Uji Performa Oppo Reno4: Kinerja Mantap dengan Snapdragon 720G

Uji Performa Oppo Reno4

Telset.id – Oppo Reno4 memiliki spesifikasi bertenaga di dalamnya berkat adanya prosesor Snapdragon 720G. Kami pun sangat penasaran tentang bagaimana performa keseluruhan dari Oppo Reno4 ini.

Oppo Reno4 ditenagai oleh prosesor octa-core 2.3GHz Snapdragon 720G (8nm) yang dipadukan dengan GPU Adreno 618. Snapdragon 720G sendiri merupakan prosesor kelas menengah yang punya kinerja andal dengan efisiensi baterai yang bagus.

Menurut Qualcomm, SoC tersebut telah didukung oleh chip AIE atau artificial intelligence engine dari Qualcomm yang bertugas untuk meningkatkan performa saat dibutuhkan, dan tetap menjaga power serendah mungkin untuk menghemat baterai.

Tak cuma itu saja, prosesor ini bisa dibilang sebagai chipset khusus gaming. Bagaimana tidak, terdapat fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming yang memberikan pengalaman grafis tinggi dan smooth kepada pengguna.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Prosesor Snapdragon 720G di Oppo Reno4 dikombinasikan dengan RAM 8GB LPDDR4X, storage 128GB yang bisa diperluas menggunakan microSD hingga 256GB, serta baterai 4.015 mAh yang didukung VOOC 4.0 30W.

Uji Performa Oppo Reno4

Dalam uji performa Oppo Reno4, kami menggunakan tiga aplikasi benchmark, yaitu AnTuTu Benchmark, PCMark, dan 3DMark. Selain itu, kami menguji performa smartphone ini dengan kondisi menggunakan mode “High Performance”.

Mode tersebut bisa ditemukan di pengaturan, dan pilih BatteryScroll ke bawah, lalu pilih High Performance Mode. Tapi perlu diingat, ketika mode ini diaktifkan, konsumsi baterai akan jauh lebih boros dibandingkan mode normal.

{Baca juga: Oppo Reno4: Ponsel Menawan dengan Spesifikasi Andal}

AnTuTu Benchmark

Meski menggunakan Snapdragon 720G yang masuk ke kategori SoC kelas menengah, namun skor benchmark dari Oppo Reno4 terbilang tinggi. Smartphone ini memperoleh skor 283 ribuan poin.

Uji Performa Oppo Reno4

Berdasarkan menu ranking di aplikasi, perolehan benchmark Oppo Reno4 lebih baik dari Redmi Note 9 Pro (278.970), Huawei P20 Pro (274.240), sampai Mi Note 10 (270.241). Namun, skornya masih kalah dari Realme 6 Pro (284.955) sampai Redmi Note 8 Pro (291.237).

3DMark

Performa GPU dari Oppo Reno4 pun sudah mumpuni. Berdasarkan penilaian dari 3DMark, smartphone ini memperoleh skor 3.585 poin untuk pengujian Sling Shot, 2.546 poin untuk Sling Shot Extreme OpenGL ES 3.0, dan 2.358 poin untuk Vulkan.

Dari menu komparasi yang ada di 3DMark, performa grafis Oppo Reno4 dalam pengujian Sling Shot dinilai lebih baik dari beberapa seri smartphone flagship yang sudah meluncur, seperti Huawei P30 yang menggunakan prosesor Kirin 980.

Uji Performa Oppo Reno4

PCMark

Menurut benchmark yang diberikan PCMark, Oppo Reno4 punya kemampuan yang bagus untuk urusan multitasking maupun pekerjaan normal, seperti chattingbrowsinglive streaming, dan lainnya.

Smartphone tersebut memperoleh skor 9.773 poin. Perolehan benchmark ini pun memang terbukti, karena selama kami menggunakan Reno4 sebagai daily driver, ponsel ini memudahkan kami menjalankan lebih dari satu aplikasi bergantian atau dua aplikasi bersamaan.

Gaming Test Oppo Reno4

Sebelumnya, kami sempat melakukan gaming test di Oppo Reno4. Secara overall, ketiga game bisa dimainkan dengan lancar dan tanpa kendala. COD Mobile dan Mobile Legends bisa dimainkan dengan grafis tertinggi dan konsisten di 55 – 60 FPS.

Akan tetapi, PUBG Mobile hanya sanggup berjalan di 30 FPS saja ketika kami mengaturnya dengan grafis “rata kanan”. FPS meningkat ke angka 40 – 45 saat kami menurunkan grafis Smooth dengan frame rate Very High.

{Baca juga: Gaming Test Oppo Reno4: 60 FPS di Grafis “Rata Kanan”}

Performa yang bagus didukung juga dengan kualitas layar yang mantap. Oppo Reno4 dibekali layar berukuran 6,4 inci berjenis AMOLED dengan resolusi Full HD+ dan rasio cinematic 20 : 9.

Selain itu, berkat ukuran body-nya yang ringan dan tipis dan ukuran layar yang pas, kami dibuat nyaman olehnya ketika bermain game dalam waktu yang cukup lama.

Sekadar informasi, berat Reno4 sekitar 165 gram dengan ketebalan 7.7 mm. Ukurannya membuat ponsel nyaman digunakan, termasuk saat dipakai untuk main game. (MF)

Previous articleGaming Test Oppo Reno4: 60 FPS di Grafis “Rata Kanan”
Next articleSetelah 35 Tahun, Toshiba Mundur dari Bisnis Laptop

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here