendiri pertanyaan yang diberikan. Sebab, ketika pertanyaan diajukan kepadanya, maka robot biksu ini akan menawarkan jawaban yang sebelumnya diberikan oleh pimpinan kuil Longquan.

Nantinya, Xian’er akan dipakai sebagai duta besar untuk melayani dan membantu mendidik anak-anak tentang keagamaan di kuil Longquan dengan memanfaatkan teknologi abad ke-21.

Selain robot biksu Xian’er, sebelumnya juga muncul robot biksu bernama Pepper yang dihadirkan oleh perusahaan telekomunikasi, Softbank. Robot ini memiliki kemampuan untuk melakukan ritual upacara pemakaman, membaca sutra Budha, dan tugas lainnya yang biasa dilakukan seorang biksu manusia.

Baca Juga: Peneliti Pakai Sinyal Otak untuk Kendalikan Robot

Biaya yang harus dikeluarkan ketika menggunakan robot Pepper untuk melakukan ritual upacara pemakaman juga terbilang murah. Pengguna hanya harus mengeluarkan USD 450 atau sekitar Rp 6 jutaan per ritual pemakaman. (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI