Begini Cara Gunakan Emoji di Windows PC

Emoji di WIndows komputer

Telset.id – Siapa yang tidak suka Emoji? Hampir semua orang pasti menyukai Emoji untuk memberi variasi pada pesan atau catatan yang ingin kita sampaikan. Tapi Emoji yang biasanya kita pakai di smartphone, apakah bisa digunakan juga di Windows PC?

Berterima kasihlah pada Microsoft yang membuat sistem operasi paling universal diantara semua sistem operasi. Sekarang, Emoji bisa digunakan pada setiap PC yang berplatform Windows 10 melalui keyboard pada layar (layar sentuh atau menggunakan mouse).

Ditambah, pada Windows 10 Anniversary Update nanti, kita akan disuguhi emoji yang besar dan baru yang diciptakan oleh tim desain Microsoft. Emoji ini juga built-in untuk Windows 8.1 dan juga support di Windows 7 yang artinya secara teknis kita dapat menggunakannya dengan cara copy/paste.

Kalau Anda masih belum tahu dan ingin tahu bagaimana caranya? Tak perlu khawatir, Tim Telset.id sudah menyiapkan tutorialnya untuk Anda.

Menggunakan Emoji di Windows 8.1 dan Windows 10

Untuk mengaksesnya, kita harus menggunakan keyboard pada layar. Caranya adalah tekan saja ikon keyboard yang ada di system tray.

{Baca juga: Arti 12 Emoji di WhatsApp yang Benar}

emoji di windows

emoji di windows

Jika tidak ada ikon keyboard, klik kanan di taskbar dan ceklis Show touch keyboard button. Untuk pengguna Windows 8.1, bisa menemukannya dengan cara klik kanan taskbar, kemudian Toolbars  > Touch keyboard.

emoji di windows

Untuk menggunakan emoji, tekan saja tombol emoji yang ada di sebelah kiri tombol spasi. Emoji di sini sudah dikategorikan menjadi 7 jenis.

Menggunakan emoji di windows

Untuk mengganti kategorinya, tekan tombol kategori emoji yang ada di bawah keyboard.

{Baca juga: Keren! Memoji di iOS 14 Kini Bisa Pakai Masker}

menggunakan emoji di pc

Untuk mencari emoji di kategori yang sama, tekan tombol ( > ) atau ( < ) yang ada di sebelah kiri keyboard.

menggunakan emoji di pc

Untuk mengganti warna dari emoji, pilih kategori orang dan kemudian tekan tombol warna yang ada di sebelah kiri bawah keyboard. Terdapat enam jenis warna yang berbeda.

{Baca juga: Twitter Mau ‘Tiru’ Fitur Emoji Reaksi Milik Facebook?}

Emoji untuk Windows 7

Emoji di Windows 7

Windows 7 mendukung emoji, yang artinya kita bisa melihat Emoji ketika kita mengakses website yang berisi Emoji (biasanya terlihat hanya kotak-kotak saja).

Tapi Windows 7 tidak memiliki touch keyboard (keyboard yang ada pada layar) yang memungkinkan kita menggunakan Emoji ketika mengetik.

Emoji di Windows 7

Untuk menggunakan Emoji di Windows 7, kita hanya harus menyalin dan menempelkan (copy-paste) Emoji dari Get Emoji atau penyedia Emoji lainnya.

Pilih Emoji yang diinginkan, kemudian Ctrl+C dan tempelkan Emoji tersebut ke tulisan anda dengan Ctrl+V. Sebagai catatan, Windows 7 hanya bisa mendukung Emoji  berwarna hitam dan putih saja.

Demikian tadi tutorial bagaimana cara menggunakan emoji di Windows PC. Caranya sangat mudah, Anda masih langsung mencobanya di perangkat PC Anda. Selamat mencoba [FHP/HBS]

12 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here