50% dari 95 Ribu BTS Telkomsel Sudah 3G

Telkomsel COMBAT mobile BTSDENPASAR –  Layanan Data diperkirakan akan melonjak naik antara 20%-25% menembus 1,6 juta Giga Byte  pada masa Ramadhan dan Lebaran nanti. Telkomsel mengaku jaringannya siap melayani lonjakkan tersebut dengan meningkatkan kapasitas jaringan Data, dimana saat ini dari 95.000 BTS yang dimiliki Telkomsel, 50% diantaranya merupakan BTS Node B (3G).

Pembangunan base transceiver station (BTS) yang dilakukan Telkomsel sepanjang tahun ini di berbagai daerah di Indonesia diharapkan akan mendukung primanya jaringan selama masa Ramadhan dan Lebaran.

“Hingga saat ini Telkomsel telah memiliki 95.000 BTS di seluruh Indonesia, dimana 50% diantaranya merupakan BTS 3G yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 427 Gbps,” terang Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi di Nusa Dua, Bali, Jumat (5/6/2015).

Dia mengatakan, untuk meningkatkan layanan broadband selama periode Ramadhan dan Lebaran, Telkomsel juga melakukan program True Broadband Experience (TrueBEx) yang akan memberikan pelanggan kenyamanan dalam mengakses layanan data.

“Kami akan fokus melakukan perbaikan kualitas dan kapasitas di titik-titik keramaian karena lonjakan layanan di lokasi-lokasi tersebut cukup tinggi, sehingga perlu diimbangi dengan ketersediaan jaringan yang baik,” ujarnya.

Telkomsel, menurut Sukardi, telah mengidentifikasi sebanyak 781 titik hotspot atau PREMIUM (Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness Areas, dan Massive Areas).

Seperti yang biasa dilakukan di tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut akan diantisipasi dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Di sepanjang jalur utama mudik Sumatera-Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di seluruh Indonesia, telah disediakan kelonggaran sebesar 40%-60%, seperti di Sumatera Selatan dengan kelonggaran kapasitas sebesar 60%, Jawa Barat sebesar 46%, Jawa Tengah sebesar 45%, Jawa Timur sebesar 43% dan Bali sebesar 56%.

Selain itu, di lokasi-lokasi yang mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi, Telkomsel akan memaksimalkan kapasitas dan juga menyiagakan sebanyak 62 unit compact mobile base station (COMBAT) dari total 733 COMBAT yang dimiliki Telkomsel.

“Kami menyiapkan COMBAT untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data di lokasi-lokasi yang padat pengunjung,” jelas Sukardi.

Kesiapan akan layanan data juga termasuk pada layanan Telkomsel 4G LTE, dimana saat ini telah didukung oleh lebih dari 1.000 eNode B (BTS 4G) yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI