Pria Indonesia Ternyata ‘Doyan’ Belanja Online

Telset.id, Jakarta – Masyarakat Indonesia biasanya memiliki anggapan bahwa kaum wanita sangatlah menyukai belanja. Namun tren tersebut bergeser, apalagi ketika belanja online sudah menjadi salah satu gaya hidup.

Menurut Tenaga Ahli Cyber dan Media Sosial Menkopolhukam, Kun Arief Cahyantoro, sekarang kaum pria bisa dibilang jadi “tukang belanja online” dibandingkan kaum wanita.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah mereka telah merasa lebih mudah untuk mendapatkan berbagai barang kebutuhan hanya dengan berbelanja online.

“Selama ini konotasi belanja itu milik kaum wanita. Tapi sekarang kaum pria jadi yang lebih menyukai belanja,” katanya di acara Diskusi Tren Belanja Produk Elektronik via Online, di Jakarta, Jumat (09/03/2018).

Penyebab lain menurutnya adalah kaum pria sudah mulai merasa aman untuk berbelanja secara online. Kemudian mereka juga menaruh perhatian kepada garansi after sales.

Ia menjelaskan, garansi after sales sendiri merupakan kepastian untuk mendapatkan barang pengganti yang sama ketika poduk yang meeka beli mendapatkan masalah atau rusak.

“Mereka merasa ini adalah pola belanja yang lebih advanced. Karena jangankan berbelanja sendiri, kaum laki-laki itu malas menemani pacar atau istrinya berbelanja, tapi sekarang mereka melakukan hal itu,” ujar Kun.

Senada dengan Kun, Director of Shopee Indonesia, Chistin Djuarto juga mengatakan selama dua tahun terakhir, kaum pria mendominasi dalam transaksi berbelanja online, khususnya untuk kategori produk elektonik dengan persentase sebesar 60%.

“Selama dua tahun terakhir, jumlah transaksi produk elektronik di layanan kami naik 25 kali lipat. Mayoritas yang lakukan transaksi adalah pria,” jelasnya.

[Baca juga: Isu Produk Asing, Menkominfo: Jangan Salahkan E-commerce]

Dijelaskannya, mereka rata-rata membeli perangkat elektronik seperti smartphone, konsol gamespeaker hingga CCTV. Sementara untuk wanita, rata-rata membeli peralatan berupa aksesoris handphone, mesin jahit, mouse dan kamera polaroid.

“Untuk pria, mereka lebih menyukai smartphone. Sedangkan wanita lebih suka aksesoris HP,” pungkas Christin.(FHP/HBS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI