Trik Merubah MicroSD jadi Memori Internal Smartphone

Telset.id – Memori penyimpanan pada smartphone sekarang ini memang berkapasitas besar. Bisa dibilang, smartphone baru yang beredar sekarang memiliki besaran memori internal minimal 16GB.

Tapi terkadang bagi pengguna smartphone, kapasitas memori yang besar belum cukup. Karenanya, mereka pun dimungkinkan untuk menambahkan microSD sebagai memori tambahan.

Namun kekurangannya adalah, memori eksternal itu tak dapat dijadikan tempat penyimpanan untuk meng-install aplikasi. Tapi jangan khawatir, karena dalam tulisan kali ini, Tim Telset.id akan membagikan cara merubah microSD jadi memori internal smartphone.

Dengan cara merubah memory eksternal menjadi internal pada HP Android ini, selain Anda dapat memperbesar besaran memori penyimpanan internal smartphone, juga dimungkinkan untuk meng-install beragam aplikasi atau game tanpa khawatir kehabisan ruang memori. Yuk simak!

Baca Juga: 5 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card, Cepat dan Mudah

Cara Mengubah MicroSD Menjadi Memori Internal

Catatan: Dalam trik ini, kami menggunakan Xiaomi Mi A1 dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Lalu, cara tersebut juga hanya berlaku bagi smartphone dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat ke atas.

Berikut cara menjadikan SD card sebagai internal memory:

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan pertama kali adalah, backup data-data pada microSD terlebih dahulu. Karena nantinya ketika proses pemindahan microSD menjadi memori internal, semua datanya akan dihapus oleh sistem.
  • Jika sudah, sekarang buka Settings dan pilih Storage.
  • Selanjutnya, tekan SD card.

cara merubah memory eksternal menjadi internal pada hp android

  • Kemudian, tekan tombol berbentuk tiga titik bertumpuk di kanan atas layar, dan pilih Storage Settings.

cara mengubah microsd menjadi memori internal

Baca Juga: 12 Aplikasi Pembersih RAM dan Cache Terbaik untuk Android

  • Untuk mengubahnya menjadi memori internal, pilih opsi Format as Internal dan tekan tombol Erase & Format di halaman berikutnya.
  • Tunggu sampai proses format microSD selesai.

cara mengubah microsd menjadi memori internal

  • Jika microSD memiliki kualitas kecepatan yang cukup rendah, sistem akan memberikan peringatan jika proses transfer atau penyimpanan data ke memori internal kemungkinan akan sedikit lambat.

cara mengubah microsd menjadi memori internal

  • Langkah selanjutnya, Anda juga bisa langsung memindahkan data-data di memori internal ke microSD yang telah dijadikan memori internal tambahan.

cara mengubah microsd menjadi memori internal

Sekarang memori internal Anda bertambah dan Anda pun makin leluasa untuk meng-install aplikasi atau menyimpan data lainnya tanpa khawatir ruang memori akan habis. (FHP)

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI