Kaus Kaki Pintar Ini Bisa Deteksi Luka di Kaki

Telset.id, Jakarta – Sepasang kaus kaki pintar diciptakan Siren Care baru-baru ini. Seperti sifatnya yang pintar, kaus kaki ini akan menggunakan sensor untuk mendeteksi suhu peradangan yang menyebabkan cedera pada penderita diabetes. Kaus kaki ini, seperti diwartakan Techcrunch, Minggu (27/11/2016), akan bekerja secara realtime.

Penciptaan kaus kaki pintar ini bermula ketika co-founder Siren Care, Ran Ma, berupaya untuk mengembangkan biomass untuk menumbuhkan kembali kulit yang telah rusak. Saat itu, di Northwestern University, ia mulai belajar untuk mengobati kaki yang terkena diabetes dan berpikir untuk membuat sebuah wearable yang bisa melacak dan mencegah cedera.

Di antara permasalahan yang mungkin menimpa kaki baik pasien diabetes tipe 1 maupun tipe 2, kaki bengkak adalah yang paling rentan dan ini dapat menyebabkan beberapa masalah serius seperti infeksi atau amputasi kaki jika tidak diperiksa. Oleh karenanya, deteksi dini dianggap sangat penting untuk mencegah komplikasi serius dan Ma serta rekannya, Veronica Tran percaya sensor built-in adalah kuncinya.

Kaus kaki Siren ini sendiri sebenarnya bukan wearable pertama yang dapat digunakan untuk mendeteksi cedera kaki pada penderita diabetes. Sebelumnya, ada juga SurroSense Rx, sepasang sepatu nirkabel yang juga didesain untuk tujuan yang sama. Namun kaus kaki bagaimanapun lebih dekat ke kulit ketimbang sepatu.

Di kaus kaki Siren, sensor ditenun menjadi kain kaus kaki untuk mendeteksi bila ada peradangan. Semua informasi ini kemudian diunggah ke sebuah aplikasi pada smartphone untuk mengingatkan pengguna jika ada luka atau semacamnya.

Semua data disimpan di kaus kaki, di aplikasi dan di awan dan ketika kaus kaki mendeteksi perbedaan suhu yang tinggi – yang berarti ada semacam cedera di kaki – aplikasi akan mengirimkan peringatan untuk memeriksa kaki Anda.

“Ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti tali sepatu yang masuk ke dalam sepatu dan Anda tidak merasakannya dan Anda bisa cedera karena itu,” kata Ma.

siren-care-package-small

Menariknya, meskipun ini adalah perangkat wearable, namun Anda tidak perlu melakukan pengisian atau mentenagai kaus kaki. Setiap kaus kaki dilengkapi dengan baterai yang dibangun penuh untuk bertahan selama enam bulan. Siren mengatakan kaus kaki ini hanya “aktif” saat Anda mengenakannya dan beralih ke mode tidur nyenyak setelah Anda melepaskannya. Kaus kaki ini juga bisa dicuci dengan mesin dan dibuat untuk bertahan setidaknya enam bulan untuk dipakai.

Ke depannya, Siren juga berharap akan bisa memadukan beragam sensor dan peralatan elektronik, mulai dari sensor kelembaban, sensor tekanan, sensor cahaya, LED, RFID, MCU, BLE, dan lain-lain.

Saat ini, kaus kaki Siren sudah bisa dipesan dengan harga USD 120 atau sekitar Rp 1.5 juta, dengan isi tujuh pasang dalam satu kemasan. [IF]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here