BlackBerry Banting Setir ke Android?

BlackBerry 10 SliderJAKARTA – Kedengarannya memang sedikit aneh, BlackBerry akan meluncurkan smartphone dengan Android OS. Tapi begitulah menurut kabar yang beredar, bahwa perusahaan asal Kanada itu tengah bersiap untuk meluncurkan smartphone Android pertama mereka.

Kabar ini pertama kali didapat Re/Code dari sumber di BlackBerry. Menurut sumber tersebut, BlackBerry siap merilis smartphone Android dalam beberapa bulan ke depan, tepatnya sekitar bulan September-November.

Smartphone Android tersebut disebutkan akan mengusung model slide dan pernah dipamerkan di ajang MWC 2015 di Barcelona beberapa bulan lalu. Jika merujuk pada pemberitaan sebelumnya, maka smartphone yang dimaksud adalah Blackberry 10 Slider.

Kabar ini cukup mengejutkan, karena sebelumnya smartphone tersebut dikabarkan memakai OS BlackBerry 10. Yang tak kalah mengejutkan lagi adalah keputusan BlackBerry untuk menggunakan Android.

Meski beberapa tahun belakangan penjualan handset BlackBerry terbilang lesu, namun hal itu tidak lantas membuat BlackBerry inferior dengan sistem operasi buatan mereka sendiri. Bahkan, selama ini BlackBerry selalu membanggakan diri sebagai OS paling aman di dunia. Lantas kenapa BlackBerry ingin merilis smartphone Android?

Dari isu yang berkembang menyebutkan bahwa hal itu terkait dengan rencana BlackBerry yang ingin mempromosikan BES12, software solusi manajemen smartphone dari BlackBerry.

Seperti dilansir Phone Arena, BlackBerry disebutkan sedang berupaya ingin meyakinkan konsumennya, khususnya perusahaan dan pemerintah, bila BES12 bisa dijalankan dengan sempurna di banyak platform, termasuk Android.

Alasan ini cukup masuk akal, karena seperti telah diketahui sebelumnya, bahwa BlackBerry saat ini ingin lebih fokus ke pengembangan software dan aplikasi, ketimbang jualan handset yang belakangan sudah tidak menguntungkan bagi perusahaan.

Selain BES12 yang ditujukan untuk konsumen enterprise/ perusahaan, BlackBerry juga sedang getol mengembangkan aplikasi BlackBerry Messenger. Aplikasi instant messenger ini cukup sukses saat dirilis untuk Android dan iOS.

Namun semua ini baru sebatas rumor. Pihak BlackBerry hingga saat ini belum memberikan konfirmasi soal kabar yang menyebutkan mereka akan meluncurkan smartphone Android. Kita tunggu saja perkembangan kabar selanjutnya. [HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI