Review

Review Vivo V21 5G: Kamera Depan Berkualitas untuk Foto dan Video

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id – Vivo V21 5G resmi meluncur di Indonesia dengan menawarkan keunggulan pada kamera depannya. Tetapi sebelum memutuskan membeli, ada baiknya Anda simak dulu review Vivo V21 5G berikut ini.

Smartphone ini merupakan penerus dari seri Vivo V20 yang hadir di Indonesia pada tahun 2020 yang lalu. Kala itu kami mendapatkan impresi yang sangat baik saat melakukan review Vivo V20.

Ekspektasi kami jelas cukup tinggi saat mendapat kesempatan untuk menjajal Vivo V21 5G. Sudah pasti Vivo juga memberikan sejumlah pembaruan yang seharusnya membuat suksesor dari Vivo V20 ini jadi lebih baik.

Jadi apakah Vivo V21 5G ini layak untuk dibeli? Yuk cari tahu lebih lengkapnya melalui artikel review Vivo V21 5G di bawah sini. Enjoy!

Desain Vivo V21 5G

Vivo V21 5G

Seperti biasa, review Vivo V21 5G kita mulai pembahasannya dari bagian desain. Jika dilihat, tidak ada perubahan yang signifikan dari desain Vivo V21 5G dengan Vivo V20.

Desainnya masih sama dibuat dengan finishing matte dan juga frame kamera berbentuk kotak. Noda sidik jari juga masih rentan tertinggal, namun hanya tipis saja sehingga bodi tidak tampak terlalu dekil.

Walaupun menggunakan finishing matte, namun material yang digunakan merupakan glass dan bukan polikarbonat. Tampilannya juga makin mantap berkat sentuhan AG Matte Glass. Tongkrongan smartphone ini jadi keliatan premium dan berkelas.

{Baca Juga: Review Vivo V20: Performa Lumayan, Kamera Memikat}

Pada unit yang kami uji kali ini memiliki balutan warna Dusk Blue. Konon warnanya terinspirasi dari indahnya langit di malam hari. Tersedia juga varian warna lain yaitu Sunset Dazzle.

Ditambah lagi, kami juga suka dengan desainnya yang begitu ramping dan ringan. Membuatnya terasa nyaman dalam genggaman. Menurut Vivo, smartphone ini punya ketebalan 7,39mm dan bobot yang hanya 177 gram saja.

Penggunaan casing masih sangat kami sarankan untuk menghindari ponsel tergelincir dari genggaman. Sebab permukaannya masih terasa sedikit licin di tangan.

Port jack audio 3,5mm harus absen dari ponsel ini. Namun Anda tidak perlu khawatir berlebih, karena Vivo sudah menyertakan dongle USB Type C ke jack audio 3,5mm dalam paket penjualannya.

Layar

Vivo V21 5G

Smartphone baru Vivo ini mengusung layar AMOLED berukuran 6,44 inci beresolusi Full HD+. Pada bagian layarnya juga sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz dan pemindai sidik jari.

Bezelnya tiap sisinya juga dibuat begitu tipis. Menambah kesan elegan dari ponsel. Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi pasti apakan layarnya sudah diproteksi dengan pelindung semisal Gorilla Glass.

Berkat penggunaan layar AMOLED, proyeksi warna yang ditampilkan begitu sedap dipandang. Ditambah lagi refresh rate-nya yang sudah mendukung hingga 90Hz.

Untuk refresh rate-nya sendiri bisa diatur. Pengaturan defaultnya berada di Smart Switch, yang memungkinkan layar untuk mengatur refresh rate sesuai dengan yang skenario penggunaan.

{Baca Juga: 10 HP Vivo Terbaru Juni 2021, Sudah Bisa Internet 5G}

Atau Anda juga bisa memilih untuk menggunakan refresh rate di 60Hz saja untuk konsumsi daya baterai yang lebih awet. Tetapi jiga Anda ingin tampilan yang lebih smooth, Anda tinggal memilih untuk menggunakan pilihan 90Hz.

Tetapi saran kami adalah untuk memilih Smart Switch. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot memilih mana refresh rate yang ingin Anda gunakan.

Vivo juga turut menyertakan fitur eye protection. Selama kami menggunakan ponsel ini dengan fitur eye protection yang aktif, mata memang tidak pernah terasa lelah atau pegal. Meski demikian kami tetap menyarankan untuk selalu membatasi penggunaan smartphone agar tidak terlalu berlebihan.

{Baca Juga: Review Vivo X60 Pro: Kamera Gimbal Bukan Sekadar ‘Gimmick’}

Penggunaan panel AMOLED di Vivo V21 5G tentunya juga memberikan sejumlah kelebihan. Seperti sudah terpasangnya sensor sidik jari di balik layar, yang menurut kami cukup responsif dan cepat ketika membuka kunci layar.

Selain itu, sudah ada juga dukungan Always on Display. Dengan ini Anda bisa memantau jam atau notifikasi yang masuk ke ponsel tanpa perlu membuka kunci layar.

Perlu dicatat, walaupun terus aktif tetapi fitur Always on Display tidak akan menghabiskan baterai Anda. Karena fitur ini menggunakan daya yang sangat kecil.

Spesifikasi Vivo V21 5G dan Performanya

Vivo V21 5G

Sebelum masuk lebih dalam ke spesifikasi dan performa, kami menemukan cukup banyak aplikasi bloatware yang tertanam di ponsel. Kebanyakan aplikasi yang ada sama sekali tidak kami butuhkan.

Untungnya aplikasi bloatware ini bisa dengan mudah dihapus tanpa perlu cara yang ribet. Menu aplikasi ponsel jadi terlihat lebih bersih dan menambahkan ruang ekstra yang sebelumnya terpakai aplikasi bloatware tersebut.

Smartphone ini menggunakan chipset MediaTek Dimensity 800U. Bisa dibilang cukup jarang smartphone yang menggunakan chipset ini. Meski demikian, chipset ini masuk kategori chipset menengah ke atas yang dihadirkan MediaTek. Sehingga kemampuannya tidak bisa dipandang sebelah mata.

{Baca Juga: 6 Fitur Unggulan Vivo V21 5G, Ada Dual Mode 5G!}

Guna mendukung kinerjanya, Vivo juga membenamkan RAM berkapasitas 8 GB dan memori internal 128 GB. Menariknya, di ponsel ini hadir fitur Extended RAM. Fitur ini memungkinkan Anda menambah kapasitas RAM dengan mengambil 3 GB dari memori internal.

Jadi jika dijumlahkan, secara total Anda bisa menggunakan RAM dengan kapasitas 11 GB di Vivo V21 5G. Besaran RAM ini jelas membuat multitasking aplikasi jadi berjalan lebih lancar.

Tetapi menurut kami besaran RAM 8 GB sudah lebih dari cukup. Kami juga tidak mengalami kendala multitasking ketika tidak menggunakan Extended RAM.

Performanya juga sudah kami uji dengan menggunakan sejumlah aplikasi benchmark. Mulai dari AnTuTu Benchmark, PC Mark dan 3D Mark. Berikut hasil benchmark yang kami lakukan di review Vivo V21 5G.

Pada uji menggunakan aplikasi benchmark, smartphone ini berhasil meraih skor sebesar 365.935 poin. Skor yang cukup besar dan seharusnya cukup bisa diandalkan untuk menjalankan tugas sehari-hari dengan performa mumpuni.

Pengujian berlanjut dengan menggunakan aplikasi PC Mark. Pada aplikasi benchmark ini Vivo V21 berhasil membukukan skor sebesar 7.051 poin. 

Terakhir adalah uji menggunakan aplikasi 3D Mark. Pengujian ini berguna untuk mengukur kemampuan grafik di smartphone. Dua mode pengujian kami gunakan, yakni Sling Shot dan Slingshot Extreme.

Mode Sling Shot berhasil meraih skor sebesar 4.331 poin. Sementara pada pengujian di mode Sling Shot Extreme mencatatkan skor 3.259 poin.

Walaupun keunggulan utamanya pada sektor kamera, namun kami juga tak ketinggalan mencoba kemampuannya untuk bermain game. 

Kami memainkan game PUBG Mobile dengan sangat lancar dan nyaman di pengaturan grafik HD dan frame rate High. Sensor gyroscope-nya juga bekerja sangat baik untuk membantu membidik lawan dengan sangat mudah.

Meski secara dimensi memiliki bodi yang cukup ramping, namun kami tidak merasakan panas berlebih ketika memaksanya memainkan game dalam durasi yang cukup lama.

Baterai

Vivo V21 5G dibekali baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Kapasitasnya terbilang wajar, karena desain bodinya yang tipis dan juga ringan. Jika kapasitas baterainya diperbesar, tentu ketebalan dan bobotnya akan semakin membengkak.

Meski “cuma” 4.000 mAh, bukan berarti baterainya tidak bisa menopang ponsel hingga seharian penuh. Saat kami coba tes dengan aplikasi PC Mark menggunakan mode battery life, hasilnya Vivo V21 5G menghasilkan screen on time selama 18 jam 34 menit.

Tentunya ini sudah sangat cukup untuk menemani aktivitas selama seharian penuh hanya dengan sekali pengisian daya. Namun kemungkinan baterainya akan semakin boros saat nantinya menjalankan jaringan internet 5G.

Sementara untuk pengisian dayanya sendiri menggunakan teknologi FlashCharge 2.0. Hasilnya, pengisian daya dari 2% sampai 100% menghabiskan waktu sekitar satu jam lebih, yang mana menurut kami durasinya lumayan cepat.

Kamera

Vivo V21 5G

Masuk ke sektor fotografi, di atas kerta bagian kamera depannya tampil superior berkat adanya sensor beresolusi 44 MP. Tidak cuma resolusinya yang besar, Vivo juga membenamkan fitur tambahan berupa OIS dan auto focus.

Hasil foto selfienya menurut kami cukup tajam. Mengunci fokus objek juga bisa dilakukan dengan sangat baik. Meski resolusi yang dihasilkan cukup tinggi, tetapi skon tone-nya masih terlihat kurang natural.

Menariknya lagi, hasil foto juga tetap optimal meski diambil dalam kondisi pencahayaan minim. Ditambah lagi, Vivo menyertakan dua lampu LED flash yang disebut Selfie Spotlight. Menurut kami fitur ini bisa memberikan cahaya ekstra yang cukup halus ketika berselfie.

{Baca Juga: Tips Ambil Foto Selfie di Malam Hari dengan Vivo V21 5G}

Tersedia juga filter-filter bawaan yang bisa digunakan. Filter yang tersedia juga cukup banyak untuk menambah kreasi saat mengambil foto.

Sementara untuk perekaman video, kami cukup puas dengan kinerja kamera depan yang dimiliki Vivo V21 5G. Kontras warna yang dihasilkan cukup baik, sesuai dengan warna aslinya. Resolusinya juga tajam dan stabil berkat adanya dukungan OIS.

Namun saat mengaktifkan mode stabilization, rasio videonya jadi lebih sempit sehingga Anda perlu penyesuaian ketika menggunakan mode ini. Resolusi video maksimal yang bisa diambil 4K di 30 fps.

Ada juga fitur unik yang bisa Anda coba, seperti Dual View Video yang bisa mengaktifkan kamera depan dan belakang sekaligus. Hanya saja kami menemukan bahwa hasil video di mode ini terlihat kurang smooth.

Overall, hasil foto dan video dari kamera depan menurut kami cukup memuaskan. Sangat cocok untuk Anda yang suka selfie atau membuat vlog langsung dari smartphone.

Selfie di Outdoor
Selfie di Ruangan Minim Cahaya dengan Bantuan Selfie Spotlight

Bergeser ke kamera belakang, Vivo V21 5G memiliki komposisi kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 8 MP dan juga kamera makro 2 MP. Pada bagian belakang ini juga memiliki teknologi OIS.

Jepretan kamera utamanya mampu menghasilkan warna yang cukup akurat dengan aslinya. Kontras warnanya juga cukup oke. Kinerja fitur HDR-nya bisa membuat kamera bisa mengabadikan detail objek dengan lebih optimal.

Sayang kualitasnya agak menurun di kamera ultra wide. Kontras warna yang dihasilkan terlihat tidak sebaik kamera utamanya. Walaupun sudut pandang yang Anda dapat juga jadi lebih luas.

Sementara untuk portrait juga sudah mampu membedakan subjek di depan dengan layar belakang dengan sangat baik, yang bikin foto-foto bokeh makin ciamik.

Terselip juga Night Mode yang memerlukan waktu shutter sekitar 2 detik. Tetapi hasilnya lumayan, noise bisa diredam dan hasilnya terlihat cukup cerah.

Kamera belakang indoor
Kamera belakang di ruangan semi outdoor
Kamera Belakang Indoor
Kamera Belakang Outdoor
Kamera ultrawide outdoor
Hasil Foto Bokeh
Hasil Foto Kamera Makro

Kesimpulan

Vivo V21 5G

Kesimpulan dari review Vivo V21 5G ini adalah, smartphone ini cocok untuk Anda yang senang berselfie dan juga membuat vlog menggunakan smartphone. Karena kualitas foto dan video yang dihasilkan kamera depannya menurut kami begitu memuaskan.

Tidak hanya kamera depannya, kamera belakangnya juga sebenarnya cukup oke untuk mengabadikan momen. Menurut kami kekurangannya juga bersifat minor dan bisa diabaikan.

Desainnya juga jadi nilai plus dari kami, karena dimensinya begitu tipis dan juga punya bobot yang ringan. Urusan performa juga bisa diandalkan karena menawarkan kinerja yang kencang, ditambah lagi ada Extended RAM yang bisa meningkatkan multitasking.

Jangan lupa, selain kamera depannya yang mumpuni, smartphone ini juga sudah mendukung 5G. Meski belum tersedia secara merata, namun setidaknya sudah siap digunakan untuk merasakan jaringan internet generasi terbaru.

Jadi, apakah smartphone ini layak beli? Dengan segala keunggulan yang sudah kami coba, rasanya Vivo V21 5G layak untuk Anda pinang. Tinggal sesuaikan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan

+ Desain elegan

+ Bodi Tipis dan Ringan

+ Sudah support 5G

+ Layar Super AMOLED Full HD+

+ Refresh Rate 90Hz

+ Performa bisa diandalkan

+ Hasil foto dan video dari kamera depan bagus

Kekurangan

– Bodi masih rentan dekil

– Tidak ada jack audio 3,5mm

– Hasil foto ultra wide agak kurang

TELSET RATING: 8/10

SPESIFIKASI VIVO V21 5G
Network 2G, 3G, 4G, 5G
OS Android 11, OriginOS
Chipset MediaTek Dimensity 800U
CPU Octa-core (1×2.8 GHz & 3×2.6 GHz & 4×2.0 GHz)
GPU Adreno
RAM 8 GB + Virtual RAM
Memori 128 GB
Dimensi 158.5 x 73.2 x 7.6 mm (6.24 x 2.88 x 0.30 in)
Layar AMOLED 6.44 inci 90Hz HDR 10+
Kamera Utama 64 MP + 8 MP + 2 MP
Kamera Depan 44 MP OIS + Wide Camera
Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast Charging 33W
Warna Sunset Dazzle, Dusk Blue, dan Arctic White
Harga Rp 5,7 jutaan

 

Leave a Comment