Review

Review Samsung Galaxy M33 5G: Performa Tangguh, Desain Standar

Naufal Mamduh
Share

Telset.id – Samsung kembali menawarkan smartphone 5G murah ke pasar Indonesia lewat Samsung Galaxy M33 5G. Meskipun harga tergolong murah, spesifikasi Galaxy M33 5G yang cukup bagus di kelasnya, seperti kamera, prosesor, dan baterai.

Samsung Galaxy M33 5G menemani suksesornya M23 5G yang lebih dulu hadir di Tanah Air. Sebagai HP terbaru Samsung, Spesifikasi Galaxy M33 5G menjanjikan performa tangguh dan baterai besar.

Baca juga: Samsung Galaxy M23 & M33 Diresmikan, Baterai Jumbo dan Dukung 5G

Dalam review kali ini, tim Telset akan melakukan pengujian di beberapa sektor, mulai dari desain, layar, performa baterai, dan kamera. Mau tahu hasilnya? Langsung saja simak review Samsung Galaxy M33 5G berikut ini.

Desain

Samsung Galaxy M33 5G memiliki dimensi 165.4 x 76.9 x 9.4 mm dengan ketebalan body 8,4 mm dan bobot 198 gram. Varian warna yang ditawarkan adalah Blue, Green, dan Brown dan dalam review ini kami mendapatkan unit varian Green.

Adapun bahan yang digunakan untuk frame bodi adalah plastik, dan untuk bodi adalah Polycarbonate. Kedua bahan tersebut sama-sama ditutup oleh varian warna Green sehingga tidak kentara perbedaannya.

Pembahasan mengenai desain ini kita mulai dari bagian belakang. Galaxy M33 5G memiliki desain yang standar dengan frame berbentuk persegi dan kontur melengkung. Uniknya frame tersebut hanya muat untuk 4 kamera saja, sedangkan LED Flash berada di luar frame. Posisi kameranya menyerupai Samsung Galaxy M62.

Di bagian depan ada layar Super AMOLED 6,6 inci dengan kamera depan di bagian tengah atas. Lalu pada sisi kanan terdapat tombol untuk mengatur volume, dan mematikan layar dan sisi kiri ada slot SIM Card dan MicroSD. Slot di M33 5G muat dipakai untuk untuk 2 SIM Card dan 1 MicroSD.

Layar dan Audio

Komponen layar di smartphone ini tergolong standar. Entah kenapa Samsung menyematkan panel layar TFT bukannya Super AMOLED untuk smartphone 5G terbarunya ini.

Meski panelnya berjenis TFT, namun ukurannya tergolong besar, yakni 6,6 inci dengan resolusi Full HD+. Selain itu layar HP telah mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz yang lebih responsif.

Dengan spesifikasi layar tersebut, Samsung Galaxy M33 5G menawarkan grafis yang sudah cukup bagus, khususnya saat bermain game. Terbukti saat kami memakai smartphone untuk bermain game Real Racing 3, kami bisa mendapatkan tampilan yang memuaskan.

Sementara bagian speaker,  dentuman suara yang disembutkan dari speaker dengan teknologi Dolby Atmos ini sudah tergolong bagus. Saat kami coba, speaker mampu menghasilkan suara dengan bass dan vokal yang jelas, meski volume diputar hingga titik maksimum.

Performa

HP terbaru Samsung ini memiliki spesifikasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Prosesor yang disematkan di Galaxy M33 5G adalah Exynos 1280 dengan arsitektur 5nm.

Chipset ini mampu memberikan performa yang maksimal, sehingga smartphone tidak akan mengalami lag baik saat dipakai untuk bermain game atau sekedar scroll timeline media sosial.

Kapasitas RAM yang diberikan juga besar. Ponsel ini menawarkan 2 opsi RAM yakni RAM 6 GB atau 8 GB. Kedua opsi RAM ini sama-sama memiliki fitur RAM Plus hingga 6 GB.

Fitur ini menggunakan sebagian kecil memori penyimpanan agar proses pada ponsel berjalan lebih lancar. Adapun memori penyimpanannya adalah 128 GB. Kapasitas memori bisa diperluas hingga 1 TB dengan microSD.

Baca juga: Desain Samsung Galaxy Z Fold4 Terungkap, Lebih Lebar dan Tebal

Melalui spesifikasi yang ditawarkan, memang kami tidak menemukan kendala saat menggunakan Galaxy M33 5G. Namun supaya lebih objektif, kami melakukan pengujian benchmark menggunakan aplikasi PC Mark dan 3D Mark. Berikut hasil pengujiannya.

1. PC Mark

Hasil pengujian menggunakan PC Mark menunjukkan kalau Work 3.0 Performance score smartphone ini berhasil mencapai di atas 10.000 poin atau tepatnya di angka 11.661 poin.

Hasil ini sesusai dengan performa yang dimiliki smartphone karena tangguh baik diajak bermain game, atau streaming video.

2. 3D Mark

Platform kedua yang digunakan adalah 3D Mark. Berdasarkan hasil Sling Shot dan Wild Life Test, smartphone ini mendapatkan skor 4.383 dan 2.254 poin.

Lalu untuk Best Loop Score di Wild Life Extreme Stress Test dan Wild Life Stress Test adalah 636 dan 2.258 poin. Kemudian untuk Sling Shot Extreme skor yang didapatkan adalah 3.597 poin.

Hasil ini sesuai dengan performa smartphone yang cocok dipakai untuk daily driver, karena mampu diajak beraktivitas di dalam atau di luar ruangan tanpa lag atau error sedikit pun.

Baterai

Baterai Samsung Galaxy M33 5G berkapasitas 5.000 mAh. Baterainya sudah didukung oleh fast charging 25W sehingga mampu memberikan pengisian yang cepat.

Sayangnya saat pembelian HP tidak memiliki adaptor charger, sehingga Anda harus membeli charger Samsung atau vendor lain di toko smartphone. Adapun dengan baterai jumbo, HP ini mampu bertahan hingga 17 jam lebih 28 menit.

Hasil yang tergolong bagus karena Anda bisa memakai smartphone hampir seharian, dalam sekali pengisian daya. Di sisi lain untuk pengisian daya dari 15% sampai 100% waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam.

Kamera

Secara spesifikasi kamera, smartphone ini dilengkapi dengan kamera utama 50MP yang disandingkan dengan kamera ultrawide 5MP, serta sepasang kamera 2MP untuk depth dan makro. Sementara kamera depan, beresolusi 8MP.

Kamera Galaxy M33 5G disematkan fitur-fitur pendukung untuk menunjang aktivitas sektor fotografi. Fitur-fitur yang dimaksud adalah Mode Normal, Mode Kamera 50MP, Mode Makro, Mode Panorama dan Malam Malam.

Berikutnya ada Mode Makanan, Potret dan Zoom hingga 10x. Dalam review yang kami lakukan semua fitur tersebut dapat berjalan dengan baik. Selain itu kamera mampu memberikan gambar yang jernih dan fokus sehingga foto tampak realistis.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S22 Ultra: Mendekati Sempurna

Hanya saja untuk mode Mode Makro dan Mode Makanan kurang memberikan efek bokeh atau fokus ke objek foto. Berikut ini hasil foto-foto dari kamera Samsung Galaxy M33 5G.

Kamera Mode Normal
Mode Panorama
Hasil Mode Malam
Hasil Mode Potret
Hasil Kamera 50MP
Mode Makanan Samsung Galaxy M33 5G
Zoom Kamera Hingga 10x
Fitur Kamera Makro

Fitur pendukung untuk membuat konten video juga ada. HP 5G terbaru ini bisa mendukung pengambilan video dengan ukuran 9:16, 1:1 dan Full dengan resolusi UHD 30 Fps, FHD 30 Fps, FHD 60 Fps dan HD 30 Fps.

Selain itu ada fitur pendukung seperti fitur Hyperlapse dan Slowmotion. Dalam review Samsung Galaxy M33 5G kami mencoba menggunakan fitur Hyperlapse dan Slowmotion dengan resolusi FHD 60 Fps.

Hasilnya memuaskan. Tidak ada kesulitan dalam pengambilan gambar menggunakan kedua fitur tersebut, dan hasil videonya juga jernih dan detail. Supaya Anda tidak penasaran, berikut ini hasil kamera Galaxy M33 5G:

Kesimpulan

Samsung Galaxy M33 5G menyasar konsumen kelas menengah. Pasalnya smartphone ini dijual dengan harga Rp 3,9 jutaan untuk varian RAM 6/128 GB dan Rp 4,1 jutaan untuk varian RAM 8/128 GB.

Lantas dengan varian dan harga yang ditawarkan apakah HP 3 jutaan ini layak dibeli? berdasarkan hasil review, Samsung Galaxy M33 5G memiliki sejumlah keunggulan.

Keunggulan yang dimaksud adalah memiliki performa yang tangguh, RAM yang besar serta baterai yang tahan lama. Hanya saja smartphone memiliki  sejumlah kelemahan.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy M33 5G, Spek Gesit dengan Exynos 1280

Layarnya masih menggunakna bahan TFT, serta desain standar dan mirip dengan seri Samsung sebelumnya. Kemungkinan kalau smartphone ini akan semakin sempurna kalau menggunakan layar Super AMOLED dengan desain yang inovatif.

Meski begitu menurut kami, dengan harga Galaxy M33 5G yang dikisaran 3 jutaan, Samsung Galaxy M33 5G layak dibeli khususnya bagi Anda yang membutuhkan HP tangguh untuk beragam aktivitas.

Kelebihan Samsung Galaxy M33 5G

  • Mendukung jaringan 5G
  • Fitur kamera banyak
  • Baterai tahan lama
  • Kapasitas RAM besar
  • Performa tangguh berkat chipset Exynos 1280 dengan arsitektur 5nm

Kekurangan Samsung Galaxy M33 5G

  • Tidak ada Adaptor Charger
  • Desain standar dan mirip seri sebelumnya
  • Layar masih TFT LCD

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY M33 5G

  • Rilis: April 2022
  • Network: GSM/ CDMA/ HSPA/ EVDO/ LTE/ 5G
  • OS: Android 12, One UI 4.1
  • Layar: TFT LCD 6,6 inci Full HD+, 120Hz
  • Chipset: Exynos 1280 (5 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.4 GHz & 6×2.0 GHz)
  • GPU: Mali-G68
  • RAM: 6 GB/8 GB
  • Memori: 128 GB
  • Dimensi: 165.5 x 77 x 8.4 mm, 198 g
  • Kamera Utama: 50MP (wide), 5MP (ultrawide), 2MP (depth)
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: 5.000 mAh, Fast Charging 25W
  • Warna: Blue, Green, dan Brown
  • Harga Galaxy M33 5G: Mulai Rp 3,9 jutaan.
Leave a Comment