Cara Menghapus Password Dokumen PDF

Telset.id – Sangat sederhana untuk memberikan password pada dokumen PDF. Password dapat diberikan dengan menggunakan Adobe PDF atau aplikasi pihak ketiga lainnya. Namun, meskipun Anda dapat dengan mudah memberikan password menggunakan beberapa aplikasi, namun saat Anda ingin menghapus password tersebut agar dapat diakses oleh orang lain adalah suatu hal yang cukup membuat frustasi.

Untungnya, terdapat banyak aplikasi pihak ketiga seperti Free PDF Password Remover yang memungkinkan kita untuk menghapus Owner Password dan User Password dari PDF. Ada dua istilah di sini yaitu:

Owner Password: dikenal juga sebagai Change permissions password yang merupakan istilah dari password yang digunakan oleh sang pemilik untuk membatasi fitur editing PDF seperti menyalin, mencetak, komentar, dan lainnya.

User Password: merupakan istilah untuk password yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses password yang memproteksi data PDF.

Namun, aplikasi ini akan meminta Anda untuk memberikan user password tersebut ketika password yang disematkan dalam PDF terlalu kuat tingkat enkripsinya, seperti AES 128 atau AES 256. Jika PDF hanya diproteksi dengan password yang menggunakan aplikasi pihak ketiga atau memiliki user password, maka seharusnya semua jenis proteksi keamanan dapat dihapus dengan beberapa klik saja.

Tim Telset.id akan memberikan cara bagaimana menghapus Owner Password dan bahkan User Password jika memungkinkan.

Hapus Password PDF dengan Adobe Acrobat XI

Cara yang resmi untuk menghapus password PDF adalah menggunakan aplikasi dari Adobe yaitu Adobe Acrobat Pro. Aplikasi ini berbayar namun Anda dapat dengan gratis menggunakannya selama 30 hari. Dengan aplikasi ini, Anda dengan mudah dapat menghapus password tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga manapun.

Ketika sudah menggunakannya, klik tombol Secure pada halaman utama dan klik Remove Security.

remove-pdf-password (1)

Anda akan diminta untuk memberikan password, cukup masukkan password dan tekan OK untuk menghapus password. Setelah dihapus, Anda harus menyimpan dokumen tersebut, jika tidak, perubahan tidak akan disimpan termasuk password yang dihapus.

Hapus dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Adobe menghapus proteksi password dengan sangat baik, namun hanya dapat digunakan selama 30 hari saja (berbayar) serta pengguna diharuskan untuk memasukkan password meskipun dokumen PDF tidak terenkripsi. Ada aplikasi pihak ketiga yang lebih powerfull ketimbang Adobe Acrobat Pro, misalnya seperti Free PDF Password Remover yang dibuat oleh 4dots Software. Aplikasi ini sepenuhnya gratis dan sangat membantu kita untuk menanggulangi masalah ini.

Unduh programnya dan ketika proses install, pastikan Anda mengecek opsi Integrate with Windows Explorer, jika ingin menambahkan opsi Add file di menu aplikasi.

Untuk menambah data, klik Add File atau Add Folder, tergantung apakah Anda ingin menambahkan file atau pilih seluruh folder yang berisi PDF yang di password. Tambahkan data yang diinginkan dan klik Open pada halaman windows explorer.

remove-pdf-password (1)

remove-pdf-password (2)

Ketika data ditambahkan, Anda perlu juga mengatur folder untuk menyimpan data ini. Klik tombol Browse yang berada tepat di bawah tulisan Output Folder dan tentukan folder manakah yang nantinya menjadi tempat dari data yang sudah di hapus passwordnya.

remove-pdf-password (3)

Selanjutnya adalah klik Remove Passwords untuk menghapusnya. Jika data tidak terenkripsi, password akan langsung terhapus (owner dan user password). Tergantung pilihan Anda, apakah akan dijadikan sebuah data baru, atau menimpah data yang lama.

remove-pdf-password (4)

Namun, jika data terenkripsi, Anda akan diminta untuk memasukkan user password. Masukkan saja passwordnya dan klik  OK.

remove-pdf-password (5)

Data yang baru saat ini sudah tidak memiliki password dan tentunya dapat diakses oleh semua orang. Anda dapat menambah data dengan hanya drag ke halaman utama. Ada jalan lainnya yakni dengan klik kanan di data PDF yang diinginkan utnuk dihapus passwordnya dengan klik Remove PDF Password.

remove-pdf-password (6)

Hapus dengan Aplikasi Berbasis Web

Terdapat banyak sekali aplikasi berbasis web yang berguna untuk menghapus password PDF. Memang dalam segi keamanan sangat kurang, karena mereka memiliki salinan dari data yang Anda unggah ketika proses penghapusan password. Jadi, kami sangat tidak merekomendasikan cara ini untuk dokumen yang bersifat sangat rahasia atau sensitif.

Di sini, kami menggunakan situs Smallpdf’s Unlock PDF. Situs ini sangat mudah untuk digunakan dan tidak perlu mendaftar dulu untuk memulainya. Sama halnya dengan metode sebelumnya, situs ini akan menghapus owner dan user password dari PDF yang tidak terenkripsi atau meminta user password bagi dokumen yang terenkripsi.

Untuk memulainya, tekan tombol Choose File atau Anda dapat langsung mengunggah dokumennya dengan cara drag PDF ke Drop PDF here. sebelum memulai pengunggahan, Anda diharuskan mencentang Pinky Swear terlebih dahulu. Dan klik tombol Unlock PDF.

remove-pdf-password (7)

Jika dokumen PDF tidak terenkripsi, password akan otomatis terhapus dan Anda akan melihat tombol Download untuk mengunduh data baru. Sedangkan untuk yang terenkripsi, Anda diharuskan memasukkan user password untuk menghapus passwordnya. Anda juga dapat mengunduh data tersebut ke Dropbox atau Google Drive.

remove-pdf-password (9)

remove-pdf-password (10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Instagram Sempat Down Pagi Ini, Netizen ‘Curhat’ di Twitter

Telset.id, Jakarta - Instagram tumbang atau down dan tidak berfungsi dengan baik pagi ini, Rabu (08/07/2020). Cukup banyak pengguna...

Bersama Huawei & Ericsson, Indosat Rilis Model Operasi Terbaru

Telset.id, Jakarta - Indosat Ooredoo bersama Huawei dan Ericsson meluncurkan model operasi digital baru secara menyeluruh. Model ini menggabungkan...

6 Teknologi dan Inovasi Terbaru yang Hadir di Oppo Reno Series

Telset.id - Tahun lalu, Oppo membawa seri terbaru bernama "Reno" yang langsung meramaikan segmen smartphone high-end di Indonesia. Oppo Reno Series...

Covid-19, Laba Samsung Naik Berkat Permintaan Chip

Telset.id, Jakarta - Laba Samsung pada kuartal II-2020 naik 23 persen berkat peningkatan permintaan chipset. Performa tersebut mematahkan perkiraan...

Menakjubkan! Ini Foto Terbaik Sepanjang Masa dari Teleskop Hubble

Telset.id, Jakarta - Teleskop Hubble milik NASA berhasil memotret foto terbaik sepanjang masa. Gambar tersebut berupa sebuah galaksi bernama...
- Advertisement -