Facebook Buka Lowongan untuk Pantau Berita Hoaks

Telset.id, Jakarta – Meski telah melakukan berbagai upaya, berita hoaks tetap banyak tersebar di Facebook.  Guna menangkalnya, Facebook akan menempatkan orang-orang khusus. Facebook pun sekarang membuka lowongan News Credibility Specialist.

Sebelumnya, Facebook berusaha menekan situs berita melalui aplikasi pihak ketiga pengecek fakta dan algoritma. Kendati demikian, usaha itu gagal. Karenanya, Facebook memutuskan membuka dua lowongan untuk mengisi posisi News Credibility Specialist.

Siapa yang nanti lolos seleksi News Credibility Specialist, Facebook siap menyodorkan kontrak. Namun, sebelum mengikuti tes, kandidat wajib memenuhi satu persyaratan mutlak.

Menurut Gizmodo, calon pelamar harus fasih berbahasa Spanyol, baik secara lisan maupun tertulis. Dalam unggahan informasi lowongan, Facebook menuliskan beberapa syarat yang harus dipenuhi kandadat..

“Kami mencari individual yang berminat di bidang jurnalisme. Kandidat harus sejalan dengan misi Facebook untuk membuat dunia semakin terkoneksi. Anda akan ditugaskan untuk investigasi terhadap kebijakan yang telah ditetapkan,” tulis Facebook.

Facebook akan meminta News Credibility Specialist untuk membuat daftar organisasi berita yang kredibel. Daftar itu bisa digunakan untuk beberapa fitur di Facebook, mulai Newsfeed sampai sistem pengiklanan. Facebook tak hanya ingin menekan hoaks, tetapi juga menegakkan kepatuhan media.

Baca juga: Bersih-bersih, Facebook Hapus 837 Spam dan 583 Akun Palsu

Beberapa hari lalu, Facebook telah mengumumkan layanan baru di tab Watch atau tontonan yang dikhususkan untuk program acara siaran berita. Acara yang didanai oleh Facebook itu akan menampilkan siaran “On Location” dari ABC News dan “Chasing Corruption” dari Advance Local.

Tak cuma itu, menurut informasi yang dikutip dari Engadget, di tab tersebut bakal tampil siaran “Undivided ATTN” dari ATTN, “Anderson Cooper Full Circle” dari CNN, “Fox News Update” dari Fox News, “Mic Dispatch” dari Mic, serta “Real America with Jorge Ramos” dari Univision.

Pengguna bisa melihat deskripsi semua acara itu di pos pengumuman Facebook. Sayang, tidak jelas kapan tepatnya acara berita tersebut bakal memulai debut. Dalam rilis, Facebook memberi kerangka waktu peluncuran layanan baru di tab Watch pada musim panas tahun ini.

Baca juga: Perangi Hoax, Facebook Bikin Program “Siaran Berita”

Program-program itu akan menampilkan jurnalis yang akrab dan memiliki berbagai format, mulai dari diskusi harian hingga investigasi suatu masalah yang hadir secara mingguan. Beberapa program juga akan menampilkan liputan berita secara langsung di lapangan. [SN/HBS]

Sumber: Gizmodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Season 3 CoD Mobile Bawa Arena dan Mode Permainan Baru

Telset.id, Jakarta - Dirilis pada bulan Oktober 2019, game FPS Call of Duty Mobile terus melanjutkan kesuksesannya. Kini CoD...

Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Ini Caranya!

Telset.id,  Jakarta - Sebagian dari kita mungkin pernah dibuat penasaran oleh pesan WhatsApp yang tiba-tiba dihapus oleh pengirim, bahkan...

Louis Vuitton Garap Earphone TWS, Harganya Rp 14,8 Juta

Telset.id,  Jakarta - Earphone sepertinya tidak lagi  sekedar menjadi produk audio ataupun gadget. Lebih dari itu,  ini juga sudah...

Teknologi Layar Baru OnePlus Bisa Ubah 30FPS Ke 120FPS

Telset.id,  Jakarta - Smartphone dengan refresh rate layar tinggi akhir-akhir ini menjadi semakin populer. Tak mau ketinggalan, OnePlus pun...

Sanksi AS ‘Nggak Ngefek’, Penjualan Smartphone Huawei Catat Rekor

Telset.id, Jakarta  - Meski ada larangan perdagangan dari Amerika Serikat (AS), Huawei mampu mencatat rekor penjualan smartphone Huawei pada...
- Advertisement -