Home Review Review Poco M3: Ponsel ‘Entry-level Killer’ Serba Nanggung

Review Poco M3: Ponsel ‘Entry-level Killer’ Serba Nanggung

Telset.id – Awal tahun 2021, Poco menghentak pasar smartphone tanah air dengan merilis Poco M3. Kami berkesempatan untuk melakukan review Poco M3 dan merasakan pengalaman langsung menggunakan ponsel berjuluk “entry-level killer” tersebut.

Xiaomi sendiri menyatakan bahwa Poco M3 sebagai ponsel “entry-level killer“. Julukan tersebut sengaja disematkan oleh Xiaomi untuk menarik minat konsumen di Indonesia terutama para Mi Fans.

{Baca juga: 10 HP Xiaomi Terbaru 2021, Harga dan Spek Lengkap}

Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan. Poco M3 adalah ponsel entry-level yang memiliki spesifikasi mumpuni seperti baterai 6000 mAh dan kamera utama 48 MP. Sesuatu yang jarang dilakukan oleh vendor untuk ponsel kelas menengah awal.

Pastinya kalian penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai Poco M3? Mari cari tahu selengkapnya di review Poco M3 berikut ini.

Desain 

(Surya/Telset.id)

Poco M3 memiliki dimensi yang cukup lebar dengan bobot yang terbilang sedang. Ponsel terbaru Xiaomi ini memiliki dimensi 162.3 x 77.3 x 9.6 mm dan 198 g.

Walaupun desainnya cukup lebar, Poco M3 masih tetap nyaman jika digenggam dengan satu tangan. Hal ini karena bagian belakang Poco M3 berbahan plastik dan memiliki tekstur seperti kulit sehingga tidak licin jika digenggam.

Di bagian belakang sendiri terdapat 3 lensa kamera dan LED Flash dengan latar belakang frame plastik berwarna hitam. Ketiga lensa tersusun secara vertikal di bagian kiri atas ponsel dan bersanding dengan tulisan “Poco” yang menegaskan identitas ponsel tersebut.

(Surya/Telset.id)

Selanjutnya bagian depan Poco M3. Ponsel “Entry-Level Killer” ini menggunakan layar IPS LCD yang berukuran 6,53 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dan rasio 19,5:9. Sedangkan pelindung layar yang digunakan adalah Corning Gorilla Glass 3.

Di dekat layar terdapat satu lensa kamera yang terletak di bagian atas layar ponsel. Xiaomi menjaga desain layar mereka agar kalian dapat bermain game atau menonton video dengan layar yang penuh.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap Poco M3 yang Baru Meluncur di Indonesia}

Poco meletakan berbagai perangkat pendukung di bagian atas, bawah, kanan dan kiri layar. Untuk bagian atas terdapat microphone, speaker, audio jack 3.5 mm dan infrared blaster atau IR blaster.

Di bagian bawah ada juga microphone, USB Type C dan speaker. Sedangkan di bagian kanan ada tombol power, tombol volume dan fingerprint serta di bagian kiri terdapat dual SIM Card dan Micro SD.

Layar  

(Surya/Telset.id)

Poco M3 menggunakan layar IPS LCD berukuran 6.53 inc. Desain layar adalah Dot Drop Display dengan notch di bagian atas layar. Layar ponsel ini memiliki resolusi Full HD+ 2240 x 1080 piksel dan rasio 19.5:9.

Tidak lupa, Poco M3 juga didukung dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3. Menurut kami tampilan layarnya cukup memuaskan. Desain Dot Drop Display membuat layar tetap lega walaupun terdapat notch kamera depan.

Tampilan layarnya yang lega membuat aktivitas bermain game dan menonton streaming video bisa menjadi lebih nyaman. Kalian juga dapat mengatur tingkat kecerahan di layar agar kesehatan mata tetap terjaga.

Spesifikasi dan Performa 

(Surya/Telset.id)

Poco M3 menggunakan chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 dengan fabrikasi 11 nm. Kinerja chipset Qualcomm ini juga didukung dengan GPU Adreno 610.

Untuk kapasitas RAM dan dan memori, Xiaomi memberikan varian RAM sebesar 4 GB dan 6 GB dan pilihan memori internal 64 GB atau 128 GB. Sekedar informasi bahwa varian 6 GB dan memori 128 GB hanya ada di pasar Indonesia. Lalu bagaimana performanya?

Untuk mengukur performanya, kami menggunakan aplikasi pengukur performa perangkat yani AnTuTu Benchmark, PC Mark dan 3D Mark. Berikut ini hasilnya:

AnTuTu Benchmark

Hasil pengujian melalui AnTuTu menunjukan bahwa ponsel ini mendapatkan besaran skor benchmark sebesar 188.396. Skor ini cukup memuaskan untuk ponsel kelas entry level seperti Poco M3.

Hasil ini juga sesuai dengan pengalaman yang kami rasakan saat menggunakan Poco M3. Performa Poco M3 cukup memuaskan saat bermain game atau melakukan aktivitas multitasking.

PC mark

Selanjutnya menggunakan aplikasi PC Mark. Aplikasi ini melakukan pengujian dengan cara melakukan simulasi pengunaan ponsel sehari-hari. Hasil pengujian lewat PC Mark adalah Poco M3 mampu meraih skor 6.109 poin.

Hasil ini sesuai dengan pengalaman saat menggunakan Poco M3. Kami tidak memiliki kendala saat browsing di aplikasi Google Chrome dan membuka banyak tab sekaligus.

Selain itu saat menyaksikan video di YouTube dengan resolusi 480p selama 30 menit, kami bisa menikmati video karena tidak ada gangguan selama streaming berlangsung.

3D Mark

Menariknya dari pengujian 3D Mark, kami melakukan uji Sling Shot, Sling Shot Extreme, Wild Life Stress Test dan Wild Life. Hasilnya skor Sling Shot dan Sling Shot Extreme Poco M3 sebesar 1.785 poin dan 1.139 poin.

Sedangkan untuk uji Wild Life Stress dan Wild Life, ponsel terbaru Xiaomi ini mendapatkan skor 373 poin dan 371 poin. Hasil ini sesuai dengan performa yang kami rasakan saat menggunakan ponsel untuk kegiatan sehari-hari sebagai daily driver.

Hasil Uji Baterai 

Poco M3 merupakan ponsel dengan daya baterai yang sangat besar yakni Li-Po 6000 mAh. Selain itu Xiaomi juga memberikan Fast Charging 18W. Dengan Fast Charging 18W, maka proses pengisian baterai bisa dilakukan dengan cepat.

Menurut hasil pengujian yang kami lakukan untuk mengisi baterai hingga 100% hanya membutuhkan waktu 2,5 jam. Kami juga melakukan pengujian lewat aplikasi PC Mark.

Hasilnya smartphone ini mampu memberikan screen on time sekitar 12 jam 28 menit. Merujuk pada hasil tersebut kemungkinkan kalian harus melakukan 2 kali pengisian daya saat kalian aktif menggunakan Poco M3.

Hasil tes baterai menggunakan aplikasi PC Mark

Test Game

(Surya/Telset.id)

Walaupun bukan ponsel gaming, performa Poco M3 ketika dipakai untuk bermain game cukup baik. Kami dapat memainkan game PUBG Mobile dan Free Fire dengan grafis yang tinggi

Poco M3 sangat lancar jika digunakan untuk bermain PUBG dengan grafis smooth, kecepatan layar high dan gaya realistik. Pengalaman seru juga kami rasakan ketika bermain Free Fire dengan setting grafis ultra, resolusi layar high, dan FPS High.

Sayangnya kedua game ini baru mendukung refresh rate di 60Hz dan suhu bodi ponsel agak cepat panas saat bermain game.

Kamera 

Kamera Poco M3

Xiaomi menyematkan triple camera di Poco M3. Ketiga kamera tersebut adalah kamera utama 48MP, kamera makro 2MP dan kamera depth 2MP. Triple camera ini mampu mengabadikan momen-momen kegiatan dengan hasil foto yang menarik.

Bagi kalian yang suka selfie, disematkan juga kamera depan 8MP di ponsel “entry-level killer” ini. Selain empat lensa kamera, Poco M3 juga didukung dengan fitur-fitur tambahan seperti Night Mode, Portrait Mode yang didukung dengan teknologi AI.

Fitur Night Mode dapat membuat hasil foto di malam hari menjadi lebih tajam sedangkan Portrait Mode mampu menghasilkan foto menjadi lebih fokus ke objek foto. Kami telah melakukan uji coba untuk melihat hasil kamera dari Poco M3.

Hasilnya memuaskan. Kamera utama 48MP mampu menghasilkan foto yang tajam dan detail. Selain itu kamera ini juga mampu mengatur pencahayaan secara otomatis sehingga foto tidak mengalami overexposure.

Hasil serupa juga berlaku jika kalian melakukan pemotretan di malam hari. Fitur Night Mode mampu menjadikan foto menjadi lebih detail. Kamera depan ponsel ini juga cukup memuaskan.

Dengan konfigurasi lensa 8MP dan Portrait Mode, hasil foto selfie menjadi lebih fokus dan memberikan efek bokeh. Berikut ini hasil kamera dari Poco M3.

Main Camera 48MP
Main Camera 48MP

 

 

Portrait Mode Camera
Selfie Camera

 

Portrait Mode Camera
Night Mode Poco M3
Macro Camera

Beralih ke kualitas video. Menurut kami kualitas video yang dihasilkan Poco M3 cukup memuaskan. Kalian dapat merekam video yang memiliki resolusi HD 720P dan 1080P dengan 30 FPS.

Poco M3 juga memiliki fitur pendukung untuk kamera video seperti Short Video, Slow Motion, Time Lapse, dan Movie Frame.

Sayangnya ponsel ini tidak didukung dengan teknologi stabilisasi gambar atau EIS. Hal ini membuat video yang dihasilkan tidak stabil khususnya saat kalian merekam dalam keadaan berjalan atau bergerak. Berikut hasil kamera video Poco M3.

Hasil kamera video Poco M3
Hasil kamera video Poco M3

Kesimpulan 

(Surya/Telset.id)

Mengenai harga, Poco M3 dibandrol dengan harga Untuk harga, Poco M3 model 4GB/64GB dijual dengan harga SRP Rp1.899.000 untuk model 4GB/64GB dan Rp2.299.000 untuk model 6GB/128GB. Varian warna yang tersedia adalah Cool Blue, Poco Yellow dan Power Black.

Poco M3 cukup layak dijuluki entry-killer level. Pasalnya dengan harga Rp 2,2 jutaan kalian bisa mendapatkan ponsel dengan baterai besar dan kamera mumpuni.

Meski begitu, ponsel ini masih belum bisa dikatakan yang terbaik di kelasnya. Karena kami merasakan untuk jeroan dan fitur-fitur yang disediakan masih “serba nanggung”.

{Baca juga: Awas! Poco Siapkan ‘Monster’ Baru Penerus Smartphone Killer}

Bagi kalian yang ingin mencari ponsel dengan baterai besar dan kamera 48MP, Poco M3 adalah ponsel yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kalian.

Kelebihan 

+ Desain menarik

+ Baterai besar

+ Triple camera

+ Ada fitur IR Blaster

+ Performa lumayan di kelasnya

+ Jack 3.5 mm

Kekurangan 

– Tidak ada fitur EIS di kamera video

– Charge baterai standar, cenderung lambat

– Konektivitas terbatas

TELSET RATING: 8/10

SPESIFIKASI POCO M3
Rilis Januari 2021
Network GSM / HSPA / LTE
OS Android 10, MIUI 12
Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPU Adreno 610
RAM 4GB, 6GB
Memori 64GB, 128GB
Dimensi 162.3 x 77.3 x 9.6 mm (6.39 x 3.04 x 0.38 in), 198 g
Layar IPS LCD 6.53 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio
Kamera Utama 48 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
Kamera Depan 8 MP (wide)
Beterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 18W
Warna Cool Blue, Poco Yellow, Power Black
Harga Rp 2,2 jutaan

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version