Google akan Pakai Laser untuk Sebar Internet di India

Doule Irish dan Dutch Sandwich

Telset.id, Jakarta – Alphabet telah mendapatkan izin untuk membangun jaringan internet tanpa kabel alias wireless dari pemerintah India. Hal ini dilakukan untuk menyediakan jaringan internet bagi seluruh warga India, tanpa harus membangun kabel fiber optik.

Keputusan ini diambil oleh perusahaan induk Google tersebut setelah mereka melihat kondisi dari Negeri Bollywood tersebut tidak memungkinkan untuk memasang kabel fiber optik.

Karena untuk untuk membangun jaringan kabel fiber optik, harus memiliki jalur khusus yang aman untuk mengirimkan paket data dari satu tempat ke tempat lain.

[Baca juga: Google akan Matikan Project Tango, Kenapa?]

Mengutip dari laman BGR, teknik yang digunakan Alphabet untuk mengirimkan internet ini dengan menggunakan laser. Nantinya, sistem laser ini akan mengirim data ke jutaan pengguna secara langsung menggunakan konektifitas point-to-point laser.

Sistem ini dikatakan akan melibatkan 2.000 kotak penerimaan dan pengirim sinyal, yang akan dipasang di radius 12 mil per kotaknya. Nantinya, sebuah sistem optik khusus akan menyambungkan keseluruhan kotak tersebut untuk mengirimkan internet.

Dari sini, Alphabet akan membuat tower seluler dan WiFi hotspot. Di sinilah, para pelanggan dapat menggunakan WiFi di perangkat smartphone atau perangkat lain untuk tersambung dengan internet.

[Baca juga: Gunakan AI, NASA dan Google Temukan Planet Baru]

Untuk kecepatannya sendiri, Alphabet mengaku bahwa kecepatan internet yang dapat dirasakan oleh pelanggannya hingga 20 gigabit. Kecepatan ini jauh lebih kencang dari pada sistem radio-wave tradisional.

Proyek ini merupakan salah satu bagian dari Project Loon yang direncanakan Alphabet. Project Loon sendiri merupakan sebuah proyek balon internet yang sudah digelar oleh Google beberapa tahun yang lalu di sejumlah negara. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here