XL Kebut Perluasan Layanan 3G di 350 Kota

Telset.id, Jakarta – Sejak dilakukan implementasi pada awal Oktober 2016 lalu, dalam waktu relatif singkat, layanan 3G milik XL telah menjangkau sekitar 350 kota dan kabupaten di berbagai wilayah di Tanah Air.

Peningkatan jangkauan layanan 3G XL ini sangat sigifikan, yakni dari sebelumnya sekitar 40 kota menjadi 350 kota, atau meningkat hingga 6 kali lipat. Upaya XL memperluas layanan 3G secara cepat ini untuk bisa segera memenuhi target penyediaan infrastruktur pita lebar yang ada di dalam Indonesia Broadband Plan (IBP).

Menurut Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya mengatakan, perluasan jangkauan wilayah layanan 3G ini merupakan upaya XL untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan. Dengan adanya layanan 3G berkecepatan tinggi, berarti akses ke internet dan layanan data menjadi lebih lancar.

“Kita sudah pahami bersama manfaat akses Internet dan data untuk peningkatan kinerja dan produktivitas, yang pada ujungnya berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Kini pelanggan XL di pelosok-pelosok daerah bisa lancar mengakses internet,” ujarnya.

Yessie menambahkan, perluasan layanan 3G berkecepatan tinggi ini akan terus dilakukan. “Akan menyusul selanjutnya sekitar 150 kota-kota dan kabupaten lainnya hingga akhir tahun ini,” ungkapnya.

Upaya perluasan layanan 3G ini, menurut Yessie, juga seiring dengan implementasi layanan 4G yang juga juga terus meluas. Dengan perluasan layanan 3G, berarti akan semakin banyak pula pelanggan XL kini beralih dari layanan 2G ke layanan 3G.

“Mereka (pelanggan XL) akan semakin siap untuk selanjutnya meningkat ke layanan 4G di masa mendatang. Apalagi, penetrasi layanan 4G juga cukup massif hingga ke kota-kota kecil,” imbuhnya.

Dia menerangkan, XL terus meningkatkan kualitas jaringan di semua wilayah layanan, baik dengan memperluas ke daerah baru, maupun dengan meningkatkan kapasitas jaringan yang sudah ada.

“Perluasan layanan 3G berkecepatan tinggi ini tidak hanya di Jawa, tetap juga di luar Jawa. XL memberikan perhatian khusus pada pembangunan infrastruktur yang akan memangkas kesenjangan kemajuan antardaerah,” terang Yessie.

Untuk itu, XL menambahkan kapasitas transport dan backbone antarpulau untuk memastikan penambahan trafik di area 3G akan dapat terhubung dengan baik dengan area lainnya.

Pada tahap awal, hingga saat ini, layanan 3G berkecepatan tinggi ini didukung oleh lebih dari 11.000 BTS 3G baru yang telah dibangun dan akan terus bertambah ke depannya.[HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI