Peretas Akun iCloud Selebriti Diganjar 5 Tahun Penjara

Telset.id, Jakarta – Masih ingatkah Anda dengan kasus pembobolan akun iCloud yang terjadi beberapa waktu lalu? Ya, para pelaku peretasan berhasil membobol sekitar 250 akun iCloud, yang diantaranya adalah artis papan atas dunia.

Beberapa artis, seperti Jennifer Lawrence, Kate Upon, Miley Cyrus, dan Kirsten Dunst termasuk menjadi korban peretasan. Alhasil, puluhan foto pribadi yang disimpan oleh mereka, bocor di Internet. Bahkan, beberapa foto syur para artis itu ikut tersebar di dunia maya.

[Baca juga: Banyak Bug, Xiaomi Setop Update Android Oreo untuk Mi A1]

Untungnya, pelaku dari peretasan ini berhasil diringkus polisi. Bahkan, sang pelaku yang bernama George Garofano telah dijatuhi hukuman. Sang hacker  dijatuhi hukuman selama lima tahun penjara oleh pengadilan Amerika Serikat.

Mengutip dari laman Softpedia, pengadilan menjatuhi hukuman ini karena Garofano terbukti telah melakukan skema phishing antara April 2013 dan Oktober 2014, untuk mencuri ID dan kata sandi yang diapakai untuk mengakses akun iCloud.

Garofano mengirim email ke targetnya, termasuk serangkaian selebriti Amerika, yang mengaku bekerja untuk Apple dan meminta informasi kredensial masuk atau merekomendasikan penyetelan ulang kata sandi meskipun situs palsu yang mirip dengan Apple.

[Baca juga: Nonton Piala Dunia 2018 Bisa Lewat Twitter dan Snapchat]

Namun, dia bukanlah orang yang membocorkan foto-foto syur para artis yang telah diretas. Garofano mengaku telah mengganti ID dan kata sandi, serta menukar foto pribadi para korban ke orang lain, yang hingga saat ini masih belum diketahui.

“Meskipun banyak korban Garofano adalah anggota industri hiburan di Los Angeles, tapi para penduduk non selebritas yang tinggal di Connecticut juga menjadi korban,” jelas pihak pengadilan.

Tidak Sendiri

Dalam menjalankan aksinya, Garofano ternyata tidak sendirian. Dia ternyata bekerja dalam kelompok peretas yang menamakan dirinya sebagai Fappening.

Sebelumnya, dua anggota Fappening lain yakni Edward Majerczyk, dan Ryan Collins telah dijatuhi hukuman. Majerczyk dijatuhi hukuman selama sembilan bulan. Sedangkan Collins akan mendekam di penjara selama 18 bulan.

Sedangkan satu tersangka lain, Emilio Herrera baru akan menerima vonis hukuman pada Februari mendatang. Yang pasti, Herrera akan mendapatkan hukuman yang lebih berat, dikarenakan dia terbukti telah membobol 550 akun, termasuk iCloud, Gmail, dan lainnya. [NC/HBS]

SourceSoftpedia

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

2020, Apple Belum Bisa “Move On” dari Touch ID

Telset.id, Jakarta - Benarkah Apple yakin dengan keputusan untuk membuang Touch ID di iPhone dan iPad? Kabar yang beredar...

Cara Mudah Cek Spesifikasi Komputer Tanpa Bantuan Aplikasi

Telset.id - Apakah Anda baru saja membeli komputer baru, dan ingin mencoba cek spesifikasi komputer Anda? Jika Anda tertarik...

Innalillahi, CEO Samasource Meninggal Dunia di Usia 37 Tahun

Telset.id, Jakarta - Dunia teknologi sedang berduka. Pendiri sekaligus CEO Samasource, Leila Janah, meninggal dunia pada Jumat (24/01) waktu...

Salip Amerika, Pasar Smartphone India Terbesar Kedua

Telset.id, Jakarta - India sekarang merupakan pasar smartphone terbesar kedua di dunia. India menyalip dominasi Amerika Serikat yang sebelumnya...

Tagar #VirusCorona Jadi Trending Topik di Twitter Indonesia

Telset.id, Jakarta - Wabah virus Corona menjadi bahan perbincangan netizen Indonesia sejak sebulan terakhir. Bahkan, obrolan soal virus mematikan...
- Advertisement -