Smartphone Android Dengan Cita Rasa Musik Premium

Blaupunkt Soundphone Sonido J1Smartphone bernama  Blaupunkt Soundphone Sonido J1 resmi dirilis di Indonesia. Sama seperti pendahulunya yaitu Sondi X1+, ponsel ini menawarkan smartphone dengan kualitas suara diatas rata-rata ponsel Android kebanyakan, oleh karena itulah Blaupunkt berani membanderol produknya cukup mahal. Sayangnya untuk segi spesifikasi hardaware tergolong masih standard, seperti apa? Simak Ulasannya.

Harga Rp 3.949.000Smartphone Android Dengan Cita Rasa Musik Premium

Baca Juga: Rekomendasi HP yang Bagus untuk Merekam Suara

Desain

Kalau dilihat secara desain, Soundphone Sonido J1 tidak memiliki tampilan yang sangat istimewa untuk golongan perangkat dengan harga di atas Rp 3,5 jutaan, meski tampil cukup macho dengan balutan warna hitam dengan bodi yang solid dan tipis.

Perangkat ini juga menggunakan material plastik yang lebih dominan padahal kalau dilihat dari harganya seperti Seri Sony dengan harga yang sama pastinya sudah dibekali dengan bahan dari kaca.

Tetapi yang buat kami naksir perangkat  Soundphone Sonido J1 ini,  tetap menawarkan build quality yang sangat baik dan sangat nyaman ketika digenggam. Headphone BP-102 pun nampak cukup menjanjikan.

Cover belakangnya menggunakan finishing doff. Perlu diingat bahwa biasanya tampilan doff akan membuatnya mudah kotor dan menempel sidik jari. Namun kelebihannya, Soundphone Sonido J1 terasa tidak licin di tangan sehingga tidak perlu khawatir slip atau lepas dari genggaman

Layar

Blaupunkt Soundphone Sonido J1

Berbeda dengan Soundphone Sonido X1+ yang dibekali layar beresolusi Full HD, ponsel ini dibekali layar dengan resolusi dan ukuran lebih kecil, yakni layar TFT 5 inci dengan resolusi HD 1.280 x 720 pixels. Walaupun resolusinya tergolong kecil, bukan berarti harga Blaupunkt Sonido J1 dibanderol murah, karena harganya yang lumayan mahal. Yang seharusnya dengan bandrolan harga segitu sudah menggunakan layar Full HD.

Baca Juga: 10 Aplikasi Musik Terbaik di Android & iOS

Interface

Untuk menjalankan Blaupunkt  menggunakan sistem operasi Android 4.4.2 KitKat. Tidak banyak perubahan yang dilakukan kepada user interface. Kostumisasi pada wallpaper, themes, dan widget tetap dengan mudah dilakukan sesuai keinginan pengguna.

Hardware

Nah, ini yang banyak diperbincangkan banyak para reviewer, lagi-lagi dengan harga yang ditawarkan spesifikasi yang diberikan kurang memuasakan. Akan tetapi Blaupunkt  tidak menjual spesifikasi namun fitur seperti musik. Blaupunkt  menggunakan dapur pacu untuk Sonido J1 MediaTek MT6592 octa-core yang berjalan di kecepatan 1.3 GHz plus GPU Mali-450MP4 sebenarnya cukup untuk ponsel kelas menengah.

Sayangnya, Blaupunkt hanya menyediakan RAM 1GB. Menurut saya ini keputusan yang sulit dimengerti. Di sisi lain, penyimpanan internal 8GB justru nggak masalah karena ada slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan untuk koleksi musik.

Kami bahkan nyobain AnTuTu Benchmark, Buat Anda yang penasaran, Sonido J1 mencetak skor Antutu 30034

Blaupunkt Soundphone Sonido J1

Layanan Streaming

Selain aplikasi khusus Audio Player berkekuatan Blaupunkt, fitur lain yang disematkan adalah aplikasi khusus streaming untuk 8 channels MNC group. Sehingga pengguna Soundphone J1 dapat menikmati channel RCTI, MNC TV, Global TV, iNEWS, MNC Infotainment, MNC Music, MNC News dan MNC Shop dengan pilihan resolusi yang dikehendaki oleh pengguna kapan pun dan dimana pun dengan cepat.

Blaupunkt Soundphone Sonido J1

Baterai

Blaupunkt Soundphone Sonido J1

Blaupunk Soundphone Sonido J1 menggunakan baterai removable. Anda juga dapat mencopot baterainya. Dengan begitu, jika ada kerusakan baterai, Anda dapat menggantinya dengan mudah. Sayangnya, kapasitas baterai yang dimilikinya tidak terlalu besar, hanya 2.100 mAh.

Musik

Blaupunkt Soundphone Sonido J1

Ini satu-satunya yang kami rasakan sebagai fitur yang sangat diandalkan yakni musik. Disebut sebagai Soundphone, sehingga tidak ada salahnya kami mengharapkan sesuatu yang berbeda pada kemampuan pemutar musiknya dari Sonido J1, khususnya untuk urusan audio. Smartphone ini dibekali fitur menarik bernama Blaupunkt Audio Technology, sebuah audio player khusus yang diklaim mampu memberikan 3D sound. Cukup membantu memang karena ketika diaktifkan bisa mengangkat kualitas file audio yang diputar.

Layaknya beberapa aplikasi audio player, Blaupunkt Audio juga mampu mengelompokkan file musik berdasarkan artis, album, judul lagu, maupun playlist. Berbagai format file audio bisa diputar dengan maksimal, yakni WAV, MP3, MP2, AAC, AMR-, MIDI, Vorbis, APE, AAC-puls v1, AAC-plus v2, FLAC, WMA, dan ADPCM.

Aplikasi ini juga mampu mengenali beberapa headphone dari merek ternama, termasuk Blaupunkt BP-102 pastinya, dan menyediakan pengaturan yang pas dengan headphone yang digunakan.

Kami coba memulai sensasi yang ditawarkan dengan mendengarkan musik menggunakan smartphone ini. Saat mencobanya dengan headphone yang dicolokan di smartphone Blaupunkt, kualitas suara yang ditawakan memang bisa dikatakan mantap, kalau dikasih angka 1-10, kami beri angka 8. Dentuman bass terasa begitu kuat membuat musik yang memiliki genre rock, RNB dan disko sangat asik di dengar.

Sebelumnya perlu diketahui untuk mendapatkan suara yang mumpuni dari headphone Blaupunkt, pengguna perlu mengkases musik dari aplikasi bernama Blaupunkt Audio. S

Namun saat mencabut headpone dan mencoba mendengarkan musik menggunakan loudspeaker, suara yang dikeluarkan biasa saja dan terkesan flat, ya sama lah sama perangkat dari brand lain.

Smartphone ini dijual bersamaan dengan Headphone BPA 102. Speaker headphone terbuat dari bahan sejenis plastik dan memiliki desain on ear alias menutupi seluruh telinga. Fitur yang disediakan standar yakni menggunakan kabel jack audio 3,5 mm.

Kamera

Blaupunkt Soundphone Sonido J1

Perangkat ini memang mengandalkan audio sebagai nilai jual utama, Blaupunkt tentunya tak mau mengesampingkan fitur kamera. Apalagi, fitur yang satu ini sering menjadi pertimbangan utama ketika seseorang ingin membeli smartphone Android.

 

Blaupunk Soundphone Sonido J1 ini memiliki kamera 8 megapixel lengkap dengan dukungan LED flash. Sedangkan kamera depan yang dimiliki smartphone ini beresolusi 2 megapixel. Fitur canggih yang ditanamkan pada smartphone ini adalah gesture shot. Jadi pengguna bisa mengambil objek gambar menggunakan beberapa gesture.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0