iOS 12 Punya Fitur Anti Kecanduan Gadget

Telset.id, Jakarta – Sebelum acara Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) 2018, beredar rumor bahwa Apple akan memperkenalkan fitur kesehatan digital di sistem operasi iOS 12 untuk mengurangi kecanduan gadget.

Rumor itu terbukti benar, karena Apple telah menghadirkan fitur bernama Screen Time untuk iOS 12 yang berfungsi untuk mengurangi waktu yang dihabiskan pengguna ketika menggunakan iPhone.

Fitur tersebut memungkinkan para pengguna untuk memasang batas waktu penggunaan aplikasi pada smartphone-nya. Sebagai contoh, jika telah kecanduan kepada salah satu aplikasi, pengguna bisa menetapkan batas maksimal waktu penggunaannya dalam sehari.

Dilansir dari Metro, pengguna nantinya memperoleh peringatan jika jatah waktu akses aplikasi dalam sehari telah habis.

Meski begitu, pengguna tetap bisa mengabaikan peringatan tersebut. Dengan kata lain, untuk memerangi kecanduan gadget, semua kembali kepada kesadaran pengguna.

Baca Juga: iOS 12 Diklaim Bisa Kurangi Kecanduan Gadget

Sektor kesehatan digital memang telah menjadi minat utama perusahaan-perusahaan teknologi dalam mengembangkan fitur. Mereka menghadirkan inovasi ini untuk mengurangi ketergantungan pengguna terhadap perangkat teknologi.

Selain fitur kesehatan digital, ada beberapa perubahan lain di sistem operasi iOS 12. Satu di antaranya adalah peningkatan mode Do Not Disturb. Selain itu, ada pula fitur yang dapat membantu pengguna mengendalikan bagaimana notifikasi akan muncul pada iPhone mereka.

Terdapat juga fitur yang membuat pengguna bisa melacak penggunaan ponsel untuk aplikasi tertentu. Fitur tersebut tentu berguna bagi orangtua yang ingin memonitor aktivitas anak-anak mereka ketika menggunakan iPhone.

Baca Juga: Face ID di Perangkat iOS 12 Bisa Dua Muka

Dengan begitu, akses si buah hati terhadap aplikasi bisa dibatasi dan juga diawasi. Seperti diketahui, para orangtua kerap kesulitan mengontrol akses anak-anak terhadap berbagai aplikasi yang ada, sehingga kerap timbul hal-hal negatif.

Tak cukup itu saja, di iOS 12 pun bakal ada mode Downtime, di mana pengguna bisa memilih notifikasi aplikasi tertentu yang ingin dimatikan. Saat mode tersebut diaktifkan, muncul ikon yang menandakan bahwa aplikasi tidak bisa digunakan saat Downtime. (BA/FHP)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -