Apple Jual Hampir 20 Juta Mac Sepanjang 2017

Telset.id, Jakarta – Apple kembali menunjukkan taringnya sebagai perusahaan teknologi paling laku di dunia. Setelah berhasil berada di posisi tiga teratas di penjualan smartphone, kini Apple berhasil naik ke empat besar dalam penjualan komputer sepanjang 2017.

Menurut data yang telah dikeluarkan oleh IDC dan Gartner, sepanjang 2017 ini perusahaan asal Cupertino tersebut berhasil menjual hampir 20 juta Mac. Jumlah ini berhasil membuat Apple naik ke urutan keempat sebagai penjual komputer terbanyak di 2017.

Secara rinci, pada tiga kuartal awal 2017, Apple berhasil menjual 13,9 juta Mac. Selanjutnya, pada kuartal keempat, mereka mampu menjual 5,4 juta hingga 5,7 juta unit perangkat lagi, yang membuat Apple total menjual 19,6 juta unit Mac.

[Baca juga: Peretas Akun iCloud Selebriti Diganjar 5 Tahun Penjara]

Jika dibandingkan dengan tahun 2016, Apple berhasil menaikkan penjualan mereka sekitar 6 persen. Peningkatan penjualan produk Mac yang terjual ada dikisaran 1,1 juta unit jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Sayangnya, jumlah ini ternyata tidak dapat memecahkan rekor penjualan Mac. Pasalnya pada 2014 dan 2015 lalu, Apple dapat menjual lebih dari 20 juta perangkat Mac dalam satu tahun.

Sedangkan di sisi lain, HP masih menjadi salah satu vendor yang berhasil menjual komputer terbanyak sepanjang 2017. Pabrikan asal Amerika Serikat ini berhasil menjual 58,8 ribu komputer, naik sekitar 8,2 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Kemudian di posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Lenovo dan Dell dengan masing-masin penjualan sekitar 54,8 juta unit dan 41,8 juta unit. Sayangnya, Lenovo mengalami penurunan penjualan sekitar 1,2 persen, sedangkan Dell naik 2,7 persen.

[Baca juga: Unik! Beli Paket Ayam di KFC Bisa Pakai Bitcoin]

Tahun 2017 nampaknya bukan tahun yang baik bagi Acer dan Asus. Hal ini dikarenakan mereka mendapatkan penurunan penjualan sekitar 0,5 persen dan 10,6 persen. Masing-masing berhasil menjual 17,5 juta unit dan 17,1 juta unit laptop saja.

Mengutip dari laman Mac Rumor, pihak Gartner mengatakan bahwa Apple berhasil menunjukkan hasil penjualan yang baik, meski terdapat penurunan penjualan komputer setiap tahunnya. Apa lagi dengan seri terbaru komputer Mac yang diluncurkan pertengahan 2017 lalu, tahun ini Apple mungkin bisa mempertahankan prestasi mereka.

Namun perlu diingat, data ini masih bukan data yang akurat. Untuk mendapatkan data yang akurat, kita harus menunggu hingga awal Februari mendatang, saat Apple mengumumkan secara resmi hasil penjualan mereka selama 2017. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Telkomsel Klaim Data Pelanggan Tetap Aman

Telset.id, Jakarta – Telkomsel menjadi sorotan pasca hebohnya kasus kebocoran data Denny Siregar. Meredam isu tak sedap itu, operator...

Google akan Investasi Senilai Rp 145 Triliun di India

Telset.id, Jakarta  - Google akan menggelontorkan USD 10 miliar atau sekitar Rp 145 triliun untuk berinvestasi di India selama...

Mesin Waktu Virtual Ini Mirip “Pintu Kemana Saja” Doraemon

Telset.id, Jakarta  - Seorang pemuda bernama Lucas menciptakan mesin waktu virtual yang berfungsi mirip “Pintu ke Mana Saja” milik...

Kalkulator “Oprekan” Ini Jadi Impian Setiap Siswa

Telset.id, Jakarta  - Sebuah kalkulator merek Casio dimodifikasi guna mewujudkan impian semua siswa di sekolah. Betapa tidak, kalkulator tersebut...

Bos Telkomsel ‘Curhat’ Soal Keamanan Data Pelanggan

Telset.id, Jakarta - Telkomsel hari ini menggelar konfernsi pers terkait kasus kebocoran data yang dialami oleh Denny Siregar. Operator...
- Advertisement -