Keamanan Bandara Kembali Ingatkan Bahaya Baterai Li-Ion

Telset.id, Jakarta – Kasus meledaknya Galaxy Note 7 di sepanjang tahun 2016 lalu masih sulit dilupakan, dan takut kejadian itu akan terulang. Terbukti, pihak otoritas bandara mewanti-wanti para penumpangnya untuk tidak membawa perangkat yang menggunakan baterai Li-Ion, seperti yang digunakan Galaxy Note 7.

Kasus meledaknya Galaxt Note 7 sudah dianggap selesai, setelah Samsung merilis hasil penyelidikannya yang mengungkap penyebab dari mudah meledaknya phablet canggih tersebut.

Pabrikan asal Korea Selatan itu bahkan sudah “mendaur ulang” Galaxy Note 7 dan merilisnya kembali dengan nama Galaxy Note FE. Samsung memastikan perangkat buatannya itu ‘sudah aman’.

[Baca juga: Ngeri! Ini Risiko Simpan Smartphone di Saku Celana]

Namun pihak otoritas penerbangan Eropa ternyata masih belum sepenuhnya percaya, dan memberi peringatan kejadian itu dapat kembali terulang. Memang peringatan ini tidak hanya ditujukan pada Galaxy Note 7 aka Note FE, melainkan pada perangkat yang menggunakan baterai Lithium-Ion (Li-Ion).

Seperti dikutip dari laman Ubergizmo, pihak otoritas penerbangan Eropa telah mengeluarkan peringatan kepada calon penumpang mereka akan bahaya baterai Lithium-Ion (Li-Ion) selama penerbangan.

Alasannya, karena sebagian besar perangkat elektronik yang ada di pasaran masih menggunakan baterai Li-Ion. Beberapa diantaranya adalah perangkat smartphone dan juga perangkat laptop serta tablet.

Pihak otoritas penerbangan mengingatkan penumpang agar tidak menyimpan laptop di dalam bagasi. Serta, selama masa penerbangan, para penumpang diimbau untuk tidak menyalakan perangkat tersebut.

[Baca juga: Canggih! Pengemis Zaman Now Terima Pembayaran ‘Cashless’]

Peraturan ini sebenarnya bukanlah peraturan yang baru. Akan tetapi, pihak otoritas penerbangan Eropa nampaknya tak ingin “kecolongan”, terutama menjelang masa liburan Natal dan Tahun Baru kali ini. [NC/HBS]

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI