Pesaing Baru Samsung Galaxy Z Fold3 Diperkenalkan, Vivo X Fold

Telset.id, Jakarta – Vivo X Fold telah melakukan debut resminya sebagai HP layar lipat pertama dari Vivo. Berikut ini spesifikasi dan harga resmi dari Vivo X Fold yang disebut-sebut sebagai pesaing dari Samsung Galaxy Z Fold3 itu.

HP lipat terbaru ini tampil dengan konsep desain yang hampir sama dengan HP lipat Samsung. Smartphone ini memiliki dua layar, layar bagian luar berjenis Super AMOLED berukuran 6,53 inci dan layar bagian dalam seluas 8,03 inci yang bisa dilipat.

Layar bagian dalam ini berjenis LTPO2 AMOLED E5 buatan Samsung. Resolusinya mencapai 1.800 x 2.200 piksel yang sudah mendukung refresh rate adaptif 1Hz – 120Hz dan HDR10+. Panel display bagian luarnya pun dibekali kemampuan yang sama.

Lebih istimewa dari Samsung Galaxy Z Fold3, kedua layarnya sudah disematkan teknologi sensor sidik jari di dalam layarnya. Teknologi ini menggunakan pemindai ultrasonik, bukan optikal.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Z Fold3

Untuk menjaga layar bagian dalam terkena goresan halus, Vivo menggunakan melapisi layar fleksibel X Fold dengan panel ultra thin glass buatan SCHOTT UTG. Dengan spesifikasi layarnya yang menakjubkan, Vivo X Fold bahkan diganjar nilai A+ oleh Display Mate.

Soal engsel yang menjadi bagian terpenting dari sebuah HP layar lipat, smartphone ini mengadopsi desain sayap burung dengan kerangka yang kuat. Berkat desain ini, ponsel akan tertutup sempurna saat dilipat dan bisa dibuka pada sudut antara 60 dan 120 derajat.

Vivo X Fold Ditenagai Snapdragon 8 Gen 1

Spesifikasi Harga HP Lipat Vivo X Fold

Tak seperti Samsung Galaxy Z Fold3 yang masih menggunakan Snapdragon 888, Vivo X Fold ditenagai spesifikasi yang lebih kencang. Prosesor yang digunakannya adalah Snapdragon 8 Gen 1 yang dipasangkan dengan RAM 12 GB.

Memori penyimpanannya begitu luas, yakni 256 GB dan 512 GB. HP terbaru Vivo ini ditopang oleh baterai dengan kapasitas 4.600 mAh yang sudah didukung fast charging 66W, wireless charging 50W, dan reverse wireless charging 10W.

Untuk menjaga agar suhu ponsel tidak naik signifikan, Vivo pun membekali ponsel lipat pertamanya dengan sistem pendingin VC Liquid, lembaran konduktif termal grafit, dan gel konduktif termal. Sistem ini menutupi sebagian besar mainboard dan kompartemen baterai untuk pendinginan yang lebih baik.

Di bagian kamera, vivo X Fold juga memiliki spesifikasi yang lebih canggih. Kamera utamanya menggunakan sensor 50MP Samsung GN5 yang didukung OIS atau optical image stabilization.

Kemudian dipadukan dengan kamera zoom 12MP, kamera periskop 5x optical-zoom, serta kamera ultrawide 48MP. Kamera ini diracik oleh Zeiss untuk meningkatkan kualitas pencitraannya.

Baca juga: Daftar HP Lipat Canggih 2022

Sementara untuk fitur, Zeiss menyumbangkan fitur Texture Portrait, Motion Capture 3.0, Zeiss Super Night Scene, Zeiss Nature Color, dan lainnya. Untuk kamera selfie, tersedia dua kamera depan di bagian luar dan dalam.

Dibekali dengan layar yang luas, fitur multitasking dimaksimalkan pada ponsel ini. Pengguna dimungkinkan untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan pada layar utama. Di saat yang sama, pengguna bisa membuka aplikasi di jendela yang mengambang di bagian atasnya.

Lantas, bagaimana dengan banderolnya? Vivo X Fold dijual di China dengan harga 8.999 Yuan atau Rp 20,3 jutaan untuk model 12/256 GB dan 9.999 Yuan atau setara Rp 22,3 jutaan untuk versi 12/512 GB. Ponsel ini tersedia dalam pilihan warna Black, Blue, dan Grey. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0