Awas! Semua Produk Apple Terancam “Bug Intel”

Meltdown dan Spectre

Telset.id, Jakarta – Gara-gara bug Meltdown dan Spectre yang ditemukan di chipset Intel, membuat sejumlah perusahaan teknologi kelimpungan, karena perangkat mereka terkena imbasnya. Apple menjadi salah satu perusahaan yang telah memperingatkan penggunanya, karena mungkin perangkat mereka terpengaruh oleh kedua bug itu.

Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut mengingatkan kepada pengguna iPhone, iPad, dan iMac untuk menggunakan dan men-download software dari sumber terpercaya. Hal itu dianjurkan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan gara-gara bug Meltdown dan Spectre.

Seperti diketahui sebelumnya, bug Meltdown dan Spectre pertama kali ditemukan oleh para peneliti keamanan dari Google Project Zero dan peneliti dari akademisi dan industri di beberapa negara lainnya. Yang parahnya, bug itu ternyata sudah tertanam lebih dari 22 tahun karena sudah ada di seluruh chipset Intel sejak 1995 silam.

[Baca juga: Dua Bug di Prosesor Intel Ancam Jutaan Perangkat]

Selain mengingatkan, Apple pun mengatakan telah merilis pembaruan software untuk iOS, MacOS, dan juga TvOS. Itu dilakukan untuk mencegah para hacker untuk bisa mengeksploitasi bug ini untuk berbagai kepentingan.

“Peneliti keamanan telah menemukan kerentanan keamanan yang dikenal dengan nama Meltdown dan Spectre. Bug ini berlaku untuk semua prosesor modern dan mempengaruhi hampir semua perangkat komputer dan sistem operasi,” jelas Apple, seperti dikutip dari Metro, Sabtu (06/01/2018).

“Semua sistem Mac dan perangkat iOS terpengaruh, namun saat ini tidak ada eksploitasi yang diketahui memengaruhi pengguna. Karena itu, sebaiknya unduh software hanya dari sumber tepercaya seperti App Store,” tambah Apple.

[Baca juga: Ada Bug, Prosesor Terbaru Intel Rawan Disusupi Malware]

Menurut para peneliti, Meltdown dan Spectre sendiri memungkinkan hacker untuk menghapus data aplikasi yang sedang berjalan di perangkat lain yang menggunakan hardware Intel. Itu artinya, jutaan perangkat termasuk komputer, smartphone atau tablet, serta server dapat terkena serangan ini. (FHP/HBS)

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here