Gak Ribet! Begini Cara Mengetik dengan Suara di HP Android

Telset.id – Apakah Anda sering mengalami typo atau salah ketik saat menggunakan keyboard smartphone? Atau mungkin kadang merasa males gerak alias “mager” untuk mengetik? Kini semua keluhan itu ada solusinya, karena ada cara mengetik dengan suara atau tips cara voice typing di HP Anda.

Dua masalah itu (typo dan malas ketik) memang kerap dialami oleh pengguna smartphone dengan berbagai alasan, misalnya jari tangannya kegedean atau tak terbiasa mengetik di layar sentuh. Padahal, mengetik adalah hal penting saat menggunakan smartphone.

Misalnya untuk membalas atau mengirimkan pesat di aplikasi chatting ke teman atau keluarga, membuat caption untuk unggahan di media sosial, menulis materi pekerjaan, bahkan sampai membuat karakter pada game pun harus dilalui dengan mengetik.

Nah, bagi Anda yang sering mengalami kendala seperti tadi, tenang saja karena tim Telset.id punya cara mengetik dengan suara di HP dengan Gboard.

{Baca Juga: Malas Ngetik, Begini Cara Copy Teks dari Gambar di Android}

Cara Mengetik dengan Suara Pakai GBoard

Fitur Voice Typing di Google Keyboard atau Gboard sebenarnya sudah lama ada, namun belum terlalu populer digunakan. Dengan fitur inilah Anda bisa mengetik dengan cukup akurat hanya dengan menggunakan suara.

Well, penasaran kan ingin tahu bagaimana cara voice typing di HP Android pakai Gboard? Untuk mengetahuinya silahkan simak tipsnya dari kami. Check this out!!

  • Trik ini membutuhkan aplikasi Google Keyboard, jika Anda sudah memiliki aplikasinya, langsung maju ke langkah berikutnya. Namun jika belum, download terlebih dahulu Google Keyboard di Google Play Store.

cara mengetik dengan suara cara voice typing di hp

  • Selanjutnya, jadikan Google Keyboard menjadi keyboard utama bagi smartphone Anda, dengan masuk ke Settings > Languages & Input. Di bagian Input Methods, tekan Current Keyboard, pilih Gboard.

Baca Juga: Begini Cara Gunakan Emoji di Windows PC

  • Masih di bagian Input Methods, tekan Gboard untuk masuk ke pengaturan aplikasi.
  • Kemudian, tekan tombol Preferences, dan aktifkan toggle Voice Input Key.
  • Kembali lagi ke halaman awal pengaturan Gboard, lalu tekan tombol Voice typing.
  • Di bagian Languages, biasanya bahasa default aplikasi adalah English (US), nah untuk menambahkan bahasa Indonesia, tekan Languages dan pilih Bahasa Indonesia.
  • Jangan lupa juga untuk download bahasa Indonesia di bagian Offline Speech Recognition.

cara voice typing di hp

 

  • Satu lagi, jangan lupa juga untuk aktifkan toggle Block Offensive Words untuk mencegah munculnya bahasa-bahasa kasar yang mungkin tak sengaja terucapkan.

cara mengetik dengan suara di word

  • Sekarang, buka aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengetik, misalnya seperti WhatsApp.
  • Nah saat muncul Gboard, tekan tombol mikrofon di bagian kanan atas keyboard.
  • Kemudian, ucapkan saja kata-kata yang ingin Anda tulis.

cara mengaktifkan google voice di keyboard

Baca Juga: Cara Mudah Translate Bahasa Asing di Google Keyboard

  • Otomatis, Gboard akan menuliskannya untuk Anda.
  • Sayang, sepertinya Gboard masih belum mengenali pengenalan simbol, sehingga ketika kita mengucapkan “titik”, “koma”, dan lainnya, bukan muncul simbol terkait, melainkan kata-kata yang Anda ucapkan tersebut.

Bagaimana mudah kan cara mengetik menggunakan suara? Yuk, coba sederhanakan cara kita mengetik menggunakan smartphone. (FHP)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI