Patch Lubang Keamanan Prosesor, iPhone Lawas Makin Lelet

Telset.id, Jakarta – Sudah jatuh, tertimpa tangga. Hal ini nampaknya sebuah ungkapan yang tepat bagi para pengguna iPhone lawas di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan perangkat iPhone lawas, akan kembali mendapatkan ‘pemangkasan’ kemampuan prosesor, sehingga semakin lambat.

Hal ini dikarenakan Apple baru-baru ini menggulirkan sebuah pembaharuan baru, yakni iOS 12.2.2 bagi para pengguna iOS. Pembaharuan ini kabarkan akan menangkal serangan dari duo bug chip Intel, Meltdown dan Spectre.

[Baca juga: Awas! Semua Produk Apple Terancam “Bug Intel”]

Seperti diketahui, beberapa pemilik software benchmark komputer mengatakan akan ada penurunan performa, saat update ini diaplikasikan. Namun seberapa besar penurunan performa yang akan diterima pengguna iPhone?

Mengutip dari laman PhoneArena, seorang pria bernama Melvin Mughal melakukan pengetesan di perangkat iPhone 6 miliknya. Dia penasaran, seberapa pengaruhnya update ini terhadap perangkatnya.

Yang mengejutkan, penurunan performa yang dia dapatkan sangatlah besar. Dia mendapatkan penurunan 41 persen dalam uji benchmark single core setelah pemasangan iOS 12.2.2, sedangkan untuk multi-core menurun 39 persen.

[Baca juga: Intel Pamer Mobil Terbang di CES 2018, Seperti Apa?]

“Semua angka menunjukkan kesimpulan yang sama, ini membawa kinerja yang serius di setiap level yang mungkin. Banyak tingkat benchmark menunjukkan penurunan yang signifikan dalam kinerja pada iPhone 6 sampai 50% pada beberapa tingkat benchmark,” ujar Melvin.

Meskipun akan mengalami penurunan, namun Melvin tetap berpendapat bagi para pengguna iPhone 6 ke atas untuk segera melakukan pembaharuan sistem operasi. Hal ini dikarenakan dapat mengurangi resiko dari pemaparan Spectre dan Meltdown di perangkat iPhone. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI