HomePod, Speaker Pintar untuk Asisten Rumah

Telset.id, Jakarta – Salah satu perangkat yang paling banyak dicari untuk melengkapi perlengkapan rumah adalah perangkat IoT berbentuk speaker. Melihat tren ini, dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2017 Apple untuk pertama kalinya meluncurkan perangkat speaker pintar bernama “HomePod”.

Dilansir dari laman Ubergizmo, perangkat ini sendiri memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki perangkat speaker IoT lainnya, yakni hadirnya asisten pribadi digital milik Apple yakni Siri.

 

Jadi, seperti halnya dengan speaker pintar lain, Apple membekali HomePod dengan prosesor A8 seperti yang disematkan pada iPhone. Canggihnya, speaker ini bisa mendeteksi ukuran dan dimensi ruangan. Dengan kemampuan itu, HomePod akan secara otomatis bisa mengatur audio berdasarkan ruangan tempat pengguna berada.

Fitur lainnya, HomePod juga mendukung AirPlay 2 yang baru diluncurkan Apple di WWDC 2017. Selain itu, speaker pintar ini terintegrasi dengan Apple Music, sehingga pengguna dapat mengakses koleksi lagu di layanan streaming musik Apple itu secara wireless.

Speaker ini memiliki enam microphone yang diletakkan pada sekeliling bodinya. Dengan begitu, perangkat ini bisa mengakses Siri untuk melakukan berbagai perintah. Pengguna tinggal mengatakan “Hey Siri”, selanjutnya bisa mengatakan perintah yang ingin dilakukan asisten digital tersebut.

Saat Siri diaktifkan, maka akan muncul gelombang warna di bagian atas HomePod, mirip seperti lampu LED pada Amazon Echo. Namun bedanya, Apple melengkapi speaker pintarnya dengan kontrol sentuh.

Kecanggihan lainnya adalah HomePod dapat berfungsi sebagai asisten rumah. Pengguna bisa memerintah Siri untuk menanyakan pengkonversian, berita, cuaca, lalu lintas, olahraga, membuat pengingat dan lainnya. Pengguna juga dapat mengirimkan iMessage dari speaker canggih ini, dan juga pengontrolan perangkat HomeKit dari jarak jauh.

Dengan semua kecanggihan tersebut, berapa Apple akan mematok harga HomePod? Ternyata tidak terlalu mahal, karena Apple hanya membanderol HomePod seharga USD 349 atau sekitar Rp 4,6 juta. Ada dua varian warna yang disiapkan, yakni hitam dan putih.

Speaker IoT pertama Apple ini akan mulai dipasarkan pada Desember mendatang di Amerika Serikat, Inggris dan Australia. Selanjutnya pada awal tahun depan, HomePod akan mulai dipasarkan secara global. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI