Review Vivo V20: Performa Lumayan, Kamera Memikat

Kamera 

vivo v20

Review Vivo V20 masuk ke bagian yang diunggulkan di smartphone ini, kamera. Di atas kertas, spesifikasi kamera yang dimiliki Vivo V20 terlihat cukup mumpuni untuk mengabadikan gambar yang berkualitas. Benarkah hasilnya demikian?

Terakhir kali kami mengulas smartphone Vivo S1 Pro, dan hasilnya cukup kecewa dengan kualitas kameranya. Untuk mengetahui apa saja yang mengecewakan, Anda bisa langsung membacanya di artikel Review Vivo S1 Pro: Desain & Performa Mantap, Kamera Perlu Upgrade.

Seharusnya Vivo telah banyak memberikan peningkatan pada Vivo V20 ini. Apalagi jika mengingat kamera adalah nilai jual utama pada ponsel pintar satu ini.

Kali ini kita akan membahas kamera depannya terlebih dahulu, yang memang menjadi unggulan di Vivo V series.

{Baca Juga: Kapan Hadirkan Seri V20 Pro ke Indonesia, Vivo?}

Pada Vivo V20 ini ditanamkan sebuah kamera depan dengan resolusi 44 MP. Di atas kertas resolusinya cukup besar, akankah mampu mengabadikan foto dan video dengan baik?

Hasil foto selfie jepretan kamera depan Vivo V20 terlihat lumayan. Detail dan warna dapat diabadikan dengan baik. Pun demikian dengan fitur yang cukup kaya.

Anda bisa menambahkan sentuhan beautification yang bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Ada juga dengan fitur HDR dan beragam filter yang bisa dicoba.

Jika resolusi foto yang dihasilkan dirasa kurang, Anda bisa mengaktifkan mode resolusi tinggi 44 MP yang berada di kolom opsi “Lainnya.”

Fitur menarik lainnya yang kami temukan di kamera Vivo V20 adalah, adanya fitur cahaya pengisi yang dapat Anda manfaatkan untuk berswafoto di tempat dengan cahaya redup.

Fitur satu ini akan memberikan pencahayaan tambahan dari layar smartphone, sehingga wajah Anda mendapat cahaya ekstra saat berselfie.

Selain itu, ada juga fitur Slo-Mo. Jika biasanya video slo mo hanya bisa dibuat menggunakan kamera belakang, kali ini Anda bisa berkreasi membuat video slo mo dengan memanfaatkan kamera depan.

Terdapat satu fitur yang tak kalah seru yang terselip di Vivo V20. Fitur tersebut dinamakan Dual View Video.

Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk merekam video dari kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan. Jadi dalam satu frame, Anda mendapatkan dua sudut pandang. Sepertinya cocok untuk Anda yang gemar membuat vlog dari smartphone.

review vivo v20

Disertakan juga beragam fitur lainnya seperti panorama, timelapse, stiker AR dan mode foto Pro yang dapat dimanfaatkan saat menggunakan kamera depan.

Beralih ke kamera belakang, Vivo V20 mengusung setup tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera multi mode 8 MP dan kamera mono 2 MP.

Kembali, hasil yang didapat cukup memuaskan. Detail dan warna objek bisa ditangkap dengan lumayan baik. Kami juga tidak kesulitan untuk mendapatkan fokus pada objek dengan cepat.

review vivo v20

review vivo v20

review vivo v20

Untuk mendapatkan resolusi foto yang lebih baik, Anda bisa terlebih dahulu mengaktifkan mode 64 MP agar detail-detail objek bisa terlihat lebih jelas.

Kamera utamanya bisa melakukan zoom hingga 10x. Sementara untuk kamera multi mode bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan, seperti super wide angle, bokeh dan juga super makro.

Hasil foto bokehnya juga cukup rapih. Kamera ponsel bisa memisahkan objek dan latar belakang dengan sangat baik. Hanya saja kualitasnya akan menurun saat kondisi ruangan kurang cahaya.

review vivo v20

Anda juga bisa mengabadikan objek makro dengan menggunakan kamera belakang Vivo V20 dan hasilnya lagi-lagi cukup baik. Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan untuk memotret dari jarak sekitar 4cm.

review vivo v20

Tak ketinggalan juga disertakan fitur Night Mode yang bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen di malam hari. Lengkap dengan beragam filter yang membuat foto di malam hari kian menarik.

review vivo v20

Overall, kami cukup puas dengan kamera dari Vivo V20. Selain hasilnya yang memuaskan, beragam fitur kamera yang tersedia juga cukup menyenangkan untuk dieksplorasi.

Kesimpulan

review vivo v20

Patut diapresiasi, Vivo telah berusaha untuk meningkatkan kualitas smartphone-nya. Menurut kami, sudah ada peningkatan kualitas di beberapa sektor, terutama di fitur kameranya.

Tapi tentu saja kami berharap, peningkatan juga diberikan pada sektor performanya. Meski dari hasil pengujian yang kali lakukan performanya cukup menjanjikan, tapi seharusnya Vivo bisa lebih bagus lagi. Kalau memang ingin mengklaim vendor papan atas.

Dari hasil review vivo v20 kali ini, kami melihat sektor kamera masih menjadi andalan Vivo V20. Selain menawarkan sensor yang besar, Anda juga disuguhi dengan seabrek fitur kamera yang cukup menarik dan kekinian.

Menurut kami, smartphone ini layak Anda pertimbangkan untuk dibeli, karena dengan harga Rp 4.999.000, Anda bisa mendapatkan smarthone dengan kamera yang cukup memikat.

Tapi kami hanya memberikan pendapat berdasarkan pengujian yang sudah kami lakukan. Keputusan akhir tetap Anda yang memutuskan.

Kelebihan:

+ Desain ramping dan ringan

+ Performa lumayan bisa diandalkan

+ Kamera depan dan belakang bagus

+ Banyak fitur kamera

+ Durasi charging cepat

Kekurangan

Refresh rate masih standar 60 Hz

– Bodi bagian belakang rentan dekil

– Cepat panas

 TELSET RATING: 8,5/10 

Spesifikasi Vivo V20

Jaringan2G, 3G, 4G
OSAndroid 11
ChipsetQualcomm Snapdragon 720G
GPUAdreno
RAM8 GB
Memori128 GB
Dimensi161.3 X 74.2 X 7.38 mm
LayarAMOLED 6,4 inci resolusi Full HD+, refresh rate 60 Hz
Kamera Belakang64 MP + 8 MP + 2 MP
Kamera Depan44 MP
Baterai4.000 mAh
HargaRp 4.999.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here