Oppo Reno4: Ponsel Menawan dengan Spesifikasi Andal

Spesifikasi Oppo Reno4

Telset.id – Oppo Reno4 telah resmi diperkenalkan ke hadapan publik Indonesia. Oppo merancang Reno4 dengan desain yang terlihat menawan, dan juga telah disematkan spesifikasi andal sebagai daya tarik utamanya.

Di Indonesia, Oppo Reno4 dibanderol dengan harga yang “Reno banget”. Yup! Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 4 jutaan, tepatnya Rp 4,9 juta saja.

Harga yang kurang lebih sama dengan seri-seri terdahulu yang telah beredar di Indonesia. Menarik? Itu tergantung persepsi masing-masing konsumen memang. Namun, dengan harga Rp 4,9 jutaan, Oppo Reno4 “membalasnya” dengan banyak fitur, teknologi, dan hal baru untuk konsumen.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Nah, tentu Anda penasaran, seperti apa sebenarnya ponsel terbaru Oppo ini. Oleh karenanya, tim Telset.id akan memberikan ulasan singkat perihal desain, spesifikasi, dan kamera dari Oppo Reno4 dalam preview kali ini. Yuk simak!

Desain

Spesifikasi Oppo Reno4

Lewat Reno4, Oppo sepertinya mengerti dengan masalah yang selama ini dihadapi pengguna smartphone dengan ukuran layar besar di atas 6 inci, yakni bobot yang berat dengan body cukup tebal.

Ya, makin banyaknya fitur, teknologi, serta spesifikasi yang disematkan pada sebuah smartphone, tentu saja berdampak pada berat dan ketebalan dari ponsel itu sendiri. Contoh konkretnya, makin besar kapasitas baterai, biasanya berimbas pada ketebalan dan bobot dari smartphone.

Namun tidak dengan Oppo Reno4. Meski mengusung layar besar dan ditenagai baterai berkapasitas besar pula, smartphone ini tetap tampil ramping dan nyaman untuk digenggam menggunakan satu tangan.

{Baca juga: Jajaran Oppo Reno Edisi Spesial yang Beredar di Indonesia}

Berat Oppo Reno4 sekitar 165 gram dengan ketebalan 7.7 mm. Ukurannya membuat ponsel nyaman digunakan, dikantongi, dan dibawa kemana-mana. Tim R&D Oppo rupanya telah berusaha keras untuk merancang smartphone ini agar memiliki desain yang ergonomis. 

Oppo Reno4 sendiri dibekali layar berukuran besar, tepatnya 6,4 inci berjenis AMOLED dengan resolusi Full HD+. Layarnya punya rasio cinematic 20 : 9, dilapisi Gorilla Glass 5, dan telah mendukung sensor sidik jari dengan respon yang cepat. 

Berbicara sedikit soal sistem keamanan biometrik, sensor sidik jari bernama “Hidden Fingerprint Unlock 3.0” itu punya ketebalan sekitar 0,27mm saja. 

Rasio layar terhadap body makin maksimal karena Oppo merancang bagian depan Reno4 dengan bezel yang tipis di tiap sisinya. Apalagi, terdapat punch-hole atau lubang kamera berukuran kecil, bahkan lebih kecil dari seri Reno3 Pro. 

Kesan yang berkarakter begitu ditonjolkan pada bagian belakangnya. Oppo Reno4 tampil dengan desain yang futuristik dan modern. Berlapis kaca Gorilla Glass 3, Oppo melapisinya dengan warna yang keren dan terlihat elegan.

Spesifikasi Oppo Reno4

Ada dua pilihan warna dari Oppo Reno4, salah satunya adalah Galactic Blue. Warna ini terbilang spesial, karena Oppo menggunakan teknik bernama “Reno Glow” yang memberikan tekstur matte dengan detail kilauan halus yang menyajikan nuansa lebih premium.

{Baca juga: Oppo Reno4 Punya Dua Warna Futuristik, Begini Tampangnya}

Galactic Blue menampilkan warna biru tua yang dikombinasikan dengan adanya monogram logo Oppo di bagian bawah body. Ketika terkena paparan sinar cahaya yang pas, warna dan logo Oppo langsung keluar, dan bikin Reno4 terlihat lebih premium.

Di bagian bawah, terdapat jack audio 3,5mm, port USB-C, mikrofon, dan juga speaker. Ke bagian kiri, terdapat tombol volume yang bersanding dengan slot dual SIM + microSD. Sementara ke kanan, ada tombol power. Dan di bagian atas, hanya ada mikrofon saja.

Spesifikasi Oppo Reno4

Oppo Reno4 mengusung spesifikasi mumpuni yang diyakini dapat menemani segala aktivitas digital para penggunanya sehari-hari. Ponsel satu ini ditenagai oleh prosesor octa-core 2.3GHz Snapdragon 720G (8nm) yang dipadukan dengan GPU Adreno 618. 

Smartphone ini mengusung RAM 8GB LPDDR4X, storage 128GB yang bisa diperluas menggunakan microSD hingga 256GB, serta baterai 4.015 mAh yang didukung VOOC 4.0 30W. Lewat VOOC terbaru, Oppo mengklaim batera Reno4 bisa terisi penuh dalam waktu kurang dari 60 menit.

Untuk sistem operasi, Oppo Reno4 telah berjalan di ColorOS 7 terbaru berbasis Android 10. Di sistem operasi ini disematkan sejumlah fitur canggih, salah satunya adalah Oppo Lab yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama dengan tim R&D Oppo dalam mengembangkan fitur-fitur baru.

Oppo Lab nantinya akan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mencoba fitur baru. Selain itu, pengguna juga bisa mengirimkan feedback untuk meningkatkan kualitas dari fitur terkait.

Ada fitur lain yang kami rasa menarik pada ColorOS 7, yakni AI App Preloading. Fitur tersebut akan memprediksi aplikasi apa saja yang akan dijalankan kembali oleh pengguna. Sehingga, aplikasi akan lebih cepat dan smooth ketika dijalankan. 

{Baca juga: Bikin Video Berkualitas Lewat Fitur Kamera Oppo Reno4 Ini}

Khusus gamers, ada dua fitur yang bisa meningkatkan pengalaman gaming, yaitu Game Space dan Quick Return Bubble. Game Space merupakan fitur khusus yang akan meningkatkan performa smartphone saat pengguna bermain game. Juga, bertugas untuk meningkatkan experience gaming dari pengguna sendiri.

Sementara Quick Return Bubble, adalah fitur yang menampilkan informasi dari game yang berjalan di background. Misalnya, ketika pengguna menunggu respawn dalam game, mereka dapat beralih ke aplikasi lain sambil melihat waktu respawn.

Fitur ini baru didukung oleh game Mobile Legends, PUBG Mobile, PUBG Mobile Lite, dan AOV.

Kamera

Spesifikasi Oppo Reno4

Oppo Reno4 dibekali empat kamera belakang dan satu kamera depan, yang dilengkapi juga dengan adanya AON Smart Sensor. Konfigurasinya, lensa utama dengan sensor 48MP, kamera ultrawide 8MP, lensa makro 2MP, dan lensa mono 2MP. Sedangkan kamera depan, beresolusi 32MP. 

Ada beberapa fitur khusus video yang disematkan Oppo pada kamera Reno4. Seluruh fitur tersebut didukung oleh teknologi AI alias artificial intelligence yang mumpuni.

AI Color Portrait Mode misalnya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan perpaduan warna B&W atau hitam putih di latar belakang, dan warna sesungguhnya pada objek utama.

AI Color Portrait Mode pun mampu menampilkan warna yang kontras pada objek utama, sementara di waktu yang sama, latar belakang dibuat monokrom yang membuat video secara keseluruhan terlihat dramatis.

Selanjutnya, ada fitur Monochrome Video. Fitur satu ini memudahkan pengguna untuk membuat video monokrom atau B&W dengan mempertahankan komponen warna RGB (merah, hijau, dan biru).

Oppo pun menyematkan fitur yang berkaitan dengan perekaman video slo-mo. Kamera Oppo Reno4 sudah dibenamkan kemampuan merekam video 960fps Smart Slow Motion.

{Baca juga: Ini 5 Fitur Canggih yang Ada di Kamera Oppo Reno4}

Nah, tak ketinggalan fitur Ultra Steady Video 3.0. Berbeda dengan seri sebelumnya, fitur ini juga berlaku untuk kamera depan. 

Ultra Steady Video 3.0 didukung oleh teknologi EIS atau Electronic Image Stabilization. Dengan ini, pengguna bisa merekam video secara stabil, meskipun tanpa aksesoris tambahan seperti gimbal.

Tadi kami sempat menyebutkan AON Smart Sensor, apa itu? Jadi, AON Smart Sensor merupakan fitur yang dibangun dengan memanfaatkan sensor berdaya rendah dan kombinasi algoritma pengenalan cerdas.

Selain bertugas untuk melindungi privasi pengguna, AON Smart Sensor pun mendukung fitur lainnya, seperti Smart Air Control dan Smart Always On Display.

Berbicara soal privasi, AON Smart Sensor akan mencegah orang lain untuk mengintip jendela notifikasi yang muncul ketika meminjam Oppo Reno4 pengguna. 

Sedangkan Smart Air Control, AON Smart Sensor akan mendeteksi gerakan tangan pengguna. Sehingga, mereka bisa mengoperasikan smartphone tanpa harus menyentuh layar.

Smart Always On Display adalah fitur yang memungkinkan layar untuk terus menyala ketika pengguna menatapnya terus-menerus, sehingga layar tidak akan mati. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here