Home Review Review Samsung Galaxy A02s: Baterai Besar Tahan Lama

Review Samsung Galaxy A02s: Baterai Besar Tahan Lama

Review Samsung Galaxy A02s

Telset.idSamsung Indonesia memulai debut di tahun 2021 dengan meluncurkan smartphone harga terjangkau, Galaxy A02s. Untuk Anda yang berminat meminangnya, ada baiknya untuk membaca review Samsung Galaxy A02s terlebih dahulu.

Galaxy A02s resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 1 jutaan. Hadirnya smartphone berharga terjangkau dari Samsung ini kami nilai cukup tepat, karena banyak konsumen yang membutuhkan ponsel mumpuni selama pandemi. Misalnya untuk kegiatan belajar online.

Bahkan menariknya lagi, Samsung juga menyediakan bundling paket data sebesar 18 GB yang bisa dinikmati selama 2 bulan. Tentunya ini menjadi kombinasi yang cukup menarik.

Sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, yuk simak dulu review Samsung Galaxy A02s yang kami sajikan berikut ini.

Desain

Desain Back Cover Samsung Galaxy A02s

Dari segi tampilan, tentu saja Galaxy A02s memiliki desain yang simpel. Finishing matte diikuti dengan tekstur tambahan yang membuatnya tidak sekadar polos saja. Ini membuatnya tampil lebih segar dibanding smartphone low-end Samsung biasanya.

Material yang digunakan tentu saja polikarbonat, yang membuatnya tidak akan licin saat berada dalam genggaman. Selain itu, tampilannya juga tidak akan dekil karena jejak sidik jari yang tertinggal. Dimensinya juga tidak terlalu besar, sehingga cukup nyaman saat dioperasikan dengan satu tangan.

Tombol power dan volume seperti biasa dapat Anda temukan di sisi kanan. Sementara sisi kiri diisi oleh slot SIM Tray yang bisa menampung dua SIM Card dan satu slot microSD.

{Baca Juga: Samsung Galaxy A02s Tiba di Indonesia dengan RAM dan Baterai Besar}

Port pengisian dayanya sudah menggunakan USB Type C. Sayangnya smartphone ini tidak memiliki sensor pemindai sidik jari. Sebagai gantinya Anda bisa membuka kunci layar dengan menggunakan PIN, Pola atau pemindai wajah alias Face Unlock.

Paket penjualannya bisa dibilang cukup minimalis. Sehingga Anda tidak akan menemukan aksesoris tambahan seperti case atau earphone. Tapi tidak perlu khawatir karena adaptor charger tetap ada dalam kotak.

Layar

Layar Samsung Galaxy A02s (Foto: Helmi/Telset.id)

Galaxy A02s dibekali dengan layar PLS LCD berukuran 6,5 inci beresolusi HD+. Layarnya mengadopsi desain Infinity V dengan notch sebagai rumah dari kamera depan.

Tidak ada lapisan pelindung layar semisal Gorilla Glass. Sebagai gantinya, Anda bisa membeli tambahan pelindung layar atau tempered glass.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Resolusi layar yang diusung Galaxy A02s tentunya sepadan dengan segmen dan harga yang dituju. Kami juga merasa cukup nyaman saat menikmati berbagai konten, seperti streaming film misalnya.

Intermezzo sedikit, Galaxy A02s sudah menyediakan aplikasi Netflix secara pre-installed. Sehingga Anda hanya perlu login dengan akun Netflix Anda untuk menikmati streaming serial atau film.

Spesifikasi dan Performa

Gaming di Samsung Galaxy A02s (Foto: Helmi/Telset.id)

Samsung Galaxy A02s diotaki chipset Snapdragon 450 berkecepatan 1,8 GHz. Kinerja dari chipset ini juga didukung dengan opsi RAM 3 GB/4 GB dan memori penyimpanan sebesar 32 GB/64 GB.

Untuk varian 3GB/32GB dijual dengan harga Rp 1,7 jutaan. Sementara untuk model 4GB/64GB dibanderol dengan harga Rp 1,9 jutaan.

Berikut ini hasil pengujian benchmark dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, PC Mark dan juga 3D Mark.

Benchmark Samsung Galaxy A02s

Kami sama sekali tak menemui kendala saat menjalankan tugas-tugas ringan dengan menggunakan Galaxy A02s. Mulai dari browsing, chatting, membuka sosial media, meeting di zoom, hingga bermain game-game ringan bisa diakomodir dengan baik oleh Galaxy A02s.

Buat yang penasaran dengan performa gaming di Galaxy A02s, kami sudah mencoba memainkan game PUBG Mobile. Hasilnya grafik maksimal yang bisa didapat adalah Balanced dengan frame rate Medium.

Untuk gaming casual sudah sangat memadai. Kami tidak menyarankan jika digunakan untuk gaming yang lebih kompetitif lagi.

Nilai lebih yang juga ditawarkan oleh Galaxy A02s adalah baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Besaran kapasitas baterai ini sudah pasti menawarkan waktu penggunaan yang cukup lama dalam sekali proses pengisian daya.

Sementara untuk durasi pengisian dayanya menghabiskan waktu sekitar 3 jam 23 menit dari 3% sampai dengan 100%.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy A02s (Foto: Helmi/Telset.id)

HP baru Samsung ini sudah dibekali dengan tiga kamera di bagian belakang. Komposisinya terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth 2 MP. Sedangkan untuk kamera depannya beresolusi 5 MP.

Beberapa mode kamera tersedia dan bisa Anda eksplorasi, seperti ultra wide, makro, panorama, live focus, pro dan deco pic. Deco pic adalah kumpulan stiker AR yang bisa Anda gunakan saat berfoto agar hasilnya jadi lebih unik.

Sementara fitur Live Focus memungkinkan Anda berkreasi membuat foto bokeh dengan latar belakang yang blur

Sayangnya tidak ada night mode yang bisa membantu Anda mengabadikan foto di malam hari. Sehingga pengambilan gambar di malam hari dengan menggunakan Galaxy A02s juga jadi kurang optimal.

Terkait hasilnya masuk dalam kategori standar khas smartphone low end, baik untuk kamera depan ataupun belakang. Kuncinya adalah mengambil gambar di tempat yang memiliki cahaya memadai. Jika tidak, jangan berharap hasilnya akan memuaskan.

Berikut beberapa hasil foto dari kamera Samsung Galaxy A02s:

Kesimpulan

Samsung Galaxy A02s (Foto: Helmi/Telset.id)

Untuk Anda yang mencari smartphone dengan harga terjangkau dan ber-merek “Samsung”, jelas Galaxy A02s ini menjadi jawaban yang tepat. Galaxy A02s memiliki kemampuan yang cukup oke, apalagi di kelas entry level.

Kebutuhan seperti belajar online misalnya, sudah sangat bisa untuk mengandalkan Galaxy A02s. Bermodal baterai besar 5.000 mAh, sesi belajar di Zoom atau kelas online lainnya dijamin bisa dilakukan dalam durasi waktu yang lama.

Kekurangannya mungkin hanya dari segi kamera yang hasilnya kurang memuaskan. Sisanya kami tidak menemukan kendala berarti.

Overall, menurut kami Galaxy A02s sudah mampu menjawab beragam kebutuhan sesuai dengan segmen harga dan peruntukannya.

Kelebihan

+ Desain baru dan tidak sekadar polos

+ Cukup nyaman digunakan dengan satu tangan

+ Baterai besar dan daya tahan lama

+ Cocok untuk belajar online

+ Harga lumayan terjangkau

Kekurangan

+ Hasil kamera kurang oke

+ Tidak ada sensor sidik jari

+ Kurang maksimal untuk gaming

TELSET RATING: 7,5/10 

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY A02s
Jaringan 2G, 3G, 4G
OS Android 10
Chipset Qualcomm Snapdragon 450
GPU Adreno
RAM 3 GB/4 GB
Memori 32 GB/64 GB
Dimensi 165.3 x 76.8 x 9 mm
Layar LCD 6,5 inci resolusi HD+
Kamera Belakang 13 MP + 2 MP + 2 MP
Kamera Depan 5 MP
Baterai 5.000 mAh
Harga Rp 1,7 – Rp 1,9 jutaan

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here